5 Alasan Penyebab Pria Hidup Sendirian dan Tidak Ingin Menikah

Aneh memang, jika kita mendengar ada pria yang tidak ingin menikah. Padahal menikah itu banyak manfaatnya. Para ilmuwan mengatakan bahwa kwalitas hidup orang yang menikah jauh lebih baik dari yang tidak menikah. Diantaranya rata rata lebih sehat dan peluang hidupnya jauh lebih lama dibanding yang hidupnya sendiri. Masih banyak keuntungan yang bisa diperoleh oleh orang yang hidup menikah. Bahkan tanpa menyimak hasil penelitian para ahli kita sendiri bisa merasakan keuntungan tersebut.

Lalu kenapa ada pria yang tidak mau menikah ?

Tidak ada alasan yang pasti karena semua itu kembali pada prinsip pria yang bersangkutan.

Meski begitu ini ada beberapa alasan yang diduga sebagai penyebab mengapa banyak pria tidak memiliki rencana untuk menikah.

1. Tak mau hidup terikat

Pria yang tak mau hidup terikat adalah seorang yang ingin bebas ke mana dia ingin pergi. Hatinya sangat terganggu jika ada yang memintanya harus pulang. Hidupnya sangat bahagia karena takkan ada yang menyuruhnya bangun dan mandi karena hari sudah siang.

Tak boleh ada seorangpun yang melarangnya jika dia pergi meninggalkan rumahnya selama berhari hari.

Mungkin karena dia akan pergi ke laut, memancing ke sebuah pulau. Dia akan memasang tenda di sana untuk tempatnya tidur malam hari.

hidup-sendirian

Baginya, menikah berarti hidup terikat pada peraturan baru yang akan menghambat kebebasannya.

2. Takut harga dirinya jatuh

Jodoh seseorang biasanya tak berada di tempat jauh. Seorang pria biasanya akan menikahi wanita yang berada di lingkungannya. Sebelumnya mereka sering berkomunikasi dan ujungnya timbul rasa cinta.

Masalahnya wanita jaman sekarang rata rata sudah memiliki pendidikan tinggi.

Pendidikan tinggi si wanita bisa menjadi halangan bagi seorang pria, jika tingkat pendidikannya jauh di bawah. Gambaran kasarnya, kekasihnya itu seorang alumni universitas. Karirnya nanti akan melaju. Otomatis penghasilannya akan melebihi pendapatannya.

Takut wanita mendikte dirinya dalam rumah tangga, demi menjaga harga dirinya seorang pria normal wajar saja khawatir. Ini persoalan harga diri. Walaupun terdengar berlebihan seorang pria bukan tak mungkin untuk mundur. Dan memilih untuk tidak menikah.

3. Tidak percaya diri karena ekonominya belum mapan

Ini mirip dengan point no 2 di atas. Tapi berbeda. Banyak pria tidak percaya diri karena keuangannya belum mapan. Pria seperti ini belum punya niat untuk menikah. Dan jika kondisi keuangannya tidak meningkat  bisa saja 'belum punya niat' menjadi 'tidak punya niat' untuk menikah.

Apalagi jika dia memang seorang pengangguran. Setidaknya tidak punya penghasilan tetap. Sulit menemukan seorang wanita yang bersedia menikah dengan pria yang incomenya minim.

4.Tidak ingin memikul tanggung jawab

Pria seperti ini telah membayangkan betapa susahnya mengurus istri. Berikut membesarkan anak kelak jika menikah. Dia tetap memutuskan untuk belum menikah sampai mentalnya siap untuk menanggung semua tanggungjawab itu.

Dan saat umur sudah lanjut sementara persiapan mental tak siap juga maka akhirnya pria tua ini memutuskan untuk tidak menikah

5. Lebih suka hidup melajang

Sepasang manusia hidup bersama tanpa pernikahan. Banyak orang hidup dalam suasana begini dengan nyaman. Mereka rela melakukannya atas alasan masing masing. Khusus buat pria, dia bisa menikmati hidup bersama seorang wanita, layaknya orang menikah, tanpa harus menikah.

Tanpa perlu tanggungjawab sebagai seorang suami. Tanpa harus membesarkan anak. Saat dia terus terusan dalam suasana nyaman maka ini alasan utama baginya untuk tidak menikah.

Tidak berarti semua pria yang disebut di atas akan hidup tanpa menikah. Di tengah perjalanan mengharungi kehidupan setiap manusia akan menemukan banyak hikmah. Itu bisa mengubah semua alasan alasan kenapa seorang pria tidak ingin menikah.

Dan sebaiknya semua alasan itu perlu dilupakan.

Karena menikah itu jauh lebih penting dari pada tidak menikah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel