Mengobati Kuku Rusak Karena Jamur

Pada umumnya terjadinya jamur pada kuku diawali oleh adanya retakan atau luka pada kulit di mana kuku itu berada. Berhubung retakan atau luka itu sering basah maka infeksipun terjadi. Infeksi itu disebabkan oleh jamur. Kuku mulai menebal dan retak atau pecah pecah. Akibat selanjutnya kuku mulai berubah warna. 

Itu tidak selalu menyakitkan.

Tapi itu tidak nyaman dipandang. Belum lagi aromanya yang membuat orang untuk menjauh.

 Jadi sebelum menular ke kuku lain sebaiknya jamur itu diberantas. Karena sering terjadi penyakit ini susah disembuhkan jika sudah menyebar.

Nah, sebelum menyebar ada baiknya kita simak tentang beberapa penggunaan obat alami yang bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan infeksi kuku karena jamur tersebut.

1. Teh hitam

Cara penggunaannya dengan memasak air satu liter hingga mendidih, kemudian dimasukkan 2 atau 3 bungkus teh hitam. Air rebusan itu efektif untuk melenyapkan jamur pada kuku dengan cara merendam jari kaki atau tangan ke dalamnya. Dilakukan rutin setiap hari sampai sembuh.

2. Minyak pohon teh

Menggunakan minyak pohon teh untuk dioleskankan pada kuku yang rusak jarena jamur. Dioleskan dua kali sehari, cara ini diyakini sebagai salah satu obat ampuh untuk mengatasi infeksi jamur pada kuku.

3. Menggunakan tepung jagung

Pertama tama siapkan dahulu sebuah wadah yang luasnya cukup untuk tempat merendam kaki atau tangan yang teridap jamur. Tuang air panas ke dalamnya serta masukkan juga tepung jagung kemudian diaduk hingga rata. Adukan tepung dbiarkan hingga dingin. Jika sudah, maka adukan dalam wadah itu digunakan sebagai tempat merendam kaki atau tangan yang kukunya rusak karena jamur itu. 

kuku rusak karena jamur

Direndam selama satu jam, biasanya lambat laun jamur akan lenyap.

4. Bawang putih

Lumatkan bawang putih, campur dengan cuka putih secukupnya. Gunakan untuk menempel bagian yang terkena infeksi jamur, biarkan selama setengah jam. Bawang putih mengandung antijamur, jadi bisa dipakai dan bermanfaat.

5. Cuka sari apel

Cuka sari apel dicampur dengan air sebanyak jumlah sari apel tadi. Campuran itu dimasukkan dalam wadah untuk tempat merendam jari kaki atau tangan yang rusak karena jamur selama 15 menit.

6. Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan anti-jamur yang sangat baik untuk mengobati kuku berjamur. Caranya hanya dengan melumuri seluruh kuku yang terinfeksi dengan rata. Jika kita rajin melakukan itu maka dalam dua minggu atau kurang jamur akan menghilang.

7.Lemon

Meneteskan air perasan jeruk lemon pada kuku berjamur setiap kali menjelang tidur sangat bermanfaat untuk menyembuhkan kuku dari pengaruh jamur. 

8. Pasta soda kue

Campurkan soda kue dengan air secukupnya hingga menjadi pasta. Pasta itu dioleskan pada kuku yang berjamur dan ditunggu hingga sekitar 15 menit. Kemudian kaki dicuci bersih dan dikeringkan.

Itulah beberapa obat alami yang dapat kita pakai untuk mengobati kuku rusak karena jamur. 

Baca juga : Tips Ampuh Menghilangkan Jerawat dengan Menggunakan Madu

Selain pengobatan, hal utama yang harus kita perhatikah adalah pencegahan. 

Apalagi pada orang orang tertentu yang rentan mengidap penyakit ini, perlu tindakan pencegahan ekstra. 

Baca juga : Mengusir dengan menggunakan daun kemangi

Orang orang tertentu dimaksud adalah mereka yang sering beraktivitas pada lingkungan di mana jamur bisa hidup atau tumbuh dengan subur. Contohnya mereka yang sering berkunjung ke kolam renang untuk olahraga. Atau mereka yang bekerja pada lingkungan dengan sirkulasi udara yang tidak sehat.

Pengidap diabetes juga rentan terhadap penyakit ini. Karena daya tahannya lemah. Apalagi yang telah melewati usia 65 tahun. 

Adapun pencegahan lainnya untuk mereka yang rentan adalah mencuci tangan sesering mungkin. Juga sesering mungkin untuk mengganti kaus kaki. Khusus kaus kaki, pakailah kaus yang dapat menyerap keringat dengan sepatunya yang tidak kedap udara.

Untuk tindakan pencegahan sehari hari sebelum pergi beraktivitas sebaiknya taburkan soda kue ke dalam alas pada bagian dalam sepatu Anda. Lakukan hal yang sama pada telapak kaki dan kuku sebelum memakai kaus kaki. Itu berguna untuk menghindarkan kelembaban pada pada bagian dalam sepatu. 

Agar jamur tidak bisa tumbuh di sana.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel