10 Obat Alami Letih Lesu Yang Mudah Diolah

Tidur itu penting dan manfaatnya sangat banyak. Untuk mengembalikan stamina tubuh agar kembali fit. Memberi kesempatan pada syaraf untuk istrahat agar mood tetap terjaga dan tidak stress. Agar energi tubuh tetap maksimal sehingga kesehatan secara keseluruhan juga tetap maksimal.

Sayangnya bagi orang tertentu itu tidak berlaku. Ada juga orang yang tetap dalam kondisi kelelahan meski istrahat dan tidurnya cukup. Kondisinya tetap dalam suasana letih lesu, baik mental maupun fisiknya.10-obat-alami-letih-lesuSebenarnya banyak tumbuhan obat yang tersedia di alam yang bisa diandalkan untuk mengatasi kelelahan. Baiklah kita ulas beberapa dari obat herbal itu di bawah ini.

1. Rimpang temulawak

Cara penggunaannya dengan merebus 50 gram rimpang temulawak yang sudah ditumbuk atau dihaluskan dengan air sejumlah 6 gelas. Direbus hingga mendidih sampai airnya tersisa dua gelas. Rebusan ini diminum dua kali, satu jam sebelum makan. Satu gelas sekali minum.

2. Rimpang  kunyit

Caranya dengan menghaluskan 45 gram rimpang kunyit segar. Dimasak dengan air 6 gelas sampai airnya tersisa 3 gelas. Tiga gelas rebusan air kunyit itu untuk tiga kali pakai setiap hari, masing masing satu gelas.

3. Buah takokak

Zat besi yang berguna untuk mengatasi anemia yang membuat buah ini bermanfaat untuk mengatasi letih lesu. Juga mencegah masuk angin dan mengatasi nyeri otot. Nyeri otot karena masuk angin sangat mempengaruhi kondisi stamina seseorang. Cara untuk mengatasi masalah stamina yang letih lesu dengan buah takokak adalah hanya dengan mengukus atau merebus buah takokak secukupnya untuk dimakan setiap hari. Cara ini kelihatannya sepele, tapi khasiatnya sangat berguna untuk menjaga stamina yang kelelahan.

4 .Daun kemangi

Penggunaannya hampir sama dengan buah takokak, tanpa harus dikukus,   dan dimakan setiap hari sebagai lalapan.

5. Kumis kucing

Ambil daun tanaman kumis kucing, hanya daunnya, secukupnya dan direbus hingga mendidih menggunakan air 3 gelas. Biarkan mendidih hingga airnya tinggal satu gelas. Cobalah untuk rutin minum ramuan ini tiga kali seminggu. Tidak lebih. Karena kalau digunakan dengan dosis berlebih, tumbuhan ini memberi efek negatif. Ramuan ini juga tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Mengkonsumsi daun kumis kucing lebih dari dosisnya dapat mengurangi kandungan natrium yang ada dalam tubuh kita.

6. Buah pinang

Buah pinang dapat dimanfaatkan oleh penderita stroke khususnya untuk mengatasi kesulitan bicara karena ototnya lemah. Berkaitan dengan pemulihan kelemahan otot, maka buah pinang juga berkhasiat untuk memulihkan stamina yang letih lesu. Cara penggunaannya untuk mengatasi letih lesu adalah buah pinang dikupas ditambah dengan akarnya, diambil dalam jumlah berat yang sama. Dicuci bersih kemudian dididihkan dengan air secukupnya. Tunggu hingga air rebusan tinggal sepertiga. Ramuan ini diminum tiga kali setiap hari. Selain untuk mengatasi masalah letih lesu buah pinang ini juga membantu meningkatkan kemampuan otak, yaitu memaksimalkan konsentrasi saat berfikir. Umpamanya saat belajar dan menghapal.

7. Akar pohon pepaya bunga

Akar pohon pepaya bunga direbus hingga airnya tersisa sepertiganya. Diminum tiga kali sehari.

Demikianlah uraian singkat tentang obat alami letih lesu ini, semoga dapat memberi manfaat.

Uraian tentang penggunaan obat herbal di atas hanya untuk kelelahan biasa, tujuannya hanya untuk mengembalikan kebugaran, endurance dan stamina untuk beraktivitas sehari hari. Dengan catatan bukan untuk kondisi tubuh yang mengidap penyakit khusus. Sebab banyak jenis penyakit yang memberi dampak berkurangnya stamina atau kekuatan fisik. Seperti diabetes dan anemia.

Atau pada ibu yang sedang hamil serta yang sedang menjalani diet.

Kelelahan itu terjadi akibat ketidakmampuan otot tubuh menanggung  beban, beban yang berupa fisik atau nonfisik. Jika kita lelah,letih dan lesu akibat kerja berlebihan dan seharian penuh, itu lumrah. Tapi andai kelelahan atau letih lesu itu terjadi hanya akibat rutinitas biasa atau normal, atau bahkan tanpa aktivitas apapun, ada baiknya kita konsultasi pada ahli medis.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel