10 Cara Mengobati Rematik Dengan Teh

Rematik, walaupun bukan penyakit menular namun sangat menyusahkan. Rasa nyeri yang terasa pada persendian sangat mengganggu kenyamanan beraktivitas. Bahkan jika penyakit yang mengganggu sistem kekebalan pada persendian ini makin parah, maka selanjutnya yang terjadi adalah efek negatif pada organ lain. 

Jadi walaupun bukan penyakit menular namun rematik adalah pemicu timbulnya penyakit baru di dalam tubuh.

Tentang apa sesungguhnya penyebab timbulnya penyakit ini masih simpang siur, namun untuk mengatasinya di bawah ini ada berbagai jenis tanaman herbal yang dapat dimanfaatkan. Semuanya untuk diminum seperti biasa kita sehari hari meminum teh. Hanya bahan untuk bubuk teh-nya yang diganti dengan bahan herbal lain. Berikut ini adalah beberapa jenis herbal yang digunakan sebagai penggantinya.

1. Minuman teh menggunakan jahe

Cara untuk membuatnya hanya dengan merebus irisan jahe hingga mendidih dan airnya diminum sebagaimana Anda minum teh. Meminum jahe secara rutin dan teratur sangat dianjurkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan termasuk mengatasi rematik. Sebagai tambahan jahe juga baik untuk bahan pengoles pada sendi yang bengkak. Caranya dengan menghaluskan rimpangnya, diberi minyak goreng secukupnya, diaduk untuk dioleskan pada persendian yang bengkak tadi.

Khusus tentang penggunaan minuman jahe ini adalah sangat tidak disarankan bagi pengidap rematik tertentu. Yaitu bagi yang sudah menggunakan obat yang mengandung bahan pengencer darah. Karena jahe sendiri adalah pengencer darah. Jadi mereka tidak dianjurkan lagi untik menggunakan teh jahe.

2. Teh hijau

Kerusakan pada tulang rawan adalah penyebab vital terjadinya rematik. Pada teh hijau ada zat yang fungsinya untuk menangkal kerusakan itu. Itu sebabnya mengapa teh hijau dianggap sebagai salah satu minuman teh andalan untuk mengobati rematk.

3. Teh mawar

Anti inflamasi yang terdapat pada mawar sangat membantu pengidap rematik untuk meredam timbulnya peradangan.

4. Teh hitam

Fungsinya juga sama seperti teh mawar. Sebagai anti inflamasi. Hanya saja dianjurkan untuk tidak nengjonsumsinya dalam takaran berlebih. Teh hitam mengandung banyak kafein. Dampaknya adalah mengurangi efektifitas jika dimunum berlebihan.

5. Teh daun jelatang

Daun jelatang mengandung anti oksidan, bermanfaat untuk mengatasi rematik karena fungsinya untuk mencegah kram pada otot yang terjadi akibat peradangan rematik. Juga untuk memperkuat tulang. Dengan kata lain tumbuhan yang bisa membuat gatal ini berguna sebagai pencegah atau penghambat nyeri sendi atau rematik karena kandungannya yang yang aktif sebagai pencegah peradangan. 

daun-jelatang

Seperti teh jahe, teh daun jelatang  juga tidak efektif bagi semua penderita rematik. Bahkan mereka yang bermasalah dengan ginjal atau kandung kemih seharusnya tidak mengkonsumsi teh ini. Juga bagi ibu hamil.

6.Sinaw sinaw atau peperomia pullucida Linn

Ini juga dikenal sebagai obat herbal yang dapat menyembuhkan peradangan, anti rematik atau radang sendi. Cukup dengan merebusnya untuk dibuat sebagai minuman teh.

7. Teh kunyit

Rimpang kunyit ditumbuk halus kemudian digunakan sebagai pengganti bubuk teh pada segelas air panas untuk minuman Anda. Teh kunyit ini berfungsi untuk mencegah peradangan pada sendi. Artinya untuk mencegah terjadinya rematik di tubuh Anda.

8. Teh lobak

Umbi lobak beserta daunnya direbus. Diminum sebagai pengganti minuman teh. Diminum satu atau dua kali sehari dan dikonsumsi secara rutin. Teh berbahan lobak ini sangat membantu menghilangkan rasa nyeri pada sendi karena rematik.

9. Yerba buena

Yang satu ini adalah tanaman asli dari Korea. Juga berperan sebagai pereda nyeri rematik. Air rebusan dari yerba buena ini bisa diandalkan untuk mengatasi rematik.

10. Teh akar manis

Menggunakan akar manis atau licorice sebagai pengganti bubuk teh sangat dianjurkan untuk penderita rematik. Anti inflamasi pada tumbuhan ini sangat berguna untuk mengurangi nyeri akibat rematik.

Baca juga : Ini Beberapa Obat Herbal Untuk Asma Berikut Cara Pengolahannya

Demikian ulasan tentang bahan herbal yang dapat digunakan sebagai minuman sehari hari untuk mengobati rematik menggunakan teh. 

Baca juga : Mempelajari Cara Mengolah Daun Ciplukan Menjadi Obat Herbal Yang Ampuh

Anda bisa pilih salah satu. Usahakan untuk rutin menggunakan salah satu dari bahan tersebut dan minumlah hingga mencapai enam atau tujuh gelas setiap hari. Untuk menjamin agar dalam tubuh Anda tersedia kandungan anti inflamasi yang cukup untuk mengobati rematik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel