10 Manfaat Daun Anting-anting Untuk Kesehatan

Sebenarnya semua bahagian dari tanaman anting anting bermanfaat untuk digunakan sebagai obat herbal. Namun karena kali ini kita sedang mengulas manfaat daun tumbuhan ini maka fokus utama kita adalah pemanfaatan daunnya.

manfaat-daun-anting-anting

Manfaat daun anting anting.

1. Mengobati luka pada kulit dan luka bakar

Dalam hal ini daun anting anting ditumbuk halus bersama akarnya. Bahan ini diborehkan pada luka dikulit untuk mempercepat kesembuhannya. Kenapa dikatakan begitu, yaitu karena bahan tadi mengandung zat anti bakteri. Bisa membendung tumbuhnya bakteri. Dan jamur. Bukan hanya ampuh untuk mengobati luka atau koreng, tetapi juga berkhasiat untuk eksim dan kudis. Bahan obat tadi jika ditambah dengan kunyit juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat. Khusus untuk luka bakar lebih dahulu daun ini dilumatkan bersama gula pasir. Lumatan ini ditempelkan pada kulit yang kena luka bakar.

2. Menurunkan kadar gula darah

Tanaman anting anting  mengandung zat anti diabetes berkat dua senyawa yaitu polifenol dan steroid yang terdapat padanya. Keduanya sangat efektif untuk menurunkan kadar gula darah.

3. Mengobati mata merah

Getah yang terdapat pada daun tanaman ini bisa dipakai sebagai obat tetes mata. 

 4. Mencegah penyakit kardiovaskuler

Adanya zat metabolit aktif pada tanaman ini membuatnya sebagai bahan ampuh untuk menyehatkan jantung. Yaitu mencegah kerusakan yang mungkin terjadi pada organ vital manusia ini. Artinya itu bisa membuat penggunanya terhindar dari penyakit jantung.

5. Mengatasi gangguan pernafasan.

Daun anting anting mampu mengurangi terjadinya dahak. Dengan membuat jus dari daunnya, selain membendung terjadinya dahak, jus ini sekaligus mengobati batuk. Serta mengatasi gangguan pernafasan yang lain seperti asma. Itu semua bisa terjadi karena adanya kandungan steroid pada daunnya serta flavonoid dan terpenoid yang berperan sebagai analgesik. Dan anti inflamasi.

6. Mengatasi sembelit

Daunnya biasa digunakan sebagai obat pencahar, yang tak lain adalah obat untuk mengatasi sembelit. Sekaligus membasmi parasit parasit lainnya yang terdapat pada usus. Caranya dengan terlebih dahulu merendam daun anting anting. Setelah beberapa jam airnya disaring dan diminum. Perlu diingat bahwa yang diminum hanya sejumlah 2 sdt, tidak lebih. Sebab minum lebi banyak dari 2  sdt bisa membuat muntah.

7. Mengatasi cacingan

Daun ini juga mampu memberantas cacing. Caranya dengan menambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan pada bubuk daun anting anting.

8. Mengobati rematik

Bawang merah dan jeruk nipis dihaluskan bersama daun anting anting. Ramuan ini ditempel pada bagian tubuh yang nyeri karena rematik. Hasilnya penderita akan terhindar dari rasa nyeri.

9. Mengobati disentri

Daun anting anting dihaluskan bersama bawang putih kemudian dicampurkan pada nasi yang akan kita makan. Itu ampuh untuk mengobati disentri atau sakit perut.

10. Mengobati nyeri otot

Lumatkan daun tumbuhan ini dan campur dengan minyak wijen dengan perbandingan jumlah yang sama. Kemudian dipanaskan hingga kandungan air pada daun anting anting habis. Angkat dan tunggu beberapa saat agar panasnya berkurang. Kemudian oleskan pada otot maka rasa sakit dan nyeri otot akan lenyap.

Baca juga : 10 Obat Herbal Paling Bermanfaat Untuk Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi

Selain bisa mengatasi beberapa gangguan atau penyakit, daun tanaman ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan rambut. Mungkin ada  seseorang yang tidak ingin adanya rambut tumbuh pada bagian tertentu pada tubuhnya. Untuk menghilangkannya daun tanaman ini bisa dipakai. Caranya dengan menumbuk daun yang sudah dikeringkan hingga halus. Dicampur dengan air hangat suam suam kuku. Bahan yang sudah halus ini kemudian ditempelkan pada kulit tempat berada rambut rambut tersebut. Ditunggu beberapa saat. Kemudian bahan yang ditempelkan tadi ditarik atau dikupas dari kulit. Dan rambut yang berada pada kulit tadi akan ikut tertarik bersama tempelan daun tersebut.

Demikianlah ulasan tentang manfaat daun anting anting, daun yang walaupun rasanya pahit namun mampu memberi khasiat yang luar biasa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel