8 Faedah Luar Biasa yang diperoleh jika Setiap hari makan Pisang


Selain sejumlah besar vitamin yang terdapat pada buah pisang, ternyata buah ini juga mengandung banyak karbohidrat. Uniknya karbohidrat pada pisang memiliki nilai lebih jika dimakan, yaitu paling cepat memberi reaksi pada tubuh. Langsung mengubah kondisi tubuh yang lelah, sehingga dapat pulih dan segar berstamina kembali. Itu sebabnya banyak para olahragawan sengaja makan buah ini di saat jeda ketika sedang bertanding.

Buah murah ini memang mengagumkan, karena masih banyak lagi manfaat luar biasa yang didapat jika kita konsisten memakannya setiap hari. Jadi ada baiknya disimak uraian di bawah ini agar Anda ingat untuk selalu rutin memakannya setiap hari.

1. Mengobati darah tinggi
Kandungan mineral sodium dan kalium yang tinggi pada pisang berguna untuk mengoptimalkan dan melebarkan otot jantung sehingga jantung akan bertugas sebagai mana seharusnya. Kalium yang terdapat pada pisang juga berperan untuk mengurangi jumlah natrium dalam tubuh. Sekedar diketahui tekanan darah akan cenderung berkurang jika jumlah natrium juga menurun.

faedah luar biasa makan pisang


2.Meningkatkan stamina
Seperti tercantum di awal tulisan ini. Para atlit biasa makan buah ini sebelum mereka kerja force untuk memenangkan pertandingan, dikonsumsi lagi saat jeda. Kenapa, karena persentasi gula pada pisang akan memulihkan tenaga mereka dalam waktu singkat.

3. Mencegah sakit pada lambung
Buah asli Asia Tenggara ini terdiri dari banyak serat yang mampu bertugas untuk melindungi usus agar tidak terluka.

4.Menghindari asma
Persentasi kalium dan serat yang tinggi pada pisang sangat berguna untuk menghalangi terbentuknya radikal bebas pada tubuh. Selalu makan sebuah pisang saja sehari, Anda akan terhindar dari penyakit asma.

5. Mengatasi anemia
Karena mengandung zat besi, penderia anemia dapat terbantu jika rutin memakan pisang. Zat besi sangat diperlukan tubuh untuk memproduksi haemoglobin dan haemoglobin itu sendiri adalah sejenis protein yang berfungsi meningkatkan sel darah merah.

6. Menjaga berat badan agar ideal
Sudah disebut pisang mengandung banyak serat. Serat itu sangat membantu dalam percernaan. Jika Anda makan beberapa buah pisang perut akan langsung terasa kenyang, bukan ? Program diet Anda bisa lebih berhasil jika dibantu dengan makan pisang, dan satu lagi faktor pentingnya adalah pisang tidak mengandung lemak.

7. Mencegah stress
Anda tahu apa itu tryptophan ? Adalah sejenis protein yang mengandung, asam trypophan namanya. Di dalam tubuh asam trypophan berada di otak, dia bertugas membuat otak tetap sehat, segar sehingga otak terhindar dari stress, depresi dan pikiran yang menganggu. Dan buah pisang mengandung banyak tryptophan.

Baca juga :Manfaat Alpukat untuk Kesehatan dan Efek samping pemakaiannya

Pisang adalah buah yang akrab dengan orang Indonesia. Enak dan harganya murah. Mudah didapat. Bergizi tinggi.

Walau begitu bukan berarti makan buah pisang tidak punya dampak negatif.

Beberapa macam dampak negatif akibat banyak  makan pisang yaitu gangguan pada kerja usus,  itu karena kandungan pati dan serat pada  pisang. Pati dan serat akan menyerap air dalam tubuh sehingga menyebabkan terganggunya usus kala mencerna makanan yang berakibat pada susah buang air besar. Pisang juga diketahui punya dampak mengakibatkan mengantuk serta merusak gigi karena dagingnya yang banyak mengandung gula.

Dampak negatif itu bisa terjadi jika kita makan pisang dalam jumlah banyak.

Jadi upayakan agar pisang yang kita makan sesuai takaran. Makan tidak lebih dari dua buah pisang ambon ukuran sedang sehari termasuk porsi ideal. Jadi untuk jumlah pisang lain bisa disesuaikan agar setara dengan dua buah tersebut.

Jika lebih dari jumlah itu setiap hari ?

Anda kebanyakan makan pisang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel