18 Cara Mengolah Kembang Sepatu Menjadi Obat Dan Teh

Di balik tampilan dan warna bunganya yang indah kembang sepatu telah dikenal sebagai salah satu tanaman yang banyak gunanya untuk kesehatan manusia. Banyak jenis ramuan yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit dengan menggunakan kembang sepatu dan itu telah banyak memberi hasil positif. 

Berkaitan dengan khasiatnya sebagai obat maka kali ini kita akan fokus tentang cara mengolah kembang sepatu menjadi obat dan teh. Untuk sekedar penambah wawasan dan bagus sekali jika bisa memberi faedah buat kita semua.

Berikut ini adalah uraian tentang cara mengolah kembang sepatu menjadi obat dan teh.

kembang-sepatu

1. Mengobati luka di kulit

Kulit yang terluka, luka bisul ataupun luka bakar bisa diobati dengan membuat ramuan dari kembang sepatu. Caranya bunga serta daun segarnya ditumbuk halus dan dicampur air hingga menjadi seperti bubur, kemudian dibungkus dengan kain tipis. Kain tipis berisi bubur ini dioleskan pada luka kulit tersebut.

2. Mengatasi sembelit

Caranya dengan merebus daun kembang sepatu untuk kemudian diminum.

3. Mengobati keseleo 

Yang dimanfaatkan adalah bunganya. Berikut daunnya, tapi yang masih muda. Semuanya dihaluskan untuk ditempelkan pada sendi yang keseleo.

4. Menguatkan rambut

Pertama tama beberapa lembar daun kembang sepatu dihaluskan dan dicampur dengan yogurt secukupnya hingga berbentuk pasta. 

Baca juga : Begini Cara Efektif Mencegah Uban Tumbuh Di Usia Dini

Pasta ini dioleskan ke seluruh rambut dan dibiarkan begitu hingga satu jam baru dibilas dengan shampoo pakai air hangat. Ini berguna untuk menguatkan  dan menambah kesuburan rambut.

5. Meredakan rasa sakit saat menstruasi

Dengan mencampur cuka pada bunga kembang sepatu yang sudah ditumbuk halus dan kemudian diminum maka rasa sakit pada wanita saat menstruasi akan reda.

6. Mengobati batuk berdahak

Pada 600 ml air yang sedang mendidih masukkan tiga tangkai remasan bunga kembang sepatu. Tutup dan biarkan semalam penuh. Airnya diminum pagi hari ketika perut masih kosong. Jangan lupa tbahkan madu terlebih dulu sebelum diminum.

7. Batuk berdarah

Bersihkan 2 tangkai bunga muda kembang sepatu, ciutkan dengan cara meremas remasnya. Siapkan dua gelas air yang sudah matang dan masukkan bunga kembang sepatu itu pada sebuah baskom atau sejenisnya. Inapkan satu malam setelah ditutup. Pagi hari dalam keadaan perut masih kosong semua ramuan itu disaring dan diberi madu kemudian diminum

8. Radang amandel

Rebus dua lembar daun kembang sepatu, lima gram daun sage dengan air 200 ml. Usahakan dengan api kecil. Dinginkan dan digunakan dengan cara berkumur, setidaknya tiga kali setiap hari. Untuk amandel yang parah berkumurnya sebaiknya enam kali sehari. Pemanfaatan obat kumur ini digunakan sebulan agar tercapai hasil maksimal.

9. Demam

Lima sampai sepuluh lembar daun kembang sepatu dihaluskan dengan cara diremas remas, ditempelkan di dahi dengan penggunaan tiga kali sehari.

Selain membuat ramuan, daun dan bunga kembang sepatu biasa juga digunakan untuk bahan bubuk teh. Khasiatnya juga tak kalah penting.

Bisa disajikan hangat hangat. Atau dingin. Teh ini benar benar rendah kalori bahkan tidak mengandung kafein sedikitpun. Walaupun rasanya sedikit asam tetapi manfaatnya tidak bisa diabaikan begitu saja.

Di bawah ini ada uraian tentang manfaat teh kembang sepatu.

1. Untuk mencegah darah tinggi

Jika kepala terasa pusing karena darah tinggi sedang kumat maka redakanlah dengan minum teh ini. Orang sehat tanpa mengidap hipertensi sama sekalipun bahkan bisa menggunakan minuman ini untuk pencegahan. Minumlah tiga gelas sehari. Pemakaian minuman ini hanya disarankan untuk beberapa minggu dan dihentikan setelah keluhan hipertensi reda.

2. Mencegah peningkatan kolesterol

Teh ini dapat menurunkan kolesterol jahat, sekaligus membantu dalam pencegahan serangan jantung atau stroke.

3. Membantu penderita diabetes tipe 2

Teh kembang sepatu mampu menurunkan kadar gula dalam darah karena memiliki senyawa hipolipidemik dan hipoglikemik.

4. Mencegah kejang kejang

Teh ini bisa menyeimbangkan hormon terutama bagi wanita saat menstruasi.

Baca juga : Selain Kembang Sepatu Ini 10 Obat Herbal Untuk Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi

5. Mengatasi depresi

Minuman ini mampu mengurangi tingkat kecemasan akibat stress yang meningkat. Dengan meminumnya saat hangat maka tubuh menjadi lebih rileks berkat senyawa antidepresan pada bunga kembang sepatu.

6. Menyehatkan sistem pencernaan

Sifat diuretiknya sangat bermanfaat mencegah sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Serta melancarkan buang air kecil.

7. Membantu menurunkan berat badan

Sebagian besar produsen penurun berat badan menggunakan kembang sepatu sebagai salah satu bahan untuk produknya. 

Baca juga : Manfaat Istimewa Jus Tebu Untuk Diet Yang Sayang Jika Disepelekan

Itu karena tanaman ini memiliki khasiat ampuh untuk diet menurunkan berat badan

8. Mencegah Penuaan

Teh ini bisa mencegah kulit kering karena hilangnya kelembaban pada kulit. Menjaga elastisitas kulit dan mencegah kerutan adalah adalah satu manfaat istimewa teh kembang sepatu.

9. Minum segelas teh kembang sepatu sesaat sebelum tidur, sedikitpun Anda takkan terpengaruh oleh dampak insomnia.

Itulah beberapa khasiat dari penggunaan kembang sepatu sebagai teh yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan. Adapun tentang  pembuatannya untuk disajikan hangat tidak jauh beda dengan penyiapan teh herbal yang lain. Cukup dengan menyiapkan bubuk kelopak bunga kembang sepatu yang telah kering sebanyak 2 sdt. Dituang pakai air mendidih, tunggu, mungkin lima menit atau lebih, itu sekehendak kita, yang jelas ekstrak kembang sepatu telah larut. Bisa juga bubuk kayu manis jika suka, agar rasanya lebih kuat. Tambahkan pemanis dan sajikan panas. Untuk gula pemanis disarankan memakai gula merah. Madu lebih baik.

Teh kembang sepatu Anda telah siap untuk diminum hangat, atau dingin jika ingin pakai es.

Satu hal yang harus dipertimbangkan sebelum menggunakan tanaman kembang sepatu, untuk pengobatan kolesterol dan tekanan darah tinggi, Anda pastikan dulu untuk minta saran dari ahli medis, demi menghindari jika penggunaan Anda overdosis. 

Atau memang kondisi Anda sedemikian sehingga dianjurkan untuk tidak menggunakannya. 

Demi pencegahan efek negatif, maka para ibu hamil, yang sedang menyusukan bayi dan anak anak sebaiknya tidak mengkonsumsi kembang sepatu.

Semoga uraian ini ada faedahnya dan salam sehat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel