Tips Menghilangkan Jerawat dengan Menggunakan Madu

Jerawat adalah sejenis penyakit kulit. Umumnya menyerang wajah. Juga pada beberapa lokasi seperti belakang tubuh atau punggung. Pada bagian depan badan yaitu dada atau leher. Penyebabnya berasal dari dalam tubuh sendiri, yaitu adanya produksi berlebihan sejenis lemak, yang disebut sobum. Lemak berlebih ini akan ke luar melalui kulit namun jumlahnya yang banyak itu tidak keluar sempurna hingga terjadi pembengkakan di pori pori kulit.

Pembengkakan itu disebut jerawat.

Dan biasanya penyakit yang terjadi pada orang yang berusia antara 14 sampai 18 tahun ini bisa membuat kulit terasa sakit dan sangat mengganggu.

Berbagai macam cara ditempuh untuk agar jerawat hilang atau setidaknya berkurang. Namun berbagai kegagalan sering terjadi dan jerawat tetap ada. Perubahan pola makan telah dilakukan, membatasi pemakaian kosmetik hingga kadang memencet kulit. Namun sayang, jerawat tetap ada.

Di bawah ini kita akan simak sebuah cara alami yang bisa dipraktekkan untuk melenyapkan jerawat yang aman dan tidak akan memberi efek negatif pada kulit, menggunakan bahan rempah yaitu kulit manis dan madu.

Kenapa menggunakan kulit manis dan madu ?

Karena kedua bahan alami ini diketahui memiliki kandungan anti bakteri yang  berfungsi melenyapkan bakteri.


Berikut cara lengkap penggunaannya :

Kulit manis yang masih segar ditumbuk hingga halus dan menjadi bubuk, dicampur dengan madu secukupnya. Diaduk hingga seperti  adonan tepung cair atau seperti bubur. Adonan bubur itu dibalurkan pada jerawat dan dibiarkan hingga sekitar setengah jam untuk kemudian dibasuh dengan air hangat suam-suam kuku. Lakukan paling tidak sekali sehari dan sebaiknya pada malam hari.

Penting untuk mengetahui apakah kulit kita sensitif atau alergi pada campuran kulit manis dan madu ini. 

Sebenarnya ini jarang terjadi. Walau begitu sebelum dioleskan pada jerawat sebaiknya dicoba dulu sedikit pada telapak tangan. Jika tidak menimbulkan efek negatif seperti timbul rasa gatal, berarti aman dan pengobatan bisa dilanjutkan.

Pengobatan jerawat dengan madu ini sangat efektif karena sifatnya yang mengandung anti bakteri tersebut. Kandungan nutrisinya bahkan mampu mencegah iritasi dan membuat kulit jadi lebih sehat.

Mengobati jerawat dengan mentimun
Cara alami lain mengobati jerawat juga bisa dengan menggunakan mentimun. Caranya adalah dengan menghaluskan daging buahnya lalu dioleskan pada wajah serta dibiarkan selama kurang lebih 20 menit. Dibilas dengan air dingin. Ulangi penggunaan ini hingga tiga hari atau sampai jerawat menghilang.

Pepaya
Pepaya juga biasa digunakan sebagai bahan alami menghilangkan jerawat. Caranya dengan menghaluskan daging buah ini untuk dibalurkan pada jerawat. Setelah dibiarkan selama 20 menit lalu dibasuh dengan air bersih. Diulangi hingga jerawat berkurang.


Selain pengobatan, perlu untuk diketahui bahwa jerawat terjadi akibat produksi minyak yang berlebih dalam tubuh hingga keluar dan  menumpuk pada kulit. Minyak ini mengakibatkan matinya sel kulit dan itu sebabnya jerawat terjadi.

madu

Madu mengandung komponen anti bakteri ampuh untuk menghambat tumbuhnya jerawat. Mentimun, buah yang banyak mengandung air itu memiliki anti oksidan yang membantu melembabkan kulit sehingga tidak berminyak dan berjerawat. Dan enzim papain pada pepaya bisa menghalangi terjadinya peradangan pada kulit, juga membantu melenyapkan sel sel kulit mati yang menutup pori pori di kulit.

Baca juga : 8 Faedah Luar Biasa yang diperoleh jika Setiap hari makan Pisang

Namun pola makan yang benar adalah peran penting untuk mencegah timbulnya jerawat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel