4 Cara Salah yang Biasa Dilakukan Saat Melenyapkan Goresan di Layar Android

Bukan hal aneh kalau seseorang kesal saat menyadari layar android kesayangannya ternyata sudah tidak prima lagi.Terdapat goresan pada layar sentuhnya.

Goresan yang membuat cacat itu mungkin cuma berupa sebuah garis saja, tapi hal ini tetap membuat pemiliknya kecewa. Apalagi jika goresan itu banyak.
Boleh jadi semua ini terjadi karena kelalaian kita, mungkin android kita pernah tertindih benda keras, atau tergesek benda lain saat disimpan dalam tas, atau bahkan tergores oleh kuku saat digunakan, atau oleh banyak penyebab lainnya.

Sudahlah, tak perlu semua kelalaian ini disesali.
Yang penting adalah memperbaiki layar ponsel itu. Caranya ? Minta saran teman atau orang lain.
Cara lainnya yaitu cari atau browsing di internet.
Banyak petunjuk di sana. Biasanya disarankan agar  menggunakan amplas, pasta gigi, soda kue, bedak bayi, minyak, amplas atau banyak saran lagi.
Nah, masalah sudah beres ? Segampang itukah ?
Tidak !

Ternyata banyak hal-hal yang mesti kita waspadai saat kita menggunakan bahan bahan tersebut, sebab jika tidak waspada maka hasil yang terjadi layar ponsel kita bukan kembali menjadi mulus, malah kerusakan layar jadi lebih parah dari sebelumnya.
Mari kita bahas tentang:

1.Menghaluskan layar android tergores dengan menggunakan amplas.

Amplas biasa digunakan untuk meratakan atau menghaluskan bagian permukaan yang menonjol dari bahagian lainnya. Umpamanya pada bagian permukaan meja ada bagian kecil yang menonjol, sedikit lebih tinggi dari yang lain, maka bagian itu dihaluskan dengan amplas agar permukaan meja rata semua.

Dan yang dialami layar android yang sedang kita bahas ini adalah tergores, artinya melesak ke dalam, bukan menonjol.

Lalu diamplas agar rata kembali ?
Hasilnya kondisi layar sentuhmu semakin jelek. Karena sesungguhnya engkau sedang mengamplas bagian yang utuh agar rata dengan bagian yang melesak ke dalam akibat tergores.

2.Menghaluskan layar android tergores dengan pasta gigi.

Pasta gigi adalah senyawa yang mengandung bahan abrasif, yaitu kalsium yang berperan sebagai bahan penggosok dan pembersih saat kita sikat gigi.(Tentu saja dengan kadar yang sesuai sehingga tidak merusak gigi). Nah, itu dia, kadarnya itu disesuaikan untuk gigi manusia, bukan untuk layar ponsel yang notabene lebih lunak.
 Jika digosokkan pada layar android ?
Engkau telah merusak oleophobic yang ada pada layar ponselmu ! Sekedar diketahui olrophobic adalah materi pelapis pada layar ponsel, berfungsi untuk mencegah minyak, jika umpamanya tak sengaja mengenai layar android, minyak itu tidak menempel.

3.Menghaluskan layar android tergores dengan baking soda.

Sama akibatnya seperti menggunakan pasta gigi, keduanya berbahan hampir sama.

4.Menghaluskan layar android tergores dengan minyak.

Mungkin ini cara yang jitu. Tapi hanya sesaat. Jika layar android tersentuh jari atau mengena pada saputangan anda maka minyaknya telah berpindah dan raib dari layar android.

Begitulah beberapa langkah yang umum dilakukan untuk memperbaiki layar android yang  tergores, yang ternyata adalah upaya yang mendatangkan kerugian, atau setidaknya sia-sia.

Lalu apa langkah terbaik ?

Tak lain tak bukan, langkah terbaik adalah menggunakan pelindung layar atau anti gores.

Berarti tidak diperbaiki ?

Betul.
Namun layar anti gores akan melindungi ponsel dari goresan selanjutnya, sehingga tidak ada lagi goresan lain selain goresan pertama tadi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel