Air panas, Manfaatnya saat Digunakan untuk Mandi

Tentang air panas memiliki beberapa khasiat jika diminum tentu sudah banyak yang tahu. Dari literatur telah diyakini bahwa minum air panas di pagi hari sangat berguna untuk memaksimalkan kerja usus untuk mencerna makanan. Sehingga banyak orang membiasakan minum beberapa gelas air panas ketika baru bangun tidur.

Namun beberapa keuntungan lain dapat kita peroleh melalui beberapa cara penggunaan yang berbeda, salah satunya adalah mandi dengan air panas.

air-panas

Ternyata mandi dengan air panas itu memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat yang tercantum di bawah ini mungkin perlu Anda simak dan semoga berguna untuk meningkatkan kwalitas hidup Anda.

1. Mengatasi susah tidur
Mungkin karena terlalu lelah atau fikiran sedang kalut, akhirnya gelisah di pembaringan dan tak bisa tidur. Cobalah untuk mandi atau berendam di air panas suam suam kuku. Itu akan mengendurkan syaraf Anda serta menciptakan sensasi segar pada tubuh. Kembali ke tempat tidur dengan perasaan nyaman dan Anda akan bisa tertidur lelap.

2. Meningkatkan stamina
Mandi dengan air panas dapat memulihkan kondisi badan, menghilangkan rasa letih setelah beraktivitas seharian. 

3. Memaksimalkan daya pikir
Sesekali cobalah untuk mandi menggunakan air panas. Otak akan jauh lebih segar dan produktivitas kerja Anda akan bertambah.

4. Mengurangi stres 
Tekanan darah cepat berkurang seusai mandi air panas karena efek positif yang diperoleh yaitu otot yang mengendur.

5. Peredaran darah lebih maksimal
Faktor air yang panas membuat pembuluh darah melebar dan akhirnya peredaran darah lebih terjamin dan kerja jantung menjadi lebih optimal. Akibatnya metabolisma di dalam tubuh lebih bagus.

6. Perawatan kulit
Berendam di air panas sangat berguna untuk melembabkan kulit Anda. Hasil maksimal akan diperoleh jika Anda rutin paling tidak dua kali dalam seminggu mandi dengan air panas. Air panas akan meningkatkan aliran darah ke kulit Anda.

Masih banyak manfaat yang diperoleh setelah mandi menggunakan air panas, diantaranya menyembuhkan flu dan pilek, sakit kepala, meningkatkan daya ingat serta mengurangi sakit punggung.
Sekedar tambahan tentang mandi air panas. Usahakan agar air yang digunakan tidak terlalu panas, sebaiknya dengan suhu sekitar 37 sampai 40 derajat Celcius. Atau lebih bagus lagi jika suhunya diatur dan  disesuaikan dengan sensitivitas kulit Anda. Setelah beberapa kali menggunakan air panas dan mencampurnya dengan air biasa maka Anda akan dapat mengetahui derajat panas atau suhu terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mandi. Dan durasi Anda ketika mandi air panas usahakan jangan terlalu lama, cukuplah sekitar 10 menit. Dan begitu selesai mandi sebaiknya Anda menggunakan handuk tidak dengan cara seperti biasa kita selasai mandi, maksudnya handuk tidak tidak digosokkan ke kulit, tapi hanya ditekan perlahan lahan.

Juga tentang berapa sering kita harus mandi memakai air panas, sesungguhnya tidak disarankan berkali kali dalam seminggu, karena dua kali seminggu adalah hal terbaik yang disarankan. Lebih sering dari itu efek negatifnya kulit bisa kering atau bahkan keriput serta menggangu pertumbuhan rambut.

Seperti disebut di atas salah satu guna mandi air panas adalah Anda bisa cepat tertidur pulas. Jadi jika terlalu sering mandi air panas bisa berakibat pada aktivitas tubuh akan berkurang dan berganti dengan secepatnya ingin pergi ke kamar tidur untuk segera terlena dalam mimpi. Untuk penderita penyakit jantung sebaiknya tidak usah mandi air panas, karena panasnya air dapat memacu jantung bekerja lebih cepat.

Waktu terbaik untuk mandi air panas disarankan di malam hari menjelang tidur dan sebagai tambahan sebaiknya ibu yang sedang hamil tidak mandi dengan air panas karena dikhawatirkan berdampak pada kesehatan janin atau lebih fatal bisa menyebabkan kelahiran prematur.

Mandi air panas banyak faedahnya, namun mandilah dengan cara bijak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel