Cara Efektif Mencegah Tumbuhnya Uban Di Usia Dini

Uban lumrah mulai tumbuh pada seseorang yang telah memasuki umur 40 sampai 50 tahun. Namun tumbuhnya uban pada usia dini bisa saja terjadi pada seseorang. Contohnya pada seseorang yang usianya baru 25 tahun. Itu usia yang sangat dini untuk memiliki rambut beruban. Dan itu pasti tidak nyaman. Jadi diperlukan upaya dan cara efektif untuk mencegah tumbuhnya uban di usia dini.

Apa yang yang harus dilakukan untuk mencegah tumbuhnya uban di usia dini ?

Kenapa usianya baru 25 tahun atau katakanlah 30 tahun namun sudah beruban padahal yang berusia lebih lanjut belum tentu punya rambut abu abu ?

Sebenarnya warna rambut itu berhubungan dengan fungsi melanin. Itu adalah pewarna yang secara biologis telah berada pada tubuh seseorang. Jadi melanin inilah yang member warna hitam pada rambut. Fungsi melanin ini perlahan lahan bisa berkurang jika usia semakin lanjut.

Namun jika fungsinya berubah tidak secara normal pada usia muda maka terjadilah apa yang disebut tumbuhnya uban pada usia dini.

uban-di-usia-dini

Nah, untuk mencegah tumbuhnya uban di usia dini maka kita perlu meningkatkan fungsi kerja melanin itu. Atau setidaknya mempertahankannya. 

Berikut adalah langkah langkah penting yang harus dilakukan untuk mencegah timbulnya uban di usia dini.

1.Menghindari stress

Stress atau depresi memberi efek buruk pada stamina. Salah satu akibat efek buruk itu adalah berkurangnya produksi melanin pada tubuh. Dan kelanjutannya adalah tumbuhnya uban sebelum waktunya.

Stress memang bukan salah satu penyebab, tapi stress membantu mempercepat proses tumbuhnya uban di usia dini. Jadi selayaknyalah agar syaraf dikontrol untuk menghindari sress. 

2.Mencukupi tubuh dengan vitamin

Kekurangan vitamin mempengaruhi kesehatan rambut. Warna alami rambut akan berubah menjadi warna abu abu. Dengan kata lain kekurangan vitamin adalah salah satu penyebab timbulnya uban. 

Warna rambut beruban akan kembali pada warna aslinya jika kecukupan tubuh akan vitamin dapat dipenuhi.

3.Pola makan yang tidak baik

Selain kandungan vitamin yang cukup, makanan juga harus mengandung zat besi serta yodium. Vitami, zat besi fan yodium berperan penting mencegah tumbuhnya uban di usia dini. Usahakan mengkonsumsi lebih banyak sayuran dan buah buahan. 

Ada orang tertentu yang tidak suka minum air putih sesuai kebutuhan tubuh. Kebiasaan itu seharusnya diubah karena air yang cukup di dalam tubuh sangat penting untuk meningkatkan fungsi melanin.

4.Kurangi merokok

Nikotin yang terdapat pada rokok menghalangi oksigen masuk ke setiap sel dalam tubuh manusia. Pada beberapa orang perokok berat, ubannya bahkan sudah tumbuh padahal usianya baru melewati masa dewasa.

5..Cara mandi yang tidak sehat

Maksudnya tidak sehat untuk rambut. Bagi orang yang suka mandi menggunakan air panas sangat dianjurkan untuk khusus membasahi rambutnya dengan air segar atau air yang dingin. Jika disiram dengan air panas maka zat melanin pada rambut akan rusak. Kalau ini terjadi maka tentu saja upaya untuk mencegah tumbuhnya uban di usia dini sulit untuk berhasil. 

Juga penggunaan shampoo yang tidak tepat akan memberi dampak yang sama.

6.Menghindari penggunaan narkoba dan alkohol

7. Olahraga yang cukup

Olahraga membuat sirkulasi darah menjadi lancar dan itu bermanfaat mencegah aliran darah yang terhambat, termasuk yang terhalang menuju sel sel rambut.

8.Menghindari kurang tidur

Tidur 6 sampai 8 jam sehari memberi manfaat positif untuk kesehatan termasuk kesehatan rambut.

Masih ada faktor lain yang harus kita ketahui untuk mencegah tumbuhnya uban di usia dini. Yaitu faktor genetika atau keturunan. Dalam hal ini perlu nasihat seorang ahli kesehatan untuk mengatasinya.

Sebenarnya 8 langkah di atas tidak sulit untuk diterapkan. Selain faktor yang terkait genetika, semua langkah tersebut hanya membutuhkan perbaikan gaya hidup. 

Namun sebagai tambahan ada baiknya juga jika kita menggunakan obat herbal sebagai salah satu cara mencegah tumbuhnya uban di usia dini. 

Salah satunya adalah menggunakan teh hitam sebagai bahan utama. Teh yang proses olahannya melalui fermentasi ini diketahui banyak mengandung anti oksidan. Juga mampu memberi warna gelap pada rambut. Selain menguatkan rambut teh hitam juga mampu membuat rambut lebih bercahaya. 

Caranya hanya dengan menyiapkan 2 gelas air yang diberi garam 2 sendok teh. Air ini digunakan untuk merebus teh hitam sebanyak 4 sendok teh. Direbus sampai mendidih untuk kemudian ditunggu hingga dingin. Airnya dipakai untuk dioleskan pada rambut yang sebelumnya sudah dibasahi dan dibersihkan. Langkah ini dilakukan ulang di hari berikutnya hingga warna uban pada rambut berubah menjadi warna hitam.



Pada dasarnya langkah yang kita lakukan untuk mencegah tumbuhnya uban di usia dini adalah kita hanya perlu menjaga agar melanin dalam tubuh berfungsi maksimal. Agar pigmen yang memberi warna asli pada rambut tidak rusak dan rambut hitam sehat tetap terjaga.

Proses timbulnya uban pada manusia tidak bisa diubah seiring usia yang makin menua. Namun mencegah tumbuhnya uban di usia dini sebenarnya dapat dilakukan dengan mengubah atau memperbaiki gaya hidup kita dengan menempuh 8 langkah yang kita ulas di atas tadi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel