Manfaat Air Rebusan Daun Kelor Untuk Kesehatan

Orang Indonesia itu akrab dengan tanaman daun kelor. Walau wujudnya belum tentu tahu seperti apa. Tetapi pasti sudah pernah dengar bila nama tumbuhan ini disebut. 

Bukan cuma di negara kita saja. Daun kelor terkenal hampir di seluruh dunia, khususnya di kalangan pengguna pengobatan alami. Mungkin hanya di Eropa, mereka kurang familiar.

Jadi walaupun bentuk daun kelor itu tidak lebar, tetapi namanya terkenal di hampir selebar dunia.

daun-kelor

Itu karena khasiatnya yang berlipat lipat dari khasiat tanaman lain, semua bagian dari tanaman ini bermanfaat untuk kesehatan. 

Namun di sini kita akan khusus membahas tentang manfaat air rebusan daun kelor untuk kesehatan dengan tujuan semoga faedahnya berguna untuk meningkatkan kualitas hidup kita.

Manfaat air rebusan daun kelor untuk kesehatan:

1. Menghaluskan kulit dan membasmi jerawat

Vitamin E adalah bahan mutlak jika kita bicara tentang kecantikan. Mineral tersebut tersedia banyak pada daun kelor. Juga mineral terkait seperti belerang. Jadi daun ini mampu membuat tampilan kulit menjadi mulus sekaligus membasmi jerawat di wajah.

Baca juga : Tips Efektif Menghilangkan Jerawat dengan Menggunakan Madu

Cara mengolahnya hanya dengan merebus daun kelor secukupnya. Rebusan ini dimasukkan ke dalam lemari pendingin terlebih dahulu. Untuk pemakaian lakukan dengan mengoleskan kain yang sudah dicelup pada rebusan kelor yang sudah dingin itu. Dibiarkan 15 menit dan selanjutnya wajah dibilas dengan air bersih. Agar hasilnya maksimal, ini dilakukan beberapa kali setiap minggu.

2. Untuk perawatan rambut menjadi berkilau

Pertama tama bersihkan sejumlah daun kelor, kemudian direbus dan disaring. Air ini dipakai untuk pencuci rambut untuk kemudian dibilas dengan shampo dan air bersih. Mencuci rambut menggunakan daun kelor ini lebih maksimal lagi kalau daun kelor itu Anda peras dengan dahulu dengan blender sebelum direbus.Untuk mendapatkan airnya Anda gunakan kain halus untuk memerasnya. Baru dioleskan ke sekujur rambut, ditunggu selama 30 menit sebelum dibilas.

3. Menjaga kesehatan mata

Zaman sekarang keluhan atau problema paling besar yang terjadi berkaitan dengan mata manusia adalah mata yang cepat lelah. Karena dipaksa terus menerus menatap layar android, konsentrasi atau fokus memandang televisi. Air rebusan daun kelor bisa dimanfaatkan untuk mengatasinya karena tingginya jumlah vitamin A pada daun itu. Rebuslah daun kelor secukupnya dan buatlah menjadi minuman teh Anda. Itu sangat berguna untuk menguatkan otot mata.

4. Menambah ASI

Tadi sudah ketahui bahwa kandungan vitamin A sangat tinggi pada daun kelor. Demikian juga halnya dengan vitamin C. 

Baca juga : 12 Sayuran Utama Untuk Pelancar ASI

Ibu yang menyusui bayinya sangat dianjurkan untuk minum rebusan daun ini untuk kecukupan vitamin pada ASI-nya.

5. Mengatasi biduren

Dua tangkai daun kelor direbus bersama satu siung bawang. Jangan lupa masukkan adas pulasari secukupnya, gunakan air sebanyak 3 gelas, tunggu mendidih dan air tinggal sekitar dua gelas. Diminum satu gelas pagi pagi dan segelas sisanya nanti sore.

6. Membantu penyembuhan luka di kulit

Daun kelor yang sudah direbus dan masih basah dilumatkan untuk ditempel pada luka memar atau lebam, ini dapat membantu cepatnya penyembuhan karena daun kelor mengandung anti septik. Anti infeksi dan anti bakteri juga.

7. Mengatasi cacingan

 Daun kelor direbus bersama daun cabe dan daun meniran dengsn perbandingan 3:1:2 direbus dengan air. Angkat ketika jumlah air tinggal setengahnya dan disaring untuk diminum.

Baca juga : Berbagai Manfaat Penting Kemangi Untuk Pria Dan Wanita

Daun kelor beserta air rebusannya aman untuk dimanfaatkan sebagai sayuran walaupun ini tidak lazim di masyarakat kita. Namun khusus untuk penggunaan air rebusan daun kelor, jika untuk diminum sebaiknya gunakan dalam jumlah secukupnya dan untuk sekali pakai. Penting dan sangat disarankan untuk membuang sisanya, dan untuk keperluan esok harus membuat rebusan yang baru. Ada satu hal lagi yang harus menjadi perhatian Anda jika menggunakan tanaman kelor sebagai obat herbal untuk anak anak. Daun kelor aman untuk mereka. Buah beserta bijinya juga. Tetapi jangan sekalipun menggunakan akar pohon daun kelor untuk anak anak.

Ibu yang sedang hamil jangan pernah mengkonsumsi semua bagian dari tanaman daun kelor.

Demikianlah sedikit tentang berbagi info mengenai manfaat air rebusan daun kelor untuk kesehatan, semoga berfaedah dan dapat menambah wawasan kita semua.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel