15 Khasiat Daun Turi Bagi Kesehatan

Turi adalah adalah sejenis tumbuhan yang tinggi batangnya bisa mencapai 5 meter atau lebih. Tanaman ini tidak istimewa dalam hal penampilan. Namun turi sering ditemukan tumbuh di halaman halaman rumah. Pohon dengan daunnya ini biasanya hanya dimanfaatkan sebagai peneduh, walaupun sebenarnya khasiat daun turi bagi kesehatan sangat banyak.

Turi berbunga sepanjang masa, tak kenal musim. Jadi tidak susah untuk membeli bunga turi karena selalu ada ditemukan di pasar. Harganyapun murah. Bunga dan daun turi biasanya dicari oleh para ibu untuk mereka buat sebagai pelengkap pada masakan pecal. Atau untuk sekedar lalapan. Juga untuk pelengkap urap.

Telah kita sebut di atas bahwa daun turi sebenarnya punya segudang khasiat untuk manusia. Beberapa khasiat daun turi bagi kesehatan dimaksud contohnya adalah sebagai obat untuk menurunkan suhu badan di kala demam, mengurangi keluhan pencernaan, menyembuhkan tukak lambung bahkan bisa menyembuhkan stress atau depresi. 

Daun-turi

Masih banyak masalah lain yang bisa disembuhkan berkat sejumlah khasiat daun turi bagi kesehatan ini, yang sebaiknya kita ulas saja satu per satu seperti tercantum di bawah ini.

1. Menjaga Kekebalan Tubuh 

Manfaat utama dari daun turi adalah menambah kekebalan pada tubuh. Terutama saat ada wabah yang diakibatkan oleh virus. Daun jati banyak mengandung selenium, itu adalah salah satu bahan utama untuk memelihara kekebalan pada tubuh manusia.

2.Menambah ASI untuk ibu yang baru melahirkan

Caranya sang ibu meminum air rebusan daun jati dan ketersediaan ASI untuk bayi akan terpenuhi berkat kadar vitamin A dan jumlah kalsium yang tinggi dari daun turi tersebut. Sekaligus mencegah ibu menyusui dari kemungkinan rambut rontok.

3.Mengobati keputihan

Campurkan kunyit pada daun turi yang sedang Anda tumbuk sampai lumat. Ambil perasan campuran tadi untuk diminum. Itu bermanfaat untuk mencegah keputihan.

4. Mengobati sakit kepala

Tempelkan daun jati yang sudah dilumatkan di dahi penderita maka dengan waktu singkat sakit kepala termasuk migrain akan reda.

5. Radang tenggorokan

Gunakanlah rebusan daun turi, terutama daun turi merah, untuk berkumur kumur. Sakit radang tenggorokan dan sariawan Anda akan hilang dengan cara berkumur rebusan ini 3 atau 4 kali setiap hari.

6. Batu ginjal

Daun turi dapat mencegah Anda dari kemungjinan menderita batu ginjal apabila daun tanaman ini dikonsumsi secara rutin.

7. Penawat racun 

Daun jati itu penawar racun yang ampuh. Tambahkan daun turi sebagai sayuran di makananmu. Zat zat beracun yang mungkin terdapat pada makanan akan sirna sifat beracunnya berkat daun turi itu.

8. Menormalkan darah menggumpal

Oleskan saja daun turi yang sudah ditumbuk halus pada bagian kulit yang biru karena darahnya menggumpal, mungkin tadi telah kejedot di pintu atau pingggiran meja, maka warna darah membiru bekas kejedot itu akan normal kembali. Gunakan juga pada kuku Anda yang hitam membengkak akibat tak sengaja menabrak benda keras. 


Dosis zat besi yang tinggi pada daun turi berperan menanggulangi aliran oksigen yang berkurang pada area yang menghitam tadi.

9.Untuk kesehatan tulang

Terutama pada orang berusia lanjut, daun turi sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan radang sendi. Minumlah air rebusan daun ini secara teratur.

10. Mengobati luka bekas terbakar

Perbanyak saja mengonsumsi daun turi saat sedang menderita luka bakar. Caranya buat sebagai lalapan. Luka bakarmu pasti lebih cepat sembuhnya.

11.Kulit kaki yang retak retak 

Haluskan daun jati besama kunyit dan borehkan pada kulit di tumit yang retak. Atau di bagian mana saja retak itu berada. Sembuh.

12. Mengobati batuk

Air jeruk lemon dan madu ditambahkan pada daun turi yang sudah dilumatkan, diminum untuk meringankan batuk.

13.Mencegah pikun

Kandungan vitamin B1 yang tinggi pada daun jati dapat mencegah penyakit pikun jika dikonsumsi secara teratur.

14. Meringankan masalah pada otot

Seperti masalah kelelahan dan mati rasa. Masalah ini diakibatkan oleh kurangnya zat fosfor dalam tubuh. Fosfor yang ada pada daun turi bisa diandalkan sebagai suplemen untuk mengatasinya. Fosfor ini juga akan meringankan masalah impotensi Anda. Atau frigiditas pada wanita.

15. Menjaga kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah

Tingginya kadar vitamin C pada herbal memberi dampak yang vital untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Meminimalisir terjadinya pengerasan pada pembuluh darah. Itu berarti Anda terhindar dari penyakit darah tinggi.


Demikianlah serangkaian kegunaan tentang khasiat daun turi untuk kesehatan ini, untuk menambah informasi. Semoga kita dapat memilah dan mengambil manfaat positif untuk meningkatkan kwalitas hidup.

Ada satu saran penting tentang penggunaan obat herbal yang satu ini. Daun turi ini bermanfaat untuk obat biologis pada manusia. Juga meringankan masalah fisiologis. Ini bisa terjadi karena pada prinsipnya daun turi akan bereaksi untuk melancarkan peredaran darah ke setiap bagian dalam tubuh. Dan membersihkannya.


Namun segera hentikanlah penggunaan daun ini jika Anda merasa tidak memberi dampak positif pada penyakit atau keluhan yang Anda derita. Penelitian mengatakan daun turi memberi dampak negatif jika terus menerus dikonsumsi. Dengan kata lain manfaatkan daun turi untuk kesehatan secukupnya saja. Hentikan jika penyakit Anda sudah sembuh. Hentikan juga jika setelah sekian kali dipakai ternyata tidak sembuh.

Daun tumbuhan ini bisa membuat Anda diare apabila pemakaiannya berlebihan. Juga efek negatif pada darah sekaligus kulit Anda.

Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel