18 Manfaat Daun Binahong Merah Untuk Kesehatan

 Binahong merah yang biasa disebut juga sebagai bayam malabar ini sebenarnya tidak ada hubungannya dengan sayuran bayam yang biasa kita kenal. Bayam binahong merah yang tumbuhnya bisa merambat dan melilit ini, tidak seperti bayam yang biasa kita tanam. Dapat dimakan dengan direbus atau dikukus. Mungkin saja banyak orang tidak suka dengan daun binahong merah karena kandungan lendir atau gel-nya yang banyak, dan rasanya yang agak pahit. Namun sesungguhnya banyak sekali manfaat daun binahong merah untuk kesehatan. 

Jadi sungguh sayang jika kita mengabaikan manfaat tumbuhan herbal yang satu ini.

daun-binahong

Beberapa manfaat daun binahong merah di bawah ini akan kita ulas, semoga dapat menambah pengetahuan kita tentang pentingnya daun binahong merah ini untuk menambah kualitas hidup kita.

1. Mencegah penyakit

Ini manfaat terutama dari daun binahong merah. Daun tanaman ini dapat diandalkan untuk meningkatkan stamina dari kemungkinan terserang penyakit. Jumlah persentase vitamin C sangat tinggi pada tumbuhan ini. Perlindungan tubuh agar terhindar dari penyakit bisa dihambat dengan mengkonsumsi daun binahong ini. Untuk penggunaa sebagai obat herbal bisa dimakan dalam bentuk sayuran atau direbus.

2. Mencegah stress atau depresi

Daun tumbuhan ini memiliki folat yang berfungsi membantu memulihkan stress. Meringankan tingkat kecemasan dan membuat suasana hati lebih relaks.

3. Melancarkan pencernaan

Gel atau lendir yang terdapat pada daun binahong merah mengandung banyak serat alami. Gel ini sangat berkhasiat untuk mencegah masalah yang mungkin terjadi pada usus. Juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Daun binahong merah juga mampu menekan jumlah kolesterol dalam tubuh. Berkaitan dengan pencernaan, daun ini juga bisa mencegah kanker pada rongga mulut.

4. Membantu menurunkan berat badan

Daun binahong merah sangat rendah kalori. Juga rendah lemak. Keduanya ini sangat berperan untuk menurunkan berat badan. Karena meski rendah kalori dan lemak, ketersediaan vitamin dan mineral serta antioksidan pada binahong merah tetap tersedia dalam jumlah cukup.

5. Mencegah kanker

Vitamin A dan flavonoid pada daun binahong  merah diketahui mampu memberi perlindungan dari kemungkinan kanker pada paru paru.

6. Menangkal radikal bebas

Vitamin C pada daun bayam binahong ini jauh lebih tinggi, melampaui jumlah yang ada pada daun bayam biasa. Vitamin C adalah bahan anti oksidan yang salah satu fungsinya adalah mencegah infeksi dan mencegah radikal bebas.

7. Merangsang pertumbuhan DNA

Vitamin B kompleks adalah senyawa penting untuk produksi pertumbuhan DNA. Vitamin B sebagai pendukung utama DNA banyak terkandung pada daun binahong merah ini.

Baca juga : Memanfaatkan 10 Khasiat Daun Bayam Duri Untuk Kesehatan

8. Menambah darah

Zat besi adalah bahan utama untuk meningkatkan sel sel darah merah. Juga untuk metabolisme sel.

9.Mengontrol tekanan darah

Daun binahong merah menambah darah berkat jumlah zat besi yang tinggi. Namun selain itu daun binahong ini juga mengandung jumlah kalium yang tinggi. Seperti kita ketahui kalium adalah elemen yang bertugas untuk menontrol tekanan darah. Juga untuk mengontrol detak jantung.

10. Membantu penderita diabetes

Serat yang tinggi pada daun binahong amat berfungsi untuk mengontrol naiknya kadar glokusa dalam darah. Itu artinya daun binahong merah berkhasiat mencegah diabetes. Atau membantu meringankan risiko yang dihadapi orang yang telah menderita diabetes.

11. Menurunkan kolesterol

LDL atau lemak jahat pada tubuh dapat dicegah oleh kandungan serat yang tinggi pada daun binahong tadi. Jumlah lemak jahat akan diikat dan hasilnya aliran darah lancar ke jantung hingga resiko penyakit jantung akibat kolesterol dapat dicegah.

12. Mencegah cacat janin

Daun ini sangat membantu untuk membendung kemungkinan terjadinya cacat bayi dalam kandungan. Tetutama kelainan pada sistem syarafnya.

Baca juga : Prioritaskan 12 Sayuran Untuk Pelancar ASI ini

13. Memulihkan tenaga

Makan daun binahong merah mampu menambah kualitas tidur menjadi lebih nyenyak dan nyaman. Itu terjadi karena kadar seng dan magnesium yang terdapat pada daun herbal ini. Tidur nyenyak membuat otot otot tubuh akan istrahat. Dan magnesium pada daun binahong ini yang akan membantu pemulihan energi.

14. Menjaga kesehatan tulang

Dua unsur penting untuk kesehatan tulang yaitu magnesium dan kalsium lengkap terdapat pada daun binahong merah.

15. Mencegah penuaan

Antioksidan yang ada pada daun binahong mencegah kemungkinan penuaan dini pada manusia. Kulit tetap terjaga dalam keadaan prima.

16. Obat luka bakar

Selain bersifat menenangkan dan mengendorkan syaraf akibat rasa sakit, daun binahong merah sangat efektif jika digunakan sebagai penyembuh luka bakar. Telah dibuktikan secara ilmiah bahwa ektrak daun binahong yang betupa gel atau lendir itu sangat aktif untuk pemulihan luka bakar. Juga mampu untuk mencegah penyebaran kulit yang rusak di sekitar luka bakar tersebut. Jadi percayakanlah daun binahong sebagai obat luka bakar.

Baca juga : Memahami 15 Khasiat Daun Turi Bagi Kesehatan

17. Untuk kesehatan mata

Kerusakan jaringan pada retina mata. Vitamin A, vitamin C, beta-karoten, itu semua adalah anti-oksidan dan terdapat pada daun binahong merah.    Dan semuanya bermanfaat untuk melindungi mata dari efek negatif radikal bebas.

18. Mencegah kebodohan

Unsur folat yang terdapat pada daun binahong ini berkhasiat meningkatkan aktifitas mental yang buruk dan mengurangi efek homosisten. Kekurangan asam folat dan kadar homosisten inilah yang bisa ditanggulangi oleh daun binahong ini.

Banyak sekali keuntungan lain dari daun binahong untuk kesehatan manusia. Seperti mengobati sariawan, mencegah malnutrisi pada anak, menyembuhkan maag, menambah kadar testosteron pada pria serta sebagai obat pencahar untuk ibu hamil.

Jadi sayang sekali jika herbal ini tidak kita optimalkan keberadaannya untuk diambil manfaatnya. Salah satu caranya adalah dengan menanamnya. 

Binahong gampang ditanam dan tumbuh dengan mudah. Tumbuh subur pada cuaca tropis. Pada daerah yang dingin atau jika ditanam di tempat teduh tanaman ini cenderung merambat dan rasa daunnya lebih pahit. 

Bisa ditanam dengan stek atau biji. Mudah tumbuh dan dirawat sebagaimana perlakuan kita terhadap tanaman hias. Mengenai khasiatnya, tanaman binahong berdaun merah atau binahong dengan daun hijau tidak ada perbedaannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel