Manfaat Pohon Pulai

Pulai adalah sejenis tanaman pohon berkayu dengan tampilan daun yang indah. Berlapis lapis hingga tujuh helai, daun itu membuat pohon berbatang lurus ini menjadi unik. Ditambah lagi dengan keunikan lain yaitu saat bunganya muncul, ada aroma wangi khas yang menyebar, yang bersumber dari bunga bunga yang juga indah itu.

Ada satu lagi yang membuat pohon ini semakin unik. Pada sebagian kalangan pulai dikenal sebagai pohon beracun. Bahkan semua hewan penyantap daun daunan juga tak mau makan dedaunan pohon ini. Mereka tidak akan memakan apapun yang bersumber dari pulai. 

bunga-pulai

Termasuk kupu kupu dan serangga meski mereka sering berkerumun di setiap kuntum bunganya.

Namun daunnya dimakan atau tidak oleh hewan mammalia, sebenarnya pohon ini punya khasiat yang banyak untuk kesehatan manusia.

Yaitu daunnya bisa digunakan untuk mengatasi penyakit akibat kekurangan vitamin B, beri beri. Ampuh juga mengobati sakit lever. Bisa mencegah peradangan. Mengobati bermacam macam luka, bahkan luka gigitan ularpun bisa diatasinya selain gatal gatal.

Itu hanya sebagian manfaat dari sebagian tanaman pulai. Selain juga ampuh membasmi jerawat, bagian dari pohon ini juga bisa memulihkan penderita asma, malaria dan diare.

Karena demikian banyaknya manfaat pohon pulai ini maka untuk lengkapnya kita simak saja satu per satu.

Manfaat pohon pulai :

1. Meningkatkan nafsu makan

Terutama untuk ibu yang menyusui. Berfungsi untuk merangsang dan meningkatkan kandungan ASI serta menambah daya tahan sang ibu setelah usai dari persalinan.

2. Membantu menyembuhkan asma

Dengan membuat jus dari bunga tanaman pulai ditambah madu. 

Baca juga : Selain Bunga Tanaman Pulai Ini 10 Obat Herbal Untuk Asma Berikut Cara Pengolahannya

Jus ini sangat bermanfaat sebagai minuman obat buat para penderita asma.

3. Mengobati penyakit beri beri

Ini berkat kandungan vitamin B yang banyak pada daun pulai. Daun untuk  penggunaan adalah daun muda. Direbus secukupnya atau sekitar 15-20 helai untuk diminum setiap pagi. Agar memperoleh manfaat lebih, wadah perebusan sebaiknya di dalam rongga bambu.

4.Mengatasi nyeri 

Getah pohon bisa meredakan rasa nyeri akibat rematik. 

Baca juga : 10 Cara Untuk Membantu Mengobati Rematik Dengan Teh

Pengolesan getah ini juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri pada luka dan sakit gigi. Pada bisul juga. Khusus luka borok yang bernanah digunakan daun pulai kering. Kemudian ditumbuk hingga halus. Daun yang sudah halus itu ditaburkan pada borok. Ramuan ini digunakan dua kali sehari.

5. Mengobati demam 

Yang digunakan untuk mengobati demam adalah akarnya. Ditumbuk menjadi halus seperti bubuk. Dicampur dengan segelas air hangat untuk diminum. Bubuk akar pulai yang dipakai hanya seukuran seperempat sendok teh. Selain demam ramuan ini juga berkhasiat meredakan rematik.

6.. Mengatasi gangguan pencernaan

Kulit pohon pulai dibuat halus sebanyak 1/2 sdt. Direndam dalam segelas air yang baru saja mendidih. Ditunggu hingga satu jam. Pemakaiannya diminum sekali sehari. Ramuan ini ampuh mengatasi gangguan pencernaan berupa kotoran atau tinja yang berlendir.

7. Mengobati diare

Sama dengan cara pengolahan pada nomor 7. Yang berbeda adalah dosis bubuk yang direndam. Untuk mengatasi diare yang direndam sebanyak 3 sdt dan penggunaannya tiga kali sehari.

Baca juga : Khasiat Minyak Habbatussauda Dan Cara Penggunaannya

Satu hal penting tentang penggunaan pulai ini sebagai obat herbal adalah jangan sekali kali dipakai dengan dosis berlebih. Karena pohon ini mengandung beberapa jenis bahan kimia. 

Jadi mesti ekstra hati hati karena dalam penggunaan dengan dosis berlebihan dapat menyebabkan kerugian pada jantung. 

Untuk ibu menyusui sebelum menggunakannya, terlebih dahulu minta saran pada ahli medis adalah langkah terbaik. Meski salah satu fungsinya adalah meningkatkan produksi ASI namun kesalahan dalam penggunaannya kemungkinan besar adalah bahaya bagi keduanya, ibu dan bayi.

Sekali lagi minta saran pada dokter adalah langkah terbaik.

Demikian, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel