Dampak Makan Berlebihan Setiap Hari

Setiap makhluk hidup butuh makan tak terkecuali manusia. Agar dapat meneruskan kehidupannya di bumi ini. Agar dapat berfikir dengan nyaman, karena orang yang kelaparan cara berfikirnya tidak senyaman cara berfikir orang yang kenyang. Jadi itu salah satu fungsi makan.

makanan-berlebihan

Tapi jangan makan terlalu kenyang, maksudnya jangan makan berlebihan, karena itu akan menjerumuskan Anda ke dalam zona bencana, penuh bahaya.

Adapun zona bahaya yang dimaksud adalah :

1. Tubuh menjadi gemuk
Makanan yang masuk berlebihan mengakibatkan tubuh tak mampu mencerna semua asupan itu. Akibatnya lemak menumpuk dan kelebihan berat badanpun terjadi. Umumnya orang mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak, jadi untuk menghindari tubuh menjadi gemuk usahakan makanan dengan kandungan protein serta sayuran sebagai alternatif menghindari kegemukan.

2.Mudah terserang penyakit
Ini konsekwensi dari poin pertama di atas. Anda rentan akan penyakit jantung dan stroke akibat kolesterol yang menumpuk dalam tubuh. Juga penyakit diabetes karena kadar gula yang melambung. Risiko mengidap kanker lebih tinggi serta penyakit ginjal.
Antisipasi atas kemungkinan beberapa penyakit tersebut  yang bisa Anda alami adalah menghindari makanan produk industri, hindari makanan penuh karbohidrat dan ganti dengan makanan dengan bahan sayuran berserat.

3. Fungsi otak terganggu
Tubuh yang gemuk sering memberi dampak negatif pada memori ingatan seseorang. Itu bisa terjadi karena sejumlah besar lemak jenuh yang terkandung akibat pola makan Anda yang kurang tepat.

4. Sering mual
Makanan berlebihan yang masuk ke perut menganggu sistem pencernaan. Bisa mengakibatkan infeksi pada usus dan lambung. Dan mual adalah akibatnya.

5. Terlalu banyak gas dalam perut
Jumlah makanan terlalu banyak berada dalam perut dan tidak terserap sempurna dalam usus kecil hingga akhirnya bereaksi menjadi karbon dioksida dan gas metana.

6. Cepat mengantuk
Insulin yang berlebihan akibat makan terlalu banyak membuat organ tubuh butuh energi ekstra untuk memprosesnya. Kemudian timbul rasa mengantuk.

7.Sakit pada persendian
Terutama pada pinggul. Dan punggung. Keduanya menderita akibat menanggung bobot tubuh yang berat.

Ketika anda menyadari bahwa anda seorang yang sering makan berlebihan dan menyadari dampak fisik yang timbul (selain  rasa rendah diri karena badan gembrot) maka disarankan untuk mengurangi porsi makan Anda. Itu tidak mudah. Butuh disiplin tinggi untuk rajin olahraga.

Tidak ada salahnya jika anda berbaur dengan teman teman yang tidak bertubuh gendut seperti anda saat berolahraga. Siapkan mental karena cercaan dan sindiran tentang postur badan anda akan muncul, namun itu perlu disikapi dengan reaksi positif. Sebenarnya Anda butuh sindiran itu, itu akan mengingatkan Anda untuk merubah bentuk tubuh menjadi seperti mereka.

Satu hal paling efektif untuk mengontrol nafsu makan berlebih adalah sering dan banyak minum air. Minum air memberi sensasi rasa kenyang, walau sesaat, namun ketika niat ingin makan kemudian timbul redakan kembali dengan minum beberapa gelas air.

Selain itu air yang anda teguk itu juga berfungsi menjaga badan tetap terhidrasi. Pencernaan yang terganggu akibat makan berlebihan akan terbantu dan air juga berperan sebagai bahan untuk mengurangi kadar racun yang bisa bersarang di tubuh akibat makan berlebihan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel