Manfaat Daun Adas Dan Cara Mengolahnya

Tanaman adas sebagai salah satu obat herbal andalan telah diketahui sejak lama. Itu disebabkan karena semua bagian dari tanaman rempah ini bermanfaat untuk kesehatan. Ampuh mengobati sakit perut dan usus, mengatasi masalah kandung empedu dan batu ginjal, mengobati batuk serta asma.

Kandungan gizinya juga tinggi. Buahnya kaya dengan protein dan karbohidrat, vitamin dan mineral. Mungkin itu salah satu alasan yang membuat tanaman adas banyak digunakan sebagai bahan utama dalam dunia industri seperti dalam pembuatan obat obatan dan parfum.

Umumnya bagian tanaman yang sering dimanfatkan sebagai obat herball adalah bijinya. Namun khasiat daun adas juga tidak kalah penting.

Di bawah ini kita akan mengulas khusus tentang pemanfaatan daun adas sebagai obat herbal yang mungkin dapat menjadi sebuah pilihan untuk meningkatkan kesehatan kita.

Beberapa manfaat daun adas dan cara pengolahannya adalah:

manfaat-dan-mengolah-daun-adas

1. Mengatasi insomnia

Dengan memasukkan daun adas kering 10 gram pada 150 ml air mendidih, kemudian diminum seperti biasa kita minum teh, manfaatnya sangat ampuh mengatasi insomnia. Dan meredakan stress.

2. Pembersih wajah

Teh daun adas tadi dapat digunakan untuk membilas dan membersihkan wajah.

3. Mencegah obesitas

Didihkan air, ambil sebanyak 200 ml dan tambahkan 15 gram daun adas kering untuk diminum sebelum makan. Buatlah tiga kali karena penggunaannya adalah tiga kali sehari. Minuman ini selain berfungsi sebagai pencahar juga membasmi zat-zat beracun dalam tubuh. Minuman ini berperan untuk mencegah rasa lapar atau menekan nafsu makan. Jadi bagi mereka yang sedang diet dapat memanfaatkan ramuan ini.

4. Menambah daya tahan tubuh

Daun adas yang sudah kering sebanyak 10 gram dimasukan pada 100 ml air yang baru mendidih, dibiiarkan selama 30 menit. Diminum tiga kali sehari. Juga untuk mencegah peradangan.

5. Membuat siuman orang pingsan

Manfaat lain dari daun adas adalah bisa membuat orang pingsan segera siuman atau sadar. Caranya hanya dengan meremas remas daun adas hingga lumat dan menedekatkan lumatan tersebut pada indra penciuman (hidung) orang yang tak sadar diri tersebut.

6. Untuk penyedap masakan

Menggunakan daunnya yang muda dan masih segar, dicampurkan pada masakan. Penjual pecal sering menambahkan daun ini untuk menambah cita rasa.

7. Mengobati penyakit rematik

Daun yang banyak mengandung antioksidan ini dapat dikonsumsi oleh penderita sakit rematik karena mampu mencegah peradangan.

Baca juga :  Begini Tips Menghilangkan Jerawat dengan Menggunakan Madu

Itulah beberapa khasiat dari daun adas, tanaman yang sudah dikenal sejak dulu sebagai tanaman obat andalan. 

Di samping berbagai khasiat daun adas seperti tersebut di atas, harap diingat bahwa adas juga memberi efek samping atau dampak negatif.

Baca juga : Cara Alami Mengobati Kuku Rusak Karena Jamur

Terutama dalam pengunaannya, sebaiknya dimulai dengan dosis rendah, karena padatt takaran dosis berlebih tanaman obat ini dapat memberi efek negatif, yaitu gangguan pada usus atau pencernaan. Pusing dan mual.

Pengunaan adas sangat tidak dianjurkan bagi penderita penyakit ayan. 

Baca juga : Mengenal 10 Obat Alami Letih Lesu Yang Mudah Diolah

Salah satu hal penting lagi dari tanaman ini adalah adas tidak cocok untuk ibu hamil. Adas dapat mengatasi masalah pada perut atau usus dengan mengendorkan otot otot usus. Itu bahaya buat ibu yang sedang mengandung karena dikhawatirkan juga dapat mengurangi kekuatan otot rahim sehingga mengakibatkan keguguran.

Semoga dapat menambah wawasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel