10 Khasiat Daun Bayam Duri Untuk Kesehatan

Bayam duri dikenal sebagai tanaman liar. Oleh petani tumbuhan ini selalu disingkirkan karena dianggap sebagai gulma. Padahal tanaman yang hidup di daerah tropis ini adalah sebuah tumbuhan yang bisa digunakan sebagai obat atau untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan dalam tubuh.
bayam-duri

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari daun bayam duri tersebut.

1. Untuk pelengkap menu diet

Daun bayam duri mengandung banyak vitamin. Hormon hormon pada daunnya sangat membantu untuk menekan nafsu makan. Ini bisa terjadi berkat protein pada daun tanaman ini yang menekan kadar insulin yang ada pada darah. Penekanan kadar insulin itu yang membikin Anda cepat merasa kenyang. Melengkapi menu makanan dengan daun bayam duri berarti menambah kelengkapan diet Anda untuk menurunkan badan.

2. Untuk daya penglihatan

Daun tanaman herbal ini punya kandungan lutein yang berfungsi untuk membuat daya penglihatan semakin baik. Buatlah seduhan teh dengan daun bayam duri sebagai pengganti bubuk teh.

3. Pencernaan lebih baik

 Jumlah serat dan asam amino yang tinggi pada daun bayam duri ini sangat berguna untuk membuat proses pencernaan.

4. Mencegah terjadinya kebotakan

Asam amino yang khusus pada herbal ini berguna sekali untuk mencegah rontoknya rambut Anda. Sebelum mandi daun bayam duri ditumbuk halus dulu untuk digunakan seperti kita sedang memakai shampoo. Dengan begitu kita akan terhindar dari kebotakan. Sekaligus mencegah tumbuhnya uban.


5. Membantu pertumbuhan tulang

Tanaman ini sangat spesial sebagai sayuran yang paling banyak mengandung kalsium. Ini bermanfaat untuk mengembangkan pertumbuhan tulang.

6. Menetralkan bisa gigitan ular

Daun bayam duri dibuat jus untuk diminum oleh orang yang digigit ular. Ini  bisa sebagai pertolongan pertama karena jus tadi bertugas untuk menetralkan bisa ular.

7. Untuk ibu hamil

Rebusan daun bayam duri membantu ibu hamil untuk mencegah kemungkinan terjadinya keguguran.

8. Melancarkan buang air kecil

Daun bayam yang digulai akan menghilangkan rasa sakit ketika buang air kecil karena daun ini bekerja memaksimalkan kerja ginjal

9. Mencegah keluhan saat menstruasi

 Meminum air perasan daun bayam duri yang ditumbuk halus bermanfaar untuk rnencegah muntah dan menstruasi yang berlebihan.

10. Menetralkan racun gigitan kalajengking

Oleskan daun bayam duri yang sudah dilumatkan pada bekas gigitan kalajengking, maka efek racun akan hilang.


Masih banyak manfaat yang bisa diperoleh dari tanaman liar ini. Daun bayam duri ini jika ditumbuk halus dan tumbukannya dioleskan pada otot otot yang kaku niscaya sembuh. Akan membantu untuk mengeluarkan nanah jika dioleskan pada bisul.

Sebagai tambahan, selain daun, bagian lain dari tumbuhan bayam duri ini juga dapat digunakan sebagai obat. 

Akarnya ditumbuk halus, diperas, akan berguna untuk mengatasi masalah demam.

Bayam duri adalah tumbuhan penuh keistimewaan. Kandungan lisun dan asam amino pada herbal ini jauh lebih tinggi daripada tumbuhan lainnya.Salah satu fungsi lisin yaitu adalah membuat rambut tumbuh lebih kokoh di kepala. 

Juga ketersediaan kalsium pada bayam duri. Kadar kalsium pada susu hanya setengah dari kadar kalsium pada daun bayam ini. Itu juga yang menjadi salah satu penyebab kenapa daun sayuran ini sangat besar manfaatnya untuk kesehatan Anda.

Demikianlah ulasan tentang khasiat daun bayam duri, tumbuhan yang sering dianggap sebagai gulma ini. Tumbuhan yang ternyata memiliki banyak manfaat. Mudah didapat. Tidak memerlukan biaya tinggi untuk mengolahnya menjadi obat herbal. Untuk mengobati, meringankan gangguan kesehatan, mencegah beberapa kemungkinan negatif dalam tubuh dan membuat tubuh lebih sehat dan bugar.

Semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel