10 Manfaat Dan Cara Mengolah Daun Kumis Kucing

Kumis kucing itu adalah salah satu tumbuhan yang pemanfaatannya sebagai obat herbal telah diketahui sejak dulu. Dulu sekali. Jadi apapun yang akan tertuang pada uraian di bawah ini nanti, itu hanyalah sekedar  mengungkit kembali hal hal penting tentang manfaat dan cara mengolah daun kumis kucing sebagai salah satu bahan penyembuh alami. 

Tentu saja para ahli telah melakukan penelitian atas kebenaran kumis kucing yang bisa meningkatkan kualitas kesehatan manusia ini. Ada yang telah melakukan uji klinis, salah satu hasil kesimpulannya adalah mereka yang sering mengkonsumsi teh kumis kucing punya peluang lebih kecil sebagai pengidap sakit batu ginjal. Juga tentang diabetes, sungguh ramuan herbal yang menggunakan kumis kucing sebagai bahan utama benar benar ampuh. Mengenai efek sampingnya, tentu saja ada. Tapi nantilah di akhir ulasan ini saja kita sebutkan. 

Sekarang kita lanjut saja dulu mengenai 10 manfaat dan cara mengolah daun kumis kucing seperti tersebut di bawah ini.

10 manfaat dan cara mengolah daun kumis kucing

daun-kumis-kucing

1.Untuk melancarkan air seni

Gunakan 12,5 gram daunnya yang masih segar dan rebus pakai air satu gelas hingga mendidih dan air yang tersisa tinggal setengah gelas. Rebusan ini diminum pagi hari dan buatlah ramuan serupa untuk diminum nanti sore.

Bisa juga dengan ramuan daun kumis kucing ditambah daun meniran. Keduanya, dengan jumlah yang sama direbus sekaligus dan setelah dingin airnya diminum.

2. Untuk mengobati kencing batu

Didihkan 30 gram akar tanaman ini menggunakan air 350 ml sampai air yang tersisa menjadi 250 ml. Ini diminum pagi hari saat ramuan sudah dingin. Penggunaan ramuan ini adalah tiga kali sehari, jadi pembuatan ramuan bisa dibuat sekaligus untuk tiga kali pemakaian. Hentikan pemakaian jika kondisi sudah pulih.

3. Untuk mengatasi encok

Hanya dengan minum rebusan akar kumis kucing.

4. Mengobati luka tergores

Luka yang berdarah karena tergores bisa diobati dengan menempelkan lumatan daun herbal ini pada kulit yang cedera itu. Daun kumis kucing mengandung antiseptik yang bisa mencegah luka infeksi.

5. Meningkatkan stamina

Kumis kucing direbus secukupnya dengan air tiga bagian. 

Baca juga : 10 Obat Alami Untuk Mengatasi Letih Lesu Yang Mudah Diolah

Saat telah nendidih,dan air tinggal sepertiga bagian, perebusan selesai, ramuan ini diminum dan dibuat tiga kali seminggu sesuai penggunaannya.

6. Untuk menyembuhkan diabetes

Yang utama untuk mengatasi diabetes hanya pada kepekatan rebusan airnya yaitu 15 lembar daun untuk dua gelas air dan perebusan dihentikan saat airnya tinggal satu gelas. Dan air dengan kadar kepekatan yang besar itu diminum sekali sehari.

7. Untuk mengobati asam urat

Rebus sekitar 20 gram herba kering kumis kucing, airnya satu setengah gelas, biarkan mendidih dan tunggu airnya sisa setengah gelas. Ini untuk sekali minum dan pemakaiannya dua kali sehari.

8. Untuk mengobati sakit gigi

Daun segarnya dikunyah dan arahkan airnya masuk ke lobang gigi yang sakit.

9. Sebagai minuman teh sehari hari

Rebus daun herba ini sampai mendidih dan gunakan tiga kali sehari sebagai minuman teh. Minuman ini juga berkhasiat sebagai pereda nyeri saat buang air kecil.

10. Untuk mengatasi peradangan

Gunakan cara untuk membuat air minuman teh tadi. Celupkan lap atau kain lembut ke dalamnya dan ini dipakai sebagai kompres untuk mengatasi peradangan.

Untuk penggunaannya yang diminum gunakan daun kumis kucing ditambah daun sambiloto masing masing lima lembar, dengan air perebusan tiga gelas. Didihkan sampai air tinggal setengahnya dan diminum tiga kali sehari dengan dosis setiap minum setengah gelas.

Demikianlah sekedar berbagi informasi tentang manfaat dan cara mengolah daun kumis kucing ini, dengan harapan semoga dapat diambil manfaatnya.

Baca juga : Manfaat Luar Biasa Minyak Alami Habbatussauda

Sebenarnya masih banyak penyakit penyakit lain yang dapat diatasi oleh ramuan ramuan di atas. Seperti rematik, batuk, masuk angin, keputihan dan sembelit.

Baca juga : Manfaat Air Rebusan Daun Kelor Untuk Berbagai Penyakit

Daun kumis kucing tidak menyebabkan alergi. Mengkonsumsi olahan daun kumis kucing disebut sebut tidak membuat efek samping yang merugikan, meski dicampur dengan bahan dari tanaman lain. Namun ada juga ahli yang mengatakan dalam penggunaan yang terus menerus bisa membuat  berkurangnya kadar natrium dan juga kalium pada tubuh pengguna. Apalagi jika teh-nya pekat sekali. Sebagian juga menyebut teh daun kumis kucing aman bagi ibu menyusui dan juga bayinya. Namun saran yang terbaik untuk ibu tersebut adalah berhenti dahulu minum olahan tanaman ini selama bayi belum berhenti menetek. 

Bertanya pada ahli medis adalah langkah terbaik karena salah satu anjuran penting tentang kumis kucing adalah wanita hamil tidak boleh mengkonsumsinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel