Saat ada wabah, Lakukan ini begitu Tiba di Rumah

Tetap berada di rumah adalah langkah terbaik yang dilakukan saat ini. Ini kalau kita bicara tentang pencegahan agar tidak tertular virus corona. Dan itu mutlak harus dilakukan oleh siapa saja. Yang kondisi tubuhnya sehat. Yang memiliki gejala flu sekaligus batuk atau bersin bersin. Persis gejala awal menderita Covid-19. Walau ternyata hanya flu biasa.

Apalagi jika itu bukan flu  biasa. Lebih tetap berada di rumah. Di rumah sakit malah tempatnya.

Khusus yang sehat, walau selalu berdiam di rumah selama masa pandemi adalah pilihan terbaik, namun tak bisa tidak harus pernah juga meninggalkan rumah. Karena berbagai alasan.Walau penuh risiko. Karena di luar sana berjuta virus bergentayangan maka bisa saja saat kembali badan telah terpapar. Dan bisa saja Anda akan menularkannya pada anggota keluarga lain di rumah.

Nah, agar hal ini tidak terjadi, apa yang harus dilakukan saat Anda pulang ?

1. Jangan langsung masuk ke dalam rumah
Cuci tangan lebih dulu. Selalu sadar bahwa virus sangat mungkin ada bersama Anda. Bisa di tangan atau pada bagian lain di tubuh. Jadi selain tidak menyentuh wajah selama di luar sana, cucilah kedua tangan sebelum menyentuh gagang pintu rumah, sebaiknya tempatkan sabun  beserta air yang cukup, khusus di luar rumah yang bisa digunakan setiap saat.

merangkul_anak

2. Tidak langsung kontak dengan orang di rumah
Hindari agar tidak mengungkapkan kasih sayang pada anak, umpamanya dengan merangkul atau menciumnya. Juga pada anggota keluarga lainnya.

3. Sterilkan barang bawaan
Gunakan desinfektan atau sabun untuk membebaskan bawaan Anda, termasuk juga kunci motor atau mobil Anda. Juga ponsel dan dompet. Taruh semua benda  tersebut pada tempatnya, sebaiknya tak ada satupun yang diletakkan di atas meja makan.

Baca juga : Cara Mencegah Penularan Virus Corona yang bisa terjadi melalui Android

3. Copot semua perlengkapan busana yang dikenakan tadi saat ke luar rumah
Tentu saja setelah Anda di kamar mandi. Anggap saja semua pakaian itu telah kotor dan jika segera dicuci dengan deterjen itu lebih baik. Ingat Anda baru saja kembali dari sejuta virus berada.

4. Mandi dan ganti pakaian
Itu berarti menghilangkan virus dari sekujur tubuh. Agar aman jika Anda menyentuh apa saja yang ada di rumah.

5. Buang barang yang tidak perlu
Bisa jadi barang itu berupa struk pembelian, tanda parkir, atau kantong kresek bekas tadi belanja.

6. Cuci tangan lagi
Karena mungkin Anda akan membuka atau membongkar barang bawaan Anda tadi. Mendesinfektan lantai tempat barang barang itu berada sangat dianjurkan demi sterilnya rumah dari paparan virus.

Itulah beberapa langkah yang mutlak perlu dilakukan agar tercapainya rumah Anda sebagai zona aman dari virus yang mewabah saat ini.
Memang tak mungkin kita mampu total menghindari kontak dengan dunia luar. Namun sedapat mungkin tinggal di rumah itu langkah terbaik.

Dan rumah bisa menjadi zona aman buat Anda dan keluarga jika kita disiplin menjaganya. Selalu sediakan larutan desinfektan di rumah. Tidak harus membeli larutan ini bisa dibuat sendiri. Banyak petunjuk cara membuatnya, bisa dicari secara online. Bahan bahan untuk pembuatannya juga hampir selalu ada di rumah. Bisa menggunakan cairan pembersih lantai. Atau cuka. Kayu putih juga bisa. Cairan deterjen bahkan sangat ampuh untuk membasmi virus.

Tak ada yang tahu kapan wabah ini berakhir.

Yang jelas rutinitas untuk selalu mensterilkan rumah jangan diakhiri, dengan alasan apapun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel