Bersedekah pada Seorang Pendengki

Tak perlu panjang lebar kita ulas tentang apa itu dengki, setiap orang dewasa paham itu apa maksudnya. Karena setiap orang, disadari atau tidak, pasti memiliki sifat manusiawi ini.

Hanya poin pentingnya adalah bagaimana reaksi kita untuk mengontrol sifat tak terpuji ini menjadi sebuah bahan untuk mawas diri.

Sebab rasa dengki tidak akan pernah membawa kebahagiaan. Yang ada malah rasa sakit. Sakit melihat orang yang didengki bergelimang bahagia, sakit tatkala orang itu mendapat kenikmatan. Padahal si pendengki juga punyakebahagiaannya sendiri dan kenikmatan pun ada dia peroleh.

Tapi berhubung ada saja orang yang tidak suka dengan apa yang dipunyai orang lain, padahal orang lain itu adalah teman atau bahkan saudaranya sendiri, maka jadilah orang itu sebagai seorang pendengki. Dia gelisah kenapa tidak bisa seperti orang lain itu. Tidak terima lahir batin atas kesuksesan orang hingga terdorong untuk berbuat sikap tercela. Dia benci pada temannya itu, atau saudaranya itu, bahkan kadang secara terang terangan menunjukkan sifat dengkinya melalui caranya berkomunikasi dengan kita.

Dasar dari sikap ini sebenarnya adalah gambaran dari harga dirinya yang rendah. Tidak mau introspeksi pada diri sendiri, apa yang kurang pada dirinya, tidak bersedia untuk menyadari kekurangannya.

Nah, jika anda berada dalam posisi yang didengki, apa sebaiknya tindakan yang harus dilakukan ?

Beberapa langkah di bawah ini mungkin berguna untuk mengantisipasinya.

1. Jangan terusik oleh sikapnya
Maklumi saja orangnya memang sudah begitu, jangan balas sikapnya dengan kata kata. Bersikap positif akan melindungi anda sehingga kritik atau bahkan ucapan kasar darinya takkan mampu membuat anda terusik.

2. Batasi pergaulan anda dengannya
Bergaullah dengan orang yang lebih baik dari anda karena bergaul dengan seorang pendengki hanya akan memancing energi negatif anda.

3. Selalu bersikap merendah
Jika memang anda terpaksa harus bergaul dengannya, mungkin dia teman satu ruangan di kantor umpamanya, bersikaplah untuk tetap toleran dan merendahkan diri. Katakan bahwa pencapaian anda selama ini adalah berkat doanya juga dan bilang bahwa anda juga menghendaki agar dia mencapai kesuksesan yang sama atau bahkan melebihi anda.

4. Berbuat baik kepadanya
Sabar atas semua kelakuan buruknya, lupakan seolah olah bathin anda tidak terganggu, dan balaslah dengan perbuatan baik. Saat dia kesusahan bantulah dan ingat membantu adalah sedekah. Usahakan agar dalam tindakan bersedekah ini tak ada kesan seolah anda merendahkan harga dirinya.

pendengki

Semoga hatinya luluh karena perbuatan positif anda. Ingat, sedekah itu berguna untuk menghalangi datangnya musibah.

Demikianlah uraian singkat tentang beberapa tindakan yang perlu kita lakukan saat memiliki teman, atau saudara, yang punya sifat pendengki.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel