10 Obat Herbal Untuk Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi

Adalah kodrat seorang wanita untuk mengalami menstruasi dalam setiap periode tertentu. Sebelum dan sesudah menstruasi biasanya mereka akan merasakan rada sakit atau nyeri yang mengganggu seperti sakit kepala, susah tidur, radang pada organ kelamin dan sebagainya. 

Walaupun masalah ini sembuh sendiri seiring proses menstruasi itu usai namun hal ini sangat tidak menyenangkan dan sering menyebabkan depresi.

Banyak obat obatan di pasaran yang dapat dibeli untuk mengatasinya. Namun di bawah ini ada beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan semua gangguan rasa nyeri saat menstruasi itu.

10-Obat-Herbal-Untuk-Mengatasi-Nyeri-Saat-Menstruasi

Baik sekali untuk dicoba, tanpa efek samping karena tidak mengandung bahan kimia. Selain itu mudah didapat tanpa perlu biaya yang mahal.

1. Jahe

Sangat berguna untuk mengatasi rasa nyeri, apalagi untuk wanita dalam masa menopause. Gunakan sepotong jahe untuk direbus dengan satu gelas air. Menjelang rebusan itu mendidih masukkan gula secukupnya. Minumlah dua kali sehari setiap selesai makan dan jadikan sebagai rutinitas menjelang dan saat menstruasi.

2. Kayu Manis

Gunakanlah kayu manis yang sudah dihaluskan sebagai pengganti bubuk teh untuk minuman Anda. Juga gunakan madu untuk pengganti gula. Efektif sekali meredam rasa nyeri jika Anda minum dua hari sebelum sampai dua hari di masa menstruasi Anda.

3. Teh

Tapi menggunakan madu sebagai pengganti gula putih. Dua kali sehari, baik saat datang bulan maupun saat bulan tidak datang.

4.Wijen

Tumbuk atau haluskan segenggam wijen sampai berupa tepung untuk kemudian dicampur dengan air yang sedang mendidih. Bahan herbal inii juga diminum dua kali sehari pada saat yang sama seperti jika Anda menggunakan ramuan jahe tadi. Obat ini sangat baik untuk menghilangkan terjadinya kram saat menstruadi pada wanita usia muda.

Wijen yang sudah ditumbuk ini juga dapat dimanfaatkan dengan cara berbeda. Siapkan air hangat dengan panas yang sesuai untuk Anda pakai mandi. Campurkan segenggam bubuk wijen ini ke dalam air hangat tadi dan pakailah untuk Anda mandi. Mandilah dengan cara begitu, dua hari sebelum saat rutinitas haid Anda tiba. Ini sangat berhasil untuk mencegah nyeri yang sering terjadi.

5. Pepaya

Anda kaum wanita akan sangat tertolong jika secara teratur makan pepaya matang. Pepaya mampu melemaskan otot otot saluran genital Anda. Jadi proses menstruasi Anda akan lebih lancar. Jadi akan mengurangi rasa sakit dan nyeri.

6. Sayuran hijau

Sayuran hijau dilengkapi oleh kalsium dalam jumlah besar. Juga magnesium. Selain membuat tidur Anda lebih nyenyak, kalsium dan magnesium sangat dibutuhkan untuk menyehatkan otot otot rahim.

7. Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri. Pada wanita tertentu bshkan rasa nyeri itu bisa hilang sama sekali.
Caranya adalah gel aloe vera dicampur dengan bubuk lada hitam. Bubuhi garam secukupnya dan dikonsumsi selama masa haid berlangsung. Hentikan jika rasa nyeri telah hilang.

8. Buah pisang

Kandungan vitamin B6 dan mineral besi yang terdapat pada pisang bekerja untuk mengatur kadar gula dalam darah, mengatur tekanan darah dan mencegah anemia. Juga kalium yang ada pada pisang bertugas menghilangkan resiko atau masalah kardiovaskuler.

Konsumsilah paling banyak tiga buah pisang yang matang. Dimulai empat hari sebelum tiba masa itu sampai saat haid Anda tengah berlangsung.

9. Jus wortel

Alangkah baiknya jika setiap wanita memakan wortel satu atau dua buah setiap hari. Wortel bisa membuat seorang wanita tak mendapat masalah apa apa saat menghadapi haid. Atau dibuat jus dan diminum 2 kali sehari. Rutin. Datang bulan takkan mendatangkan masalah.

10. Jus daun sereh

Ini alternatif terakhir. Tapi tidak semua wanita suka dengan jus ini. Pria yang takkan pernah haid juga mungkin tidak suka.

Selain bahan herbal yang kita sebut di atas tadi, aktivitas olahraga juga punya peran vital. Tidak harus olahraga berat tetapi berjalan ringan pada jarak jarak sedang, atau melakukan pekerjaan sehari hari yang tidak membutuhkan terlalu banyak tenaga. Gunanya agar jantung berfungsi maksimal untuk menyalurkan darah ke sekujur tubuh. Saat itu pula maka endorhins akan bekerja seiring dengan kerja suatu yang disebut prostaglandin. 

Prostaglandin berperan untuk membantu proses kontraksi dan menghentikan luka pendarahan. Endorhins sendiri adalah zat yang berfungsi untuk memuat otot rahim berada dalam kondisi stabil.

Jika endorhins ini aktif maka sakit perut saat menstruasi dapat dicegah berkat kondisi tubuh yang berada dalam keseimbangan itu.

Nyeri saat haid juga bisa dikurangi dengan cara menggosok perut dengan botol berisi air hangat.

Bagi penyuka kopi sebaiknya untuk puasa minum kopi dua minggu sebelum masa menstruasi. Kafein yang terkandung dalam kopi itu meningkatkan tekanan darah, termasuk tekanan pada pembuluh darah di otot rahim. Jadi kopi bisa menambah rasa nyeri di kala Anda haid.

Terakhir adalah air minum yang cukup. 

Rasa nyeri dan sakit saat Anda haid sebenarnya adalah masalah ketidak cukupan cairan. Tentu saja karena Anda baru saja mengeluarkan banyak cairan. Minumlah air lebih banyak dari hari hari biasa Anda. Lakukanlah.


Hal ini yang sering disepelekan apalagi bagi Anda kaum wanita yang tidak pernah membiasakan diri melakukannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel