4 Alasan Kenapa kita Gagal meniru Keberhasilan Orang Sukses

Membaca riwayat perjuangan dan kisah sukses orang lain terkadang bisa membuat kita untuk tertantang dan termotivasi. Kemudian timbul niat untuk meniru langkah mereka. Terbersit dalam benak kita 'kalau dia(misalkan namanya = Mr Sukses) bisa kenapa aku tidak ?'

Orang-sukses

Kita kemudian menirunya. Dan belum seberapa lama ternyata kita gagal. Apa yang dialami sama sekali lain. Masalah yang kita hadapi berbeda jauh. Kesulitannya ternyata tidak seperti yang tertuang pada kisah keberhasilan Mr Sukses itu.

Dan akhirnya kisah Mr Sukses yang menginspirasi kita lupakan.

Mengapa ini bisa terjadi ?

Di bawah ini ada beberapa penyebabnya yang mungkin bisa kita perbaiki.

1. Semangatmu hanya sekedar menggebu gebu

Kamu tahu riwayat perjuangan Mr Sukses itu mulai dari masa kecilnya yang penuh derita. Yang penuh dengan kemiskinan. Persis dengan kondisimu kini. Mr Sukses berhasil melewati semua rintangan itu. Kamu berfikir : ' Kalau dia bisa sukses kenapa aku tidak' ? Tapi tahukah kamu bahwa apa yang kamu tahu tentang perjuangan Mr Sukses itu sebenarnya tidak lengkap ?

Begini . . . dalam hidup ini tidak setiap orang bersedia menceritakan semua tentang dirinya. Ada hal hal yang disembunyikan. Ada beberapa kisah dalam hidupnya untuk dia simpan sendiri. Apa alasannya kenapa begitu, banyak. Yang pasti tidak semua diceritakan, jadi ' Kalau dia bisa sukses kenapa aku tidak ?' tidak bisa menjadi pemacu semangat. Karena masing masing orang akan menghadapi tantangannya sendiri. Kalau Mr Sukses berhasil melewati semua rintangannya, itu rintangan yang dia temui.

Yang akan kamu hadapi tentu beda. Kamu mulai dari mana ? Halangan, hambatan dan rintangan mulai dari awal kamu mulai. Beda dengan Mr Sukses karena dia memulai dari awal yang berbeda, bukan ?

2. Kamu tidak membuat prinsipmu sendiri

Karena intinya masing masing individu berbeda maka buatlah jalan hidupmu sendiri. Sesuai passionmu, sesuai minatmu. Ada orang yang berhasil menjadi jutawan atau milyuner melalui profesinya sebagai peternak.

Dia memang suka beternak. Sudah lama dia menekuni itu. Bahkan dulu sebagian besar waktunya untuk beternak terbuang percuma karena keuntunganmya tidak memadai.

Orang lain mungkin sudah beralih profesi tapi dia tetap beternak. Itu prinsipnya, jadi peternak. Dia suka sekali beternak. Itu salah satu yang membuatnya berhasil menjadi orang sukses. Dan kini menjadi importir hasil ternak.

Apa hikmah yang dapat kamu ambil dari si peternak sukses itu ?
Temukan minatmu, lakukan, siap pada tantangan yang pasti datang. Bisa saja rasa bimbang datang karena perolehan keuntungan tidak seimbang. Kamu akan pernah jatuh. Tapi jika kamu berhasil untuk bangun lagi maka semua bekal pengalaman jatuh bangun itu yang akan membimbing kamu menuju keberhasilan. Jadi temukan dahulu apa yang kamu sukai.

3.Sukai tantangan yang akan kamu hadapi

Kisah sukses Mr Sukses tadi sebagian besar adalah tentang kesuksesan. Tentang ketidaksuksesannya pasti tidak diulas.Saat hidupnya sedang dikejar hutang karena tidak bisa tepat janji, contohnya. Artinya dia tidak sukses bayar hutang. Banyak lagi yang tidak diceritakan.

Namun apapun pilihan profesimu, tantangannya akan berbeda. Sakit dan pilunya tidak sama dengan apa yang dialami Mr Sukses.

Jadi jangan hanya terpukau dengan kesuksesannya. Sebab apapun pilihanmu tantangan yang akan menimpamu pasti berbeda. Sebagian kecil, sebagian besar. Berjanji saja pada dirimu bahwa kamu akan menyukai tantangan yang bakal timbul. Bila perlu sukai.

4.Pengalaman dini

Para pedagang sukses umumnya berasal dari keluarga pedagang. Mereka sebenarnya telah belajar dari usia muda. Bahkan mungkin semenjak anak anak. Dan topik utama pembicaraan di keluarganya adalah tentang dagang.

Kadang kadang mereka ikut terlibat melayani pelanggan. Dari kecil prinsip prinsip dasar berdagang telah terpatri di hati. Salah satu modal menuju sukses telah mereka kantongi.
Semua itu berperan membentuk diri mereka jika suatu saat ingin berdiri sendiri. Pengalaman dini, kalau boleh disebut begitu, mereka  telah punya.

Jadi saat memulai sendiri mereka sudah punya kesiapan.

Bandingkan dengan seorang pemula tanpa pengalaman sepertimu. Siapa yang peluang berhasilnya lebih besar ? Siapa yang lebih tangguh menaklukkan rintangan dan segala tantangan ? Jadi selain mengetahui bidang apa yang menjadi minatmu, pertimbangkan dahulu pengalamanmu.

Sempatkan diri untuk menilai diri. Agar 'kalau dia bisa sukses kenapa aku tidak' mampu kamu buktikan.

Orang-Sukses

Di mana mana banyak orang sukses. Dan di mana mana banyak orang tak sukses. Kita bisa ambil kisah kisah mereka untuk inspirasi. Banyak yang wajib kita tiru dari mereka. Banyak yang wajib kita amati untuk tidak ditiru. Namun jika kita tak mampu sama sukses seperti mereka, itu tak mengapa.

Pilih untuk memulai sesuatu yang kita suka. Terima semua rintangan yang bakal menghadang, itu pasti ada.

Hanya satu yang patut disadari jika kita gagal. Tak ada yang salah yang bisa membuat kita gagal. Yang membuat kita gagal adalah kita sendiri yang tak mampu bertempur melawan rintangan.

Dengan kata lain penyebab gagal itu adalah kita sendiri. Sebab tidak semua panglima perang itu menang perang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel