Minuman Herbal Untuk Batu Empedu

Batu empedu, itu terjadi karena partikel helium yang ada dalam empedu menjadi gumpalan, mengeras. Penyebabnya karena empedu tidak sanggup melarutkan sejumlah helium yang berlebihan, yang dilepaskan oleh organ hati. Tugas empedu memang melarutkan helium itu, namun karena kebanyakan akhirnya sebagian tersisa, menggumpal, mengeras dan orang menyebut itu sebagai batu empedu.

Masih ada penyebab dan kondisi lainnya yang mengakibatkan empedu tidak bekerja sempurna, contohnya karena jumlah bilirubin yang terlalu banyak tersimpan dalam empedu dan tidak terurai, namun batu empedu yang paling umum terjadi adalah pigmen batu empedu, batu berwarna hitam ini akibat pengaruh bilirubin.

Tidak selalu pengidap batu empedu mengalami keluhan nyeri. Bahkan sebagian besar tidak pernah mengalami gangguan apapun. Itu bisa terjadi karena proses terbentuknya batu itu melalui waktu yang lama sekali, yaitu 10 sampai 15 tahun, dan rasa sakit yang sangat nyeri pada pengidap baru terasa jika batu empedu yang terbentuk itu menyumbat saluran empedu.

nyeri-hebat-karena-batu-empedu

Untuk pengobatan herbal, terdapat beberapa tanaman obat yang bisa diperoleh dari alam sekitar.

Dan di bawah ini kita akan fokus pada beberapa penggunaan obat herbal untuk batu empedu. 

Minuman herbal untuk batu empedu :

1.Daun keji beling

Ambil 10 gram daun keji beling yang masih segar, direbus dengan air sebanyak 80 sampai 90 ml. Direbus sampai mendidih hingga tersisa 50 ml dan kemudian disaring. Setelah panasnya turun baru diminum. Lakukan perebusan tiga kali sehari karena penggunaannya adalah untuk tiga kali pemakaian setiap hari. Atau untuk praktisnya bisa direbus langsung untuk keperluan satu hari. Jika resep ini yang digunakan sebaiknya Anda tidak memakan makanan yang rasanya pedas.

2. Daun kumis kucing

Siapkan daun kumis kucing segar 30 gram  15 gram kunyit, air 400 ml. Kunyit diiris iris. Semua bahan direbus setelah sebelumnya dicuci. Sertakan juga 3 atau 4 buah ujung tongkol jagung muda yang yang belum ada biji jagungnya ke dalam air rebusan. Ini untuk sekali minum dan karena pemakaiannya dua kali sehari bisa juga perebusan disesuaikan untuk dosis dua kali.

3. Jahe

Jahe ditambah kunyit masing masing sepanjang sekitar 1,5 cm dengan ketebalan rimpang 3 cm. Dipotong potong hingga tipis kemudian direbus menggunakan 4 gelas air.Biarkan mendidih selama 6 atau 10 menit. Kemudian tutup panci dibuka, usahakan tetap mendidih 2 menit lagi dan panci ditutup lagi. Ramuan ini diminum satu jam sebelum sarapan atau makan pagi. Rutin digunakan tiga hari berturut turut dan hari keempat tidak diminum. Manfaatkan ramuan ini selama dua minggu, tetap pada hari keempat tidak dikonsumsi.

Ahli medis mungkin  tidak menyarankan penggunaan jahe untuk penderita batu empedu tetapi ada orang yang menggunakan obat herbal ini dan katanya berhasil pulih.

4. Daun tempuyung

Bahannya adalah 15 gram daun tempuyung yang masih segar. Tambahkan daun sendok(plantago major) dengan jumlah berat yang sama, daun sambiloto 7 atau 8 gram. Semua bahan direbus menggunakan air 400 ml Setelah mendidih dan airnya tinggal 200 ml angkat dan disaring. Semua airnya diminum. Lakukan lagi cara ini sekali lagi karena penggunaanya adalah dua kali setiap hari.

5. Air putih 

Ini mutlak dan disiplinlah untuk tetap minum air putih hingga mencapai 10 sampai 12 gelas setiap hari. Air putih adalah bahan paling murah dalam fungsinya untuk meluruhkan batu empedu.

Baca juga : Pentingnya Mengetahui Manfaat Daun Adas Dan Cara Mengolahnya

Gaya hidup yang membuat kita berisiko menderita batu ginjal seperti berat badan yang berlebih, berat badan yang turun secara mendadak serta makanan yang tinggi kadar lemak. Jadi konsumsilah makanan yang sesedikit mungkin kandungan lemak jenuhnya, contohnya daging kambing diganti dengan ikan. Telur, gorengan,makanan cepat saji sebaiknya menjadi pantangan. Makanan pokok yang selama ini beras putih segera diganti dan beralihlah ke beras merah.

Faktor lain adalah terkait keturunan dan usia tua. 

Baca juga : 10 Obat Alami Letih Lesu Yang Mudah Diolah Untuk Kebugaran

Juga penggunaan obat kimia yang salah.

Satu lagi yang beresiko mengidap batu ginjal adalah penderita diabetes.

Baca juga : Manfaat Jus Tebu Untuk Diet Yang Sayang Jika Disepelekan

Sekedar mengingatkan agar kita hanya memilih menggunakan salah satu dari beberapa resep berikut dan agar hasilnya optimal maka digunakan secara rutin dan penuh kesabaran. 

Semoga uraian ini ada manfaatnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel