12 Sayuran Untuk Pelancar ASI

Adalah wajib bagi seorang ibu muda yang baru pertama melahirkan untuk menyadari bahwa nutrisi terbaik bagi bayinya adalah ASI. Tidak ada alternatif lain kecuali ASI. Jadi saat Anda dalam masa kehamilan perhatikanlah segala jenis makanan Anda. Karena ketersediaan ASI buat bayi Anda nanti tergantung dari apa yang Anda makan pada masa kehamilan dan setelah melahirkan. Namun jika ternyata Anda harus menghadapi kenyataan bahwa ketersediaan ASI dari Anda hanya sedikit atau bahkan tidak ada maka salah satu solusi untuk mengatasinya adalah mengkonsumsi sayuran untuk pelancar ASI.

Jenis jenis sayuran untuk pelancar ASI yang tercantum di bawah ini diharapkan dapat mengatasi masalah yang Anda hadapi agar ketersediaan ASI sebagai nutrisi terbaik buat bayi Anda dapat terpenuhi. Seperti yang kita ketahui makanan terbaik buat seorang bayi yang baru lahir hingga berusia 6 bulan adalah ASI.

Jenis jenis sayuran pelancar ASI yang diharapkan dapat mengatasi masalah ketersediaan ASI ini adalah seperti tercantum berikut ini.

Ibu-menyusui  
1. Pepaya mentah
Selain pepaya matang memang lebih enak untuk disantap sebagai buah segar, masyarakat kita hanya menggunakan pepaya mentah sebagai salah satu menu untuk sayuran.

Kenapa pepaya mentah disarankan untuk konsumsi ibu menyusui, penyebabnya adalah enzim dan segala mineral yang terkandung pada pepaya lebih terkonsentrasi saat buah ini masih mentah. Ada satu hal penting yang mesti diwaspadai oleh para ibu menyusui tentang pepaya mentah ini. Yaitu segera hentikanlah penggunaannya jika ternyata Anda alergi pada buah mentah ini. 

Konsumsilah buah ini pada jumlah yang sesuai untuk tubuh. Sebab jika berlebihan ini cenderung membuat alergi. Gejala alergi biasanya berupa rasa gatal pada kulit, pembengkakan pada bibir dan diare.

2. Bayam
Selain sayuran ini berfungsi mencegah kanker payudara, bayam juga menyembuhkan anemia pada ibu yang baru melahirkan. Jadi menyehatkan buat ibu sekaligus bayinya.

3. Wortel
Penggunaan wortel mentah untuk ibu menyusui sama fungsinya jika dimakan setelah direbus ataupun dikukus. Bisa juga Anda membuatnya sebagai minuman jus.

Wortel banyak mengandung vitamin A, itu berguna untuk meningkatkan kesehatan ASI.

4. Asparagus
Sayuran jenus rebung ini kaya dengan nutrusi dan vitamin A serta vitamin K. Sayuran ini sangat dianjurkani karena dapat merangsang hormon hormon yang yang diperlukan oleh ibu menyusui.

5. Kemangi
Sayuran untuk lalapan. Mengandung anti oksidan untuk meningkatkan kekebalan tubuh bayi yang menyusui. Jadi selain membantu meningkatkan stamina ibu, sebenarnya kemangi juga saat berguna kala si ibu masih dalam masa kehamilan. Stamina yang baik saat hamil tentu akan melahirkan bayi yang sehat.

6. Labu botol
Walau sayuran labu ini tidak umum sebagai pelengkap menu sayuran pada masyarakat kita, tumbuhan yang satu ini juga sangat penting.  Berguna untuk menormalkan kadar gula darah pada ibu menyusui selepas masa bersalin dan akhirnya tentu saja menyehatkan ASI.

7. Buah kelor
Sayur buah kelor belum umum dipakai sebagai menu sehari hari dalam rumahtangga. Tetapi buah yang disebut juga dengan nama klentang ini sangat berguna. Apalagi untuk ibu yang menyusukan bayi. Staminanya yang berkurang pasca melahirkan akan terbantu. Karena sayuran ini berperan vital untuk perbaikan gizi yang buruk.

8. Kacang almond
Omega-3 pada sayuran kacang ini berfungsi untuk menaikkan jumlah hormon dalam proses produksi ASI pada ibu yang menyusui. Hasilnya ketersediaan ASI yang cukup untuk bayi lebih terjamin

9. Lobak
Sayuran umbi ini memang punya aroma yang membuat rasa kurang nyaman. Namun khasiat sayuran dengan rasa pedas ini sangat bagus untuk menambah produksi ASI ibu menyusui. Bagi ibu yang mengkonsumsinya, dianjurkan untuk menelan sejumput gula untuk menghilangkan efek pedasnya.

10. Mentimun
Serat yang tinggi pada sayuran buah ini berguna untuk melancarkan ibu dalam hal buang air besar. Diuretik pada mentimun juga bermanfaat menetralkan racun dalam tubuh ibu yang menyusui sehingga kesehatan bayiblebih terjamin. Ada vitamin B pada sayuran buah ini, gunanya untuk mengurangi kecemasan pada ibu yang menyusui.

11. Labu siam
Seorang ibu yang sedang menyusui bayi sangat memerlukan asam folat.
Asam folat berperan besar dalam proses terbentuknya produksi ASI. ASI yang dihasilkan akan mengandung sel hemoglobin yang berguna dalam pembentukan sel sel jaringan si bayi.

12. Katuk
Katuk adalah jenis sayuran daun terpopuler sebagai bahan pelancar ASI. Daun katuk punya persentasi kemampuan paling tinggi dalam hal meningkatkan produksi ASI. Yaitu hingga 50% lebih. Steroid dan polifenol yang dimiliki katuk adalah bahan untuk meningkatkan prolaktin. Prolakti itu sendiri adalah hormon yang akan meningkatkan jumlah ASI. Sekaligus sebagai  pelancar ASI. Sedang mineral pada daunnya berfungsi sebagai penambah stamina dan daya tahan ibu menyusui.

Penting untuk disadari bahwa ibu menyusui membutuhkan lebih banyak suplai makanan. Lebih banyak dan lebih berkualitas. Makanan yang banyak mengandung vitamin, mineral dan serat.Itu untuk mengganti energi selama masa kehamilan serta untuk mendukung produksi ASI untuk buah hatinya. Jika makanan tersebut terpenuhi maka sebenarnya kecukupan ASI untuk bayi menyusui akan lebih terjamin.

Semoga tulisan ini dapat memberi manfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel