Cara Herbal Murah Mengobati Wasir Serta Pencegahannya

Sangat tersiksa rasanya jika punya penyakit wasir. Tersiksa saat buang air besar. Juga setelah itu. Ada luka goresan pada anus. Bengkak bahkan berdarah. Itu membuat nyeri dan Anda tak bisa duduk dengan nyaman. Jadi kalau boleh memilih, janganlah ada penyakit wasir menimpa kita. Karena selain menyiksa, menyembuhkan wasir secara klinik perlu biaya tinggi.

Namun bagi Anda yang sudah terlanjur, ada banyak cara alami mengobati wasir. Cara yang bisa ditempuh untuk menekan biaya yang mahal tadi. Dengan hasil yang sama, yaitu sembuh.

Tidak sulit untuk menemukan bahan herbal untuk mengobati wasir. Anda juga bisa meramu bahan bahannya untuk langsung dimanfaatkan. Di bawah ini akan kita ulas satu per satu.

wasir

1. Lidah buaya atau aloe vera

Pasti Anda sudah banyak yang tahu tentang tanaman herbal yang satu ini  untuk mengobati wasir. Yaitu tentang cara penggunaannya dengan mengoleskan daging buahnya yang berupa gel itu pada luka atau peradangan yang terjadi akibat wasir itu. Biarkan saja dulu gel aloe vera itu berada di sana selama 1/4 jam atau 15 menit. Aloe vera mengandung zat anti inflamasi. Zat itu yang akan menyembuhkan luka di bokong Anda.

2. Jeruk nipis

Caranya dengan memeras jeruk nipis, ambil airnya untuk Anda campur dengan madu. Perasan jeruk nipis ini mengandung anti oksidan.

3. Rebusan daun jambu klutuk

Anda perlu mengambil daun jambu klutuk dalam jumlah yang agak banyak. Setelah direbus, biarkan hingga panasnya menjadi suam suam kuku. Tuangkan ke dalam wadah yang besar. Atau sebaiknya masukkan saja air rebusan itu ke dalam bak mandi yang kosong. Duduklah sedemikian rupa hingga bokong Anda terendam seluruhnya oleh air rebusan jambu klutuk itu. Cara ini sangat ampuh. Jika rutin melakukan ini dalam beberapa hari maka wasir Anda akan hilang. Jangan lupa dalam setiap harinya Anda melakukan perendaman dua atau tiga kali.

4. Minyak kelapa murni

Minyak kelapa itu selain ampuh menyembuhkan peradangan juga bisa diandalkan untuk mengobati iritasi atau luka di kulit. Termasuk luka yang terdapat di sekeliling anus.

6. Bawang putih

Dilumatkan dan dicampur dengan minyak kelapa. Ramuan ini dioles pada wasir Anda menjelang tudur. Jangan dicuci dulu dan biarkan selama semalam.

Sekedar tambahan, jangan tunda untuk buang hajat 

Namun sebelum semua penanganan ini terpaksa harus dilakukan, yang terpenting adalah menangani wasir saat masih dalan tahap dini. Segeralah sigap jika gejalanya mulai ada. Banyak obat untuk mencegah wasir tahap dini Anda bertambah parah. Di apotik tersedia beberapa merk yang dapat Anda beli. Tanpa perlu resep dari dokter. Harganya mungkin murah, mungkin mahal. Yang jelas, murah atau mahal jangan jadi pertimbangan untuk tidak membelinya karena jika wasir Anda bertambah parah maka biaya yang jauh lebih mahal harus disiapkan untuk mengobatinya. Mungkin harus dioperasi. 

Baca juga : 10 Cara Mengobati Rematik Dengan Rutin Minum Teh

Jadi cegahlah wasir tahap dini Anda itu agar tidak menjadi parah. Walau ada obat medis untuk mengatasinya. Walau ada cara herbal untuk mengobatinya, seperti tulisan yang sedang Anda baca ini.

Cara lain untuk mencegahnya mungkin perlu mengubah gaya hidup atau pola makan. Tidak lagi makan daging dari hewan yang kakinya empat. Menghindari masakan yang menggunakan paprika. Tidak mengkonsumsi sayuran daun singkong dan jika penyakit sudah berlanjut hindari makan kacang panjang atau kacang berpolong. 

Baca juga : 7 Cara Sederhana Dan Mudah Mengolah Daun Ciplukan Menjadi Obat Herbal Yang Ampuh

Sebagai gantinya ke makanan sayuran atau buah buahan, pisang yang mentah tapi direbus atau kalau memang harus pisang mentah harus dibuat jus terlebih dahulu.

Sangat banyak manfaat minum air putih untuk kesehatan. Terutama untuk Anda penderita wasir, air putih sangat berperan membuat tinja menjadi lunak. Jadi Anda pasti terbantu saat buang hajat.

Intinya adalah konsumsi makanan berserat tinggi dan makanan yang banyak mengandung air. 

Tujuannya agar tidak sembelit.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel