Disengat Kalajengking, Apa yang harus dilakukan ?

Kalajengking adalah hewan yang aktif mencari mangsa di malam hari. Hewan ini bercapit pada ekornya yang tebal dan sengatannya apabila mengenai kulit kita bisa berakibat fatal. Rasa sakitnya luar biasa, menusuk tajam dan sakitnya tak ada bedanya seperti terbakar api. Otot bergetar dan kejang kejang. Denyut nadi meningkat tajam, penderita bahkan mengalami kesulitan bicara karena lidah menjadi kaku dan lumpuh.


Dan walaupun ini terjadi dalam selang waktu setengah jam setelah menerima sengatan, rasa sakit masih tetap terasa sampai lima hari, bisa memburuk, bahkan sampai kejang dan koma jika tidak segera ditanggulangi.

kalajengking_hewan_yang_tubuhnya_beruas

Tangisnya mungkin tidak akan berhenti jika penderitanya seorang balita.


Nah, berikut penanganan pertama yang harus dilakukan untuk membantu meringankan kondisi seseorang jika nasib sedang malang karena disengat kalajengking


1.Memeriksa kondisi si penderita
Kondisi kesehatan di penderita saat menerima sengatan kalajengking bisa berbeda. Seorang yang kulitnya alergi terhadap bisa racun tentu akan menerima dampak lebih parah. Juga jenis hewannya, kalajengking yang ekornya lebih tebal memberi dampak lebih parah dari pada yang berekor tipis.

2.Segera cuci kulit di area sengatan, gunakan antiseptic jika ada.

3. Luka bekas sengatan dikompres dengan air dingin 
Atau es. Lakukan hal ini sampai sepuluh menit. Atau ulangi lagi jika jika perlu karena ini bisa menanggulangi rasa sakit. Usahakan penderita tidak banyak bergerak agar gerak nadinya tidak meninggi sehingga dampak racun tidak menyebar.

4. Tidak menggunakan obat yang bersifat pereda sakit atau parasetamol. 
Dikhawatirkan malah akan meningkatkan daya racun kalajengking.

5. Luka bekas sengatan dibiarkan saja 
Tak perlu disedot dengan mulut untuk tujuan menarik racunnya ke luar.

6. Segera ke dokter jika tidak punya obat penangkal bisa racun.

Walau hewan ini wujudnya menyeramkan, pada umumnya kalajengking tidak membahayakan manusia secara langsung. Karena hewan pemangsa ini takkan memangsa manusia, bukan ? Species yang mampu tak makan beberapa bulan ini hanya mengincar jangkrik dan serangga lainnya termasuk temannya sesama kalajengking.

Namun sebaik baiknya upaya adalah tidak disengat oleh makhluk berbisa dan mencegah itu lebih baik dari mengobati. Termasuk mencegah sengatan kalajengking.

Meski tidak semua sengatan kalajengking membuat tingkat penderitaan yang sama namun lebih baik kita mengganggap semua hewan ini berbahaya. Jika mereka berada di dekat kita sebaiknya menjauh. Dan kalau ingin mengusirnya sebaiknya tidak langsung mengunakan tangan telanjang tanpa alat pembantu. Contohnya menggunakan kayu atau gagang sapu. Setidaknya gunakan sarung tangan.

Binatang ini aktif dan mencari makan di saat hari sudah gelap, jadi pakai alas kaki jika sedang berjalan di tempat gelap adalah pilihan tepat, apalagi kala melewati hamparan dedaunan. Mereka sering berada pada tempat tempat lembab, di bawah tumpukan sampah, puing puing kayu atau kumpulan rongsokan papan. Pada musim penghujan kalajengking bahkan bisa memasuki kediaman kita melalui rongga di bawah pintu. Tutup semua tempat yang berpeluang untuk jalan masuknya jika rumah kita diyakini berada di sekitar habitat kalajengking karena binatang ini bahkan bisa bersarang di dalam sepatu yang sudah lama dibiarkan tidak terpakai.

Semua langkah mencegah untuk mencegah keberadaan kalajengking di tempat tinggal kita di atas sekaligus juga untuk menghindari hewan  yang bernama lipan.

lipan

Kedua hewan yang tubuhnya beruas ruas itu memiliki karakter sama. Target mangsa yang sama serta menyukai lingkungan yang serupa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel