10 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Agar Telingamu Tetap Sehat

Salah satu panca indra pada manusia adalah telinga. Perannya dalam kehidupan sehari hari adalah sebagai alat pendengar. Jadi sangat pantas jika kita harus menjaga kesehatannya.

Menjaga kesehatan telinga mutlak perlu sebab bisa dibayangkan jika kesehatan telinga tidak prima maka dampaknya adalah daya pendengaran yang menurun.

Apabila keadaan makin menurun maka kondisi terburuk yang terjadi adalah tunarungu alias tidak bisa mendengar.

Agar tidak terjadi hal di atas sebaiknyalah kita menjaga kesehatan telinga atau pendengaran kita. Di bawah ini ada beberapa hal yang penting diketahui untuk perawatan agar telinga kita selalu dalam keadaan sehat sehingga terhindar dari masalah pendengaran.

telinga

1. Dapatkan udara bersih dan segar
Udara bersih dan segar memberi efek positif pada sirkulasi darah di tubuh. Sesekali carilah lokasi ke daerah pedalaman yang udaranya masih bersih dan segar. Berolah raga pada daerah pinggiran bukit atau gunung, selain menyehatkan, daya pendengaran akan semakin baik akibat sirkulasi darah ke telinga  yang meningkat.

2.Nutrisi yang kaya magnesium
Salah satu penyebab kondisi pendengaran menurun adakah akibat jumlah magnesium yang rendah pada tubuh. Selain buah alpukat nutrisi lain yang banyak mengandung magnesium adalah pisang dan kacang kacangan.

3. Nutrisi yang kaya kandungan vitamin B
Vitamin B punya peran besar melindungi pembuluh darah yang menuju tulang kecil pada bagian dalam telinga. Nutrisi yang berbahan dasar gandum sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena banyak mengandung vutamin B12.

4. Hindari makan yang asin
Garam meningkatkan tekanan darah. Itu membuat organ organ dalam telinga membengkak dan menurunkan kerja telinga.

5. Kafein
Kafein dalam kopi juga membuat tekanan darah meningkat. Jika Anda pecandu kopi segera beralihlah pada minuman kopi yang rendah kafein.

6. Rokok
Semakin lanjut usia, Anda semakin rentan pada gangguan akibat merokok. Rokok dan asapnya mempercepat melemahnya pendengaran.

7.Gunakan pengaman pada telinga
Pada suasana yang sangat bising gunakan penutup telinga sehingga volume suara keras dan bising tidak mengganggu telinga Anda. Penderita gangguan pendengaran banyak terjadi pada penyuka musik yang mendengarnya melalui headphone. Ada yang bahkan memutar alat musiknya dengan volume maksimum, karena alasan semakin keras semakin nikmat. Karena cara mereka mendengar musik justru bertentangan dengan caran yang sehat, maka menjelang usia lanjut daya pendengaran mereka lebih pasti lemah dari orang lain pada umumnya. Hal ini juga rentan terjadi pada pemain musik aliran keras, yang tidak menggunakan alat peredam pendengaran yang biasa dipakai para musisi.

8.Sikat gigi
Peneliti mengatakan terdapat hubungan melemahnya pendengaran dengan kebersihan rongga mulut. Sikat gigi dua atau tiga kali sehari dapat meredam melemahnya kerja telinga.

9. Minum susu
Terutama susu dengan kadar kalsium dan vitamin D yang tinggi. Sangat membantu meningkatkan kesehatan telinga.

10. Perbanyak makan sayuran
Seorang yang sejak kecil suka makan sayuran lebih banyak dari rata rata diketahui tidak akan mengalami gangguan pendengaran di usia lanjut.

Serius memeriksa kerusakan pendengaran sangat dianjurkan bagi mereka yang sehari hari beraktivitas pada lingkungan yang bising dan berisik. Ini sangat berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih fatal. Sebab jika sudah terlanjur parah dan alat pendengar tidak berfungsi lagi, selanjutnya akan terjadi dampak negatif lain pada tubuh.Kata para ahli penyakit jiwa kehilangan pendengaran bisa mengakibatkan depresi atau stres.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel