Cara Mengolah Akar Sidaguri

Cukup aneh kalau tanaman semak hijau ini sampai sekarang belum pernah dibudayakan orang secara khusus, maksudnya ditanam untuk kepentingan komersil. Atau sekedar sebagai tanaman obat di pekarangan rumah. Mengingat khasiatnya yang begitu banyak untuk kesehatan.

Setiap bagian dari tumbuhan ini berguna, mulai dari akar, daun, batang dan kulit batang, semuanya bermanfaat sehingga perlu waktu dan uraian panjang jika semua itu kita ulas. Nah, agar tidak membosankan, itulah sebabnya di sini kita fokus khusus tentang cara mengolah akar sidaguri.

Semoga bermanfaat.

Cara mengolah akar sidaguri

sidaguri

1. Mengatasi sakit akibat gigitan serangga

Akar dibersihkan dan digiling hingga halus kemudian ditempelkan pada luka bekas gigitan serangga. Ramuan ini juga bisa untuk mengobati koreng dan bisul.

2. Mengobati bisul yang sudah parah

Sidaguri adalah tanaman dengan kandungan anti parasit. Selain membasmi bakteri, tanaman ini ampuh membunuh mikroba penyebab penyakit lain. Jadi luka bisul yang parahpun bisa diatasi dengan menggunakan tumbuhan ini. Untuk sakit bisul yang parah bahan akar disertai dengan batang tanaman sejumlah 60 gram. Semuanya diiris, dimasukkan ke dalam wadah perebusan dengan menambahkan gula merah 30 gram. Jangan lupa agar air untuk merebusnya diusahakan sampai semua ramuan ini terendam. Kemudian ramuan ini dimasak dengan cara di -tim. Tunggu hingga dingin atau hangat dan diminum. Pengolahan untuk obat luarnya akar tanaman ini dihaluskan secukupnya, ditambah air garam yang sudah dilarutkan. Obat luar ini diborehkan pada bisul dan sebaiknya dibalut.

3.  Mengobati luka berdarah

Untuk luka kulit berdarah karena goresan benda tajam atau sejenisnya gunakan akarnya yang sudah dilumatkan hingga halus dan luka itu ditempel dengan lumatan itu.

4. Mengobati asma

Hampir sama seperti cara pengolahan no 2, cuma gulanya diganti dengan gula pasir. Direbus dengan tiga gelas air, dan setelah tersisa satu gelas apinya dimatikan. Rebusan ini dibagi dua untuk dua kali minum setiap hari.

Baca juga : Selain Sidaguri Ini 10 Obat Herbal Untuk Asma Berikut Cara Pengolahannya

5. Mengobati ekzema

Akar sidaguri yang telah dibersihkan direbus hingga mendidih. Air rebusan ini dipakai untuk bahan pencuci ekzema pada kantung alat vital pria.

6. Mengobati cacar air

Cara mengolahnya sama seperti untuk mengobati ekzema, cuma jumlah akar yang diperlukan jauh lebih banyak. Sebab air rebusannya dipergunakan untuk mandi.

7. Mengobati rematik

Sebagai tanaman herbal yang salah satu sifatnya sebagai penghilang rasa sakit sidaguri tepat dimanfaatkan untuk mengobati rematik. Apalagi salah satu sifat tumbuhan ini adalah mampu mencegah peradangan pada persendian.

Untuk mengobati rematik, cara mengolahnya pertama siapkan akar sidaguri kering yang diperlukan 30 gram atau 60 gram jika akarnya masih basah dan segar. Agar hasilnya nanti maksimal akar ini sebaiknya diiris iris setipis mungkin kemudian direbus menggunakan tiga gelas air hingga mendidih dan airnya tinggal satu gelas. Setengah gelas untuk diminum pagi dan sisanya sore.

Baca juga : Begini Cara Mengobati Rematik Dengan Minuman Teh

8. Mengobati asam urat

Bersihkan akar sidaguri lengkap bersama semua pohonnya. Direbus dengan jumlah air yang cukup dan biarkan mendidih. Untuk berat ramuan 50 gram gunakan air setengah liter. Hentikan perebusan saat air rebusan tinggal setengahnya. Air ini diminum. Cara lain, gunakan air sebanyak dua gelas untuk merebus lima batang akar sidaguri yang sudah dipotong potong hingga kecil. Setelah mendidih air rebusan dipindahkan ke wadah atau ke gelas lain. Setelah ditutup air itu dibiarkan saja sampai esok pagi. Kemudian diminum saat perut masih kosong. 

9. Mengatasi haid tidak teratur

Siapkan sepotong daging yang biasa kita makan sebagai lauk. Direbus dan masukkan akar sidaguri seberat yang sama dengan potongan daging tersebut. Sepotong daging itu dimakan dan jangan lupa juga untuk meminum airnya.

Baca juga : 10 Obat Herbal Praktis Untuk Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi

10. Mengatasi perut mulas

Bersihkan sedikit akar sidaguri dan juga jahe. Keduanya dikunyah kunyah dan airnya ditelan.

11. Sakit gigi

Cukup dengan mengunyah akar tanaman ini dan usahakan air kunyahannya mengarah ke gigi yang sakit. Ini berkat sifat anti nyeri yang ada pada sidaguri.

Demikianlah sekilas tentang cara mengolah akar sidaguri yang diharapkan dapat berguna sebagai tambahan info. 

Jangan diabaikan untuk mendapat advis dari seorang yang benar benar ahli herbal tentang pemakaian herbal ini. Walaupun telah diketahui bahwa selama ini dampak negatifnya hampir tidak ada. Asal digunakan dengan dosis terukur dan tidak berlebihan. Betapapun besar manfaat akar sidaguri untuk kesehatan, satu catatan penting yang mutlak adalah ramuan ini jangan digunakan oleh ibu hamil.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel