Semut, bisa diusir dengan menggunakan daun kemangi

Semut, serangga bertubuh kecil,hidup berkelompok dan lingkungannya kadang berdampingan dengan manusia. Karena walau mereka hidup dalam sarang namun sering mereka berkeliaran di dalam rumah kita. Masalahnya, itu  membuat tidak nyaman, apalagi kalau semut sudah masuk ke piring dan tanpa permisi menggerogoti makanan kita.

Jika sudah begini predikat semut adalah hama buat manusia. 

Kaki mereka meninggalkan jejak pada makanan kita. Meninggalkan mikroba, kuman atau virus. Itu berbahaya, karena sebelumnya mereka telah mampir di tumpukan tumpukan sampah atau barang barang busuk yang lain. Itu beracun.

Sebenarnya banyak cara untuk menghalau semut.

Cara paling efektif adalah membongkar istana tempat tinggal mereka. Bisa tidak mungkin dilakukan. Karena tidak mudah menemukan sarang semut.

sarang-semut

Di bawah ini ada beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah semut menyatroni wilayah kita. Dan semoga kesehatan kita tetap terjaga.

1. Kayu manis
Rempah penyedap masakan ini sangat tak disukai semut. Kayu manis ini dibuat halus hingga menjadi bubuk dan kemudian ditaburkan pada tempat tempat di mana semut berlalu lalang.

2.  Larutan Cuka
Cuka juga termasuk materi yang dihindarkan oleh semut. Karena cuka tidak membahayakan buat manusia maka larutan ini bisa kita semprotkan pada lemari makan, jika semut berkeliaran di sana.

3. Serbuk kopi
Serbuk kopi, atau endapan kopi di gelas bekas kita minum dapat dimanfaatkan, dengan cara menaburkannya ke tempat semut berkumpul atau bersarang.

4. Cabe rawit
Mungkin karena rasanya yang pedas dan adanya sensasi panas, cabe rawit memberi hasil yang baik jika digunakan untuk menghalau semut. Kumpulan semut pasti buyar dan menghilang.

5. Bawang putih
Ambil beberapa siung bawang putih segar dan tumbuk halus. Semut yang berada di sekitar bawang putih giling ini akan segera terusir.

6. Jeruk lemon
Tidak perlu yang masih segar, karena jeruk lemon yang terbaik adalah yang sudah lama dipetik. Jika kita iris menjadi beberapa helai dan ditaruh pada m kerumunan semut, maka mereka pasti menjauh untuk tidak datang lagi.

7. Bunga lavender
Tanaman yang sangat dibenci semut ini pasti efektif untuk menjauhkan semut dari wilayah kita.

8. Kemangi
Siapa sangka kalau lalapan favorit di Jawa Barat ini ampuh membuat semut kocar kacir ? Buktikan sendiri dengan cara menyebarkannya. Semut akan takut karena mereka tidak suka pada aroma tumbuhan ini. Cobalah, bahkan serangga selain semutpun akan menghindar.

9. Daun mint
Taruh daun mint yang telah diremas remas di mana anda suka agar semut pergi dan menjauh.

Baca juga : Disengat Kalajengking, Apa yang harus dilakukan ?

Beberapa langkah alternatif lain juga bisa, yaitu  yang bersifat perangkap atau jebakan. Misalnya selembar papan diberi cairan gula atau madu, yang sekeliling cairan itu telah dilumuri dengan bahan perekat berdaya kuat. Bahan yang manis akan mengundang semut dan selanjutnya mereka akan terjebak oleh perekat. Maju tak bisa mundur tak mampu.

Sesungguhnya memberantas semut itu tidak mudah. Bisa memang semut dibasmi, tapi harus binasa semua. Jika masih bersisa, walau hanya beberapa ekor, mereka akan membentuk koloni baru, sarang baru.

semut

Yang betina akan bertelor, menghasilkan generasi penerus. Selanjutnya semut pekerja yang tersisa beberapa ekor itu mencari dan membawa makanan untuk para junior yang baru lahir.

Jadi cara terampuh untuk mencegah semut masuk ke wilayah kita adalah kebersihan. 

Contohnya tidak ada remah atau sisa makanan  yang terhampar di lantai, di meja makan, di dapur, di mana saja.
Itu sederhana.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel