10 Obat Herbal Untuk Asma Berikut Cara Pengolahannya

Seseorang disebut menderita asma jika telah menderita kesulitan bernafas dalam periode yang lama. Penyakit yang disebabkan oleh alergi ini mengganggu sistem kekebalan tubuh, terutama pada paru paru. Akibatnya sistem saluran udara terganggu. Itulah yang membuat Anda menderita kesulitan untuk bernafas.

Untuk menangani penyakit asma ini, ahli medis atau dokter akan memberi Anda obat oral seperti inhaler, juga obat yang berkaitan dengan anti inflamasi.

Berhubung nenek moyang kita juga memiliki pengetahuan tentang pengobatan penyakit dengan bahan alami atau herbal, maka baik sekali jika kita mrngetahui beberapa obat herbal tersebut. Selain bahannya mudah didapat, harganyapun tentu tidak mahal. Serta pengolahannya tidak rumit.

Beberapa obat herbal untuk asma beserta pengolahannya adalah seperti tersebut di bawah ini.

herbal-untuk-asma


.1. Bawang putih dan madu

Caranya dengan merebus 6 butir bawang putih ukuran sedang yang sudah dipotong potong, bukan diiris, jika ukurannya lebuh besar pakai 5 butir saja. Gunakan segelas air untuk merebusnya.Setelah 5 menit matikan api dan tunggu agar panasnya berkurang. Kemudian tambahkan  madu 1sdm. Bahan ini diminum dua kali dalam sehari.

2. Bawang merah

Lumatkan bawang merah mentah sampai halus. Walau terasa sulit, makanlah bawang merah yang masih mentah itu. Sangat besar khasiat bawang merah untuk melegakan saluran udara di tubuh Anda.

3. Jahe, buah delima, biji wijen dan madu

Haluskan jahe bersama buah delima. Beri 1 sdm madu. Diminum dua atau tiga kali dalam sehari. Bisa juga dengan bahan bubuk jahe 2 sdt, madu 2 sdt dan 4 sdt biji wijen. Ramuan ini diinapkan dulu satu malam sebelum diminum. Ramuan ini ampuh untuk menghilangkan racun yang ada pada paru paru.

4. Sawi dan kapur barus

Rendam daun sawi secukupnya. Jangan lupa untuk memasukkan kapur barus, sebaiknya Anda haluskan dulu. Ini untuk obat oles pada sekujur dada Anda. Cobalah ramuan ini, semoga memberi faedah. Dan jika Anda sedang tidak sempat menggunakan ramuan yang ini, untuk perawatan dan menghangatkan badan cobalah hangatkan minyak kelapa sebentar dan pakai sebagai obat urut pada dada. Tentu saja diurutnya dengan perlahan atau lembut.

5. Buah tin 

Rendam dahulu beberapa buah tin kering dengan air yang sudah matang. Saat Anda bangun pagi dan belum makan apa apa maka makan  langsung rendaman buah tin ini. Minum dan habiskan  juga air rendamannya. Lakukanlah terus dan dalam dua sampai tiga minggu akan memberi hasil. Percayalah.

6. Minyak kayu putih

 Minyak kayu putih atau minyak eucalyptus juga sering dipakai untuk meringankan keluhan penderita asma. Minyak ini mampu melegakan pernafasan serta melonggarkan dada yang terasa sesak. Anda bisa menyiapkan sebuah wadah, contohnya mangkok atau baskom kecil, untuk diisi sedikit air panas. Teteskan minyak kayu putih pada air panas tersebut, aduk sedikit. Atur agar wajah Anda tepat di atas mangkok atau baskom itu. Selanjutnya usahakan uap  yang ke luar dari air tersebut terhirup oleh Anda saat menarik nafas. Tahan beberapa saat uap itu di dada. Lepas dan saat Anda mengeluarkan nafas maka hidung yang tersumbat menjadi lega.

7.Madu

Satu sdt madu Anda masukkan pada segelas air panas. Gunakan cara yang sama seperti pada penggunaan minyak angin tadi. 

Baca juga : Tips Spesial Menghilangkan Jerawat dengan Menggunakan Madu

Juga bisa memakai bahan 2 sdt madu tambah 1 sdt bubuk kayu manis, tetap menggunakan air yang panas. Cara ini lebih dianjurkan untuk Anda gunakan menjelang tidur.

8. Jeruk lemon

Pakailah perasan jeruk lemon yang sudah dicampur air, diberi gula secukupnya, jangan lupa tambah garam dan madu. Untuk beberapa minggu penggunaan, minumlah sekali setiap hari.

9. Buah malaka

Buah malaka rasanya masam dan pahit. Itu tidak apa, karena Anda perlu khasiatnya. Dan buah banyak nutrisi yang mirip cermei ini harus Anda haluskan dulu dan campurkan dengan madu secukupnya. Minumlah setiap hari.

10. Minyak zaitun

Siapkan susu panas dan masukkan minyak zaitun ini secukupnya. Masukkan juga madu sebanyak minyak zaitun tadi, baru tambahkan bawang putih, paling banyak tiga siung. Ramuan ini juga sangat terbukti ampuh mengatadi asma. Diminum pagi hari sebelum Anda makan yang lain.

Daun peterseli

Sebenarnya daun peterselli itu untuk mengobati batuk. Tapi jika batuk Anda sembuh, tenggorokan lega karena bersih, maka asma juga kemudian akan sembuh. Biasakanlah memakai daun peterselli ini sebagai pengganti bubuk teh Anda. Madu sebagai pengganti gulanya. Minumlah sebagai minuman sehari-hari Anda.

Baca juga : Begini 8 Faedah Luar Biasa yang diperoleh jika Setiap hari makan Pisang

Telah diketahui penyebab asma adalah alergi. Tidak setiap penderita alergi pada benda yang sama, namun pada umumnya benda  penyebab alergi itu adalah debu akibat pencemaran udara, asap rokok, harum atau wewangian yang terhirup baik dari lotion atau parfum lainnya serta akibat bulu hewan yang dipelihara.

Penyebab alergi dari makanan umpamanya kacang tanah, ikan, telur dan kerang.

Baca juga : 7 Cara Mengolah Daun Ciplukan Menjadi Obat Herbal Yang Ampuh Dan Aman

Satu lagi penyebabnya adalah akibat infeksi pada paru paru yang telah terjadi dari usia anak anak.

Semoga 10 obat herbal dan cara penggunaannya ini bermanfaat.

Salam sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel