10 Tabiat Buruk ini adalah Penyebab Kamu Tidak Disukai Orang

Mungkin kamu pernah merasa beberapa temanmu akhir akhir ini tidak pernah lagi berkumpul bareng bersamamu. Mereka tak datang saat kamu undang untuk suatu diskusi di rumah kamu. Mereka juga beri alasan tak sempat kala kamu ajak untuk pergi bersama sama ke suatu tempat.Seperti yang biasa kalian lakukan dahulu jika tiba waktu libur sekolah.

Entah apa sebabnya, kamu tak tahu kenapa mereka menghindar dan tak ingin bersama lagi denganmu. Di sekolah juga begitu. Sikap mereka kini dingin saat kalian bertegur sapa. Kamu merasa teman temanmu sudah tidak menyukaimu lagi.

Tidak-disukai-orang

Apa yang membuat orang tidak menyukai kamu ?

Beberapa tabiat buruk mungkin ada padamu. Itu yang menjadi faktor penyebab orang tidak menyukai kamu.

Coba simak beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab orang tidak menyukai kamu, seperti berikut di bawah ini.

1.Tidak antusias pada lawan bicara

Setiap teman pasti pernah mencurahkan sebagian masalahnya pada kamu. Karena dia ingin mendapat saran atau pendapatmu. Namun teman itu bisa jadi justru akan mendapat masalah baru setelah uneg unegnya dia utarakan. Masalah baru itu adalah hatinya justru kesal akibat respon kamu. Betapa tidak, boro boro mendapat saran atau nasehat, sedikitpun kamu tidak mendengarkan kata katanya. Malah kamu mengalihkan pembicaraan ke lain hal.

Setiap orang memang punya masalah termasuk kamu dan temanmu itu. Namun saat dia sedang ingin mendengar apa pendapatmu atau saranmu atau nasehatmu atas persoalan yang dia hadapi maka responlah.

Utamakanlah dulu memberi perhatian. Dengan kata lain hindarilah kecenderungan untuk tidak mendengarkan keluhan teman itu. Sediakanlah dulu waktumu untuk mendengarkan dia. Berikan dahulu pendapatmu yang positif.

Setiap orang ingin didengar. Jadi berilah waktumu sedikit untuk curhatnya itu. Bukan justru mengalihkannya ke lain topik. Itu artinya kamu tidak mendengarkan dia.

2. Kamu sombong

Pertemanan dengan orang sombong tidak pernah langgeng. Sebab orang sombong tidak pernah menganggap dirinya setara dengan orang yang berteman dengannya. Dia selalu menganggap dirinya lebih tinggi, lebih mulia dalam segala hal dari temannya. Dan lambat laun seseorang yang sempat menjadi temannya akan menjauh meninggalkan si sombong dan pergi mencari teman lain yang menganggap dirinya sebagai seorang yang dihargai.Jadi hindarilah sikap sombong karena sikap sombong tidak disukai orang.

3. Kamu egois

Kamu orang yang hanya sibuk dan perduli pada urusannya sendiri ? Percayalah bahwa kamu itu termasuk dalam golongan yang tidak disukai orang.Hargailah dan perdulilah juga pada urusan temanmu. Ulurkanlah tanganmu jika ada yang bisa kamu bantu. Jauhkan sifat mementingkan diri sendiri.

4.Kamu merasa dirimu istimewa

Seorang yang merasa dirinya istimewa adalah orang yang tidak disukai dalam pergaulan. Setiap orang menginginkan keadilan termasuk dalam hal pertemanan. Jadi bersikaplah sama pada setiap teman. Jangan karena merasa kualitas ekonomimu jauh di atas orang lain, tetanggamu yang hidup pas pasan kamu sepelekan. Kamu hanya pantas hidup pada kalangan yang istimewa saja. Tetapi jika tiba saatnya kamu butuh bantuan dari kalangan lain, orang akan menjauh. Karena perilakumu pada mereka selama ini.

5. Bersikap ramah hanya pada saat butuh sesuatu

Dalam pergaulanmu kamu hanya bertegur sapa pada orang yang kelas ekonominya setingkat denganmu. Orang atau teman teman lainnya kamu anggap rendah. Hanya pada saat butuh sesuatu kamu ramah pada mereka.

Jika kamu ingin disukai, bersikap baik dan ramahlah pada setiap orang. Tidak hanya pada saat butuh baru kamu perhatian pada orang itu. Sikap yang baik dan ramah akan menjadi dasar yang baik dalam pergaulanmu. Jika kamu bersikap sebaliknya maka itu adalah dasar yang baik untuk tidak disukai orang.

6. Rajin membuat gosip atau gunjing

Hindarilah kebiasaan membuat gosip. Kamu tidak hanya sekedar tidak disukai orang. Namun lebih dari itu orang benci padamu. Karena seorang tukang gosip atau penggunjing hanya akan membuat perpecahan di antara teman temanmu. Kala mereka sadar kamu itu rajin membuat gosip atau gunjing maka predikatmu selanjutnya adalah seorang teman yang tidak disukai orang.

7.Suka mengkritik dan menyalahkan teman

Awalnya seorang teman mungkin akan instrospeksi saat kamu salahkan atau kamu kritik. Persoalan akan menjadi beda jika kamu terus terusan mengkritik dia. Selalu saja kamu temukan apa yang menjadi kekurangannya.

Baca juga : Ini Sebabnya Kamu Tak perlu minder karena Sebenarnya Orang Pemalu itu banyak kelebihannya

Kamu terus terusan bersikap begitu maka akibatnya kamu adalah seorang teman yang menjemukan baginya. Takkan terdapat kenyamanan pada siapapun jika setiap berdekatan dengan kamu porsi utama kalimatmu adalah menyalahkan orang lain, apalagi orang lain itu adalah temanmu.

tidak-disukai-orang

Dia akan menghapus namamu dari daftar nama nama sahabatnya. Temanmu yang lain juga begitu dan kamu akan tidak disukai orang.

8.Pelit

Tidak ada orang yang tidak memerlukan budi orang di sekitarnya. Baik budi yang berupa jasa maupun berupa dana. Seorang yang egois biasanya adalah orang yang pelit dan orang seperti ini tidak disukai orang.

9. Pendusta

Hidup bersama seorang pendusta tentu tidak tenteram karena apa yang diucapkannya berbeda dengan kenyataan. Seorang pendusta takkan bisa dipercaya. Memang tidak semua hal bisa didustai. Tapi andaipun seorang pendusta bicara jujur dia takkan dipercaya lagi. Bagaimana bisa dipercaya, bertemanpun orang sudah tak mau.

10. Ucapanmu suka menyakiti perasaan.

Kendalikan mulutmu, jaga ucapanmu dan bicaralah dengan sopan. Baik dalam kondisi yang serius atau sedang bercanda. Karena jika tidak kamu pasti akan tidak disukai orang. Mungkin pertama tama teman temanmu masih sabar. Tapi yang namanya sabar pasti ada batasnya. Artinya kerugian besar bagimu karena mereka akan muak dan memutuskan pertemanan kalian.

Itulah beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab kamu tidak disukai orang. Bukan berarti semua tabiat itu ada padamu. Namun satu saja dari tabiat tabiat di atas kamu miliki maka itu sudah cukup membuat kamu sebagai teman yang yang tidak disukai orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel