Sebab terjadinya Mimpi Buruk dan Cara Mencegahnya agar tidak terulang lagi

Entah kenapa tiba tiba kamu dalam suasana sedang terseret arus di sebuah sungai yang deras. Bajumu telah robek dan compang camping di sana sini karena berkali kali tersenggol dan tersangkut di batu batu runcing, yang banyak menonjol di sungai itu. Sepatu sportmu yang sebelah kiri bahkan telah copot akibat gerakan kakimu yang berenang sekuat tenaga menuju ke pinggir sungai.

Kamu memang harus mencapai daratan karena sedikit lagi aliran air di sungai itu akan meluncur sederas derasnya. Ada air terjun, sudah kelihatan olehmu. Beberapa meter lagi, tanganmu berusaha menggapai sebuah batu yang pipih, yang ujungnya runcing. Tapi tenagamu tak sanggup menahan dorongan air. Kamu terseret terus dan tiba di bibir air terjun. Kamu masih berusaha berdiri untuk kemudian berlari sekuat tenaga di bibir air terjun itu, menuju ke darat. Sayang kakimu terpeleset dan . . . tiba tiba kamu terbangun.

Tiba tiba saja kamu tersentak dan terbangun dari tidurmu. Jantungmu berdegup kencang tak beraturan. Keringat mengucur di sekujur badanmu yang gemetar karena ketakutan yang amat sangat. 

Nafasmu tersengal sengal. Dan tiba tiba juga kamu tersadar,  baru saja bermimpi buruk. Mengerikan.

mimpi-buruk

Ilustrasi di atas adalah contoh sebuah mimpi mengerikan yang, mungkin pernah kamu alami. Walau skenario mimpinya berbeda, tak persis begitu, tapi intinya adalah mengerikan. Itu namanya mimpi buruk.

Mimpi buruk itu kadang bisa terulang, walau ceritanya berbeda. Itu tetap sangat mengganggu. Bisa bisa kamu bahkan takut saat tiba waktunya untuk tidur. Takut mimpi buruk terulang lagi.

Sebenarnya mengalami mimpi buruk lagi itu bukan sesuatu yang aneh. Sering terjadi pada siapa saja. Penelitian mengatakan bahwa penyebab peristiwa mimpi buruk terjadi berkali kali adalah akibat banyaknya masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari hari. Masalah masalah di tempat kerja, di kampus atau di sekolah atau mungkin masalah dalam kehidupan bertetangga.Semua masalah itu menumpuk tak bisa terlupakan hingga kemudian menimbulkan perasaan negatif. Seperti terus menerus dilanda kecemasan hingga timbullah stress atau depresi.

Semua perasaan negatif itulah yang menyebabkan hadirnya mimpi buruk dalam tidur kita. Mimpi ini bisa terjadi berulang kali pada orang orang tertentu, termasuk pada anak anak yang juga bisa memiliki perasaan perasaan negatif yang tak terlupakan seperti disebut di atas tadi.

Karena dikhawatirkan mimpi buruk dapat memberi gangguan mental bagi yang mengalaminya maka seharusnyalah diupayakan untuk tidak terjadi lagi. Langkah langkah yang bisa dilakukan untuk mencegahnya bisa kita simak pada uraian berikut ini.

1. Relaksasi menjelang tidur
Relaksasi ringan untuk membuat otot tidak tegang hingga menimbulkan perasaan nyaman dan santai. Ini membuat lenyapnya perasaan negatif dalam hati. Dan makin kecil kemungkinanmu aksn mengalami mimpi buruk.Relaksasi ini dilakukan di kamar tidur sesaat sebelum kamu naik ke pembaringan.

2. Buat jadwal yang tetap untuk waktu tidur
Itu juga salah satu cara agar mental kamu siap untuk tidur. Sambil menunggu jadwal kendurkan perasaan tegang dengan kesibukan yang santai. Contohnya menyetel musik atau berrmain musik sambil bernyanyi.

3. Rapikan kamar tidur
Buatlah serapi mungkin. Dan tidak centang perenang sehingga bisa membuat rasa tak nyaman. Rasa tak nyaman sebelum tidur bisa terbawa dalam mimpi, salah satu diantaranya adalah mimpi buruk.

4. Mengatur nafas
Saat mulai berbaring cobalah mengatur nafas. Tarik nafas dalam dalam secukupnya tanpa kesan memaksa dan lepaskan perlahan. Pernafasan seperti ini bermanfaat untuk membuat detak jantung lebih perlahan atau melambat. Detak jantung yang melambat akan mengurangi suasana fikiran yang tegang.

Selain itu juga bagi pemakai obat penenang, agar lebih perduli tentang dosis pakainya. Harus sesuai petunjuk dokter. Karena penggunaan yang salah pada obat penenang jenis tertentu bisa memberi dampak negatif yaitu menyebabkan mimpi buruk. Jadi sebaiknya konsumlah sesuai anjuran dokter.

Juga para pengguna obat terlarang atau narkoba. Saat penghentian menggunakan zat terlarang ini biasa mengalami mimpi buruk. Walau lambat laun frekwensinya akan berkurang dan tidak terjadi lagi.

Sekian dan semoga kita dapat mengambil manfaat dari semua yang tertuang dalam tulisan ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel