Fahami ini Agar niatmu untuk Belajar di luar negeri makin Menggelora

Tidak setiap orang memiliki peluang untuk belajar di luar negeri. Faktor keuangan sangat menentukan selain tingkat kecerdasan.Juga kesehatan fisik, karena kamu akan hidup di daerah yang berbeda iklim.

Masalah biaya mungkin dapat ditanggulangi oleh adanya program bea siswa.

Tentang program bea siswa, kamu harus rajin mencari info atau saran dari guru sekolahmu, menghubungi lembaga atau perwakilan perguruan tinggi tujuanmu. Atau mencari keterangan dari siswa seniormu, jika ada yang melanjutkan studinya dengan belajar di luar negeri.

Satu lagi, persiapkan mentalmu untuk hidup dan belajar di negeri orang.

Sesungguhnya banyak manfaat yang akan kamu nikmati jika kamu sukses belajar di luar negeri. Selain gengsimu akan naik, beberapa manfaat dari belajar di luar negeri di bawah ini bisa kamu simak agar motivasimu lebih menggelora.

Apa saja manfaat belajar di luar negeri ?

1. Kualitas berbahasa asing kamu pasti meningkat pesat

Ini konsekwensi dari domisili di mana kamu belajar atau kuliah. Contohnya engkau kuliah di London. Maka  lingkunganmu kini berada di wilayah para penutur asli bahasa Inggris, disebut native speaker. Rutinitas komunikasimu dengan mereka pasti secara ekstrim akan meningkatkan kualitas bahasa itu.

Kamu akan terpaksa menggunakan bahasa mereka. 

Terpaksa, itu faktor utamanya. Namun itu pulalah yang penyebabnya kualitas berbahasa Inggrismu meningkat pesat.

Jadi jika engkau meneruskan studimu di Uganda umpamanya, atau Tanzania, atau Kenya tentu saja kemahiranmu menggunakan bahasa Swahili pasti meningkat, karena faktor terpaksa tadi.

2. Khazanah pengetahuanmu tentang budaya asing bertambah

Ini suatu anugrah. Tidak setiap orang punya kesempatan untuk dapat mengenal kultur negara lain.

Faham dan berada langsung di negara lain dengan budaya yang jauh berbeda dengan negara asalmu, itu sungguh mengasyikkan. Duniamu kini lebih luas dengan pengalaman baru ini.

3. Dapat menjalin persahabatan dengan mereka dari etnis lain

Engkau kini hidup dan bertetangga dengan mereka. Sebagian, atau semua mereka di kampus punya etnis berbeda denganmu.

Ada penduduk asli ada juga dari negara lain yang juga meneruskan studi sebagaimana kamu. Dapat memahami perbedaan kultur dan karakter mereka sungguh akan membawa nuansa baru dalam hidupmu.

Dan bukan mustahil jika salah satu dari mereka bakal jadi teman hidupmu kelak.

4. Mendapat pengalaman tentang cara belajar yang berbeda

Masing masing negara belum tentu sama sistim pembelajarannya. Jika negara tempat tujuanmu belajar memiliki cara yang lebih maju dari cara belajar bangsamu, tentu kamu dapat memetik manfaat dari perbedaan itu.

Pelajari dan ambil yang sekiranya dapat diterapkan untuk kau bawa pulang ke negaramu.

Setidaknya kamu sudah bawa oleh oleh yang berguna untuk bangsamu.

5.Meningkatkan kemampuan berfikir

Kemampuan berfikir dan berinteraksi akan bertambah.

Pengalaman akan menempamu selama belajar di luar negeri. Kamu berada di sana untuk belajar karena negeri itu lebih maju. Setidaknya dalam bidang disiplin ilmu yang engkau pelajari.

Dan ketika engkau pulang maka kini pribadimu telah lebih maju, daya evaluasimu untuk memecahkan masalah tentu lebih efisien dan itu bisa menjadi manfaat besar bagi negerimu.

6. Lebih memahami negerimu

Belajar di luar negeri, salah satu dampak positifnya adalah kau lebih sadar tentang kekurangan negerimu.

Di negara tempatmu belajar mungkin pola hidup warganya sangat menentukan kemajuan negerinya. Tentang kedisiplinan warganya umpamanya.

Atau ketaatan pada hukum, kesopanan dalam berlalu lintas, atau tentang niat penduduknya untuk korupsi yang hampir tidak ada.

7. Peluang mendapat gaji lebih tinggi

Engkau adalah seorang alumnus mancanegara setelah lulus belajar di luar negeri. Di negara berkembang lulusan luar negeri lebih bernilai plus. Tentu saja, apalagi kamu itu seorang lulusan luar negeri dari universitas bergensi kelas dunia.

Skill kamu pasti lebih dihargai, kemampuan bahasa asingmu tidak perlu diragukan. Banyak perusahaan lebih memilih hasil didikan luar negeri dari pada produk domestik.

8.Mendapat kenangan yang tak terlupakan

Meninggalkan kampung halaman, berpisah dengan orangtua, saudara tercinta untuk hidup sendiri di luar negeri, itu pasti pedih.

sendiri

Hidup mandiri di negeri dengan pola pikir berbeda tentu tidak mudah. Pasti susah beradaptasi pada lingkungan yang baru.

Pada jenis makanan yang baru. 

Juga untuk mendapat teman baru, karena faktor kultur yang tidak sama. Mereka bisa bingung melihat cara hidupmu. Kamu bisa bingung melihat cara hidup mereka.

Belum lagi kendala sistem belajar yang masih asing bagimu.

Jangankan mendapat teman baru, untuk sekedar bertegur sapa saja belum tentu ada.

Baca juga : Pertimbangkan dulu 5 Hal ini saat meminjam Uang agar tidak menyesal

Dan dana untuk biaya hidup selama belajar di luar negeri yang mungkin pas pasan makin menambah keprihatinan tersendiri. Belum tentu uang kamu cukup untuk ongkos pulang kampung jika sedang libur kuliah.


Tapi jika kamu berhasil melewati itu semua dan kemudian studimu sukses maka semua kisah hidup kamu di atas akan menjadi kenangan tak terlupakan. Tak terlupakan.

9. Kualitas hidupmu lebih baik

Ini hasil perjalanan hidupmu setelah sukses belajar di luar negeri. Petualangan hidupmu kini berbuah manis. Dan masa depanmu lebih terjamin.

Ada pembeda antara lulusan dalam negeri dengan alumni mancanegara. Dalam hal peluang memegang posisi penting di perusahaan atau di pemerintahan. Juga soal penghasilan.

Menjalani cara hidup yang baru di luar negeri bisa jadi hal yang menghambat niat seseorang yang ingin melanjutkan jenjang belajarnya. 

Tapi beberapa uraian di atas mungkin bisa jadi bahan renungan untuk mencapai hasil positif.

Semoga bermanfaat dan dapat menambah motivasi bagi kamu yang berniat meneruskan studi ke sana.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel