Khasiat Buah Jamblang Bagi Kesehatan

 Jika di kampung ada pohon buah jamblang yang sering Anda panjat untuk mengambil buahnya, dulu semasa bocah, maka suatu saat bila Anda mudik coba kunjungi pohon itu. Anda akan melihat pohon itu tetap kokoh dan tumbuh dengan baik. Subur seperti dahulu. Meskipun mungkin sudah puluhan tahun Anda tinggalkan, pohon yang tetap bisa tumbuh sempurna hingga seratus tahun ini tetap berbuah ranum, siap untuk Anda petik lagi untuk menikmati rasanya yang unik.

Disebut unik karena buah jamblang itu memiliki sensasi berupa perpaduan dari tiga rasa. Manis, agak asam serta rasa sepat. Selain mengandung banyak anti oksidan, buah jamblang juga merupakan sumbernya vitamin A dan vitamin C. Tanaman yang biasanya mulai berbunga di bulan Maret ini memiliki warna hitam pekat saat sudah matang.

buah-jamblang

Tentang khasiat, pada dasarnya semua bagian dari tanaman buah jamblang ini punya khasiat. Tetapi khusus tentang buah jamblang, ada kandungan penting padanya yang disebut sangat berguna untuk membendung atau menghalangi terjadinya proses perubahan makanan dalam tubuh menjadi gula. Kandungan vital itu namanya glikosida. 

Kemampuan ini semakin lengkap dengan keampuhan bijinya dalam hal  meningkatkan sekresi insulin dari pankreas. Orang awam seperti kita bilang biji jamblang dapat mengatur gula darah dalam tubuh sehingga tetap dalam batas normal.

Nah, berhubung kita sudah faham tentang khasiat buah jamblang bagi kesehatan, sekarang kita lanjut saja tentang uraiannya.

1. Mengobati diabetes

Yaitu dengan menghaluskan segenggam buah jamblang beserta bijinya yang sudah dijemur hingga kering. Sertakan juga segenggam bunga jamblang yang sudah dikeringkan. Bunga jamblang yang sudah kering itu juga dihaluskan dan yang diambil hanya secomot kecil saja, diaduk pada buah jamblang yang sudah halus tadi. Untuk dosis penggunaan adalah 1 sdm bubuk yang dihaluskan tadi disiram dengan 1 gelas air panas dan diminum. Setiap hari bisa dilakukan penggunaanya sekali atau dua kali. 

Baca juga : Termasuk Mengatasi Diabetes Ini Manfaat Daun Sereh Dan Cara Pengolahannya

2. Mengatasi sering kencing

Sekedar tambahan, khasiat lain dari minum ramuan di atas tadi juga berfungsi untuk menekan atau menghilangkan rasa haus. 

Baca juga : Manfaat Rebusan Daun Pegagan Diantaranya Mengobati Gangguan Saluran Kencing

Rasa haus membuat orang berkali kali menenggak air minum dan akibatnya adalah sering ke toilet untuk kencing. Dengan menggunakan ramuan di atas tadi maka dengan sendirinya frekwensi untuk masuk ke toilet menjadi normal.

Diminum setiap pagi sore hingga sembuh.

 2. Mengatasi nyeri lambung

Tigapuluh gram buah jamblang kering, bijinya dibuang, disangrai hingga aromanya wangi, kemudian dimasak dengan cara di-tim. Air untuk memasaknya harus pas dan hanya cukup untuk membuat ramuan  terendam saja. Ramuan dimakan sampai habis dan membuat ramuan diulangi untuk pengguaan siang dan sore hari.

3. Mengobati asma

Lima belas gram buah jamblang yang sudah kering di-tim. Air dan daging buahnya dikonsumsi sampai habis. Ramuan dibuat lagi untuk digunakan siang hari dan sekali diulang nanti sore.

4. Mengatasi diare atau disentri

Sebenarnya rebusan kulit batang buah jamblang juga ampuh untuk mengobati disentri. Juga dengan membuat jus dari daunnya. Atau hanya dengan memakan buah segarnya. Tetapi karena jita sedang membicarakan khasiat buahnya,maka khusus penggunaan ramuan buah jamblang untuk diare atau disentri adalah dengan menggunakan 40 gram biji kering buah jamblang. Dihaluskan dahulu, untuk penggunaan pertama pakai setengahnya diseduh dengan 1/2 gelas air panas dan diminum. Setengahnya lagi diminum siang atau sore.

Baca juga : Tentang Salah Satu Manfaat Pohon Pulai Untuk Masalah Diare

5. Mengobati radang atau sakit pada tenggorokan

Buah matang di-jus, atau memeras daging buah jamblang dicampur dengan air, dipakai untuk kumur kumur 

6. Mengobati mata merah

10 lembar daun buah jamblang muda direbus dengan segelas air dan ditunggu hingga air tersisa setengahnya. Setelah dingin gunakan air ini untuk mencuci mata yang sakit konjungtivitis itu.

Selama ini penggunaan buah jamblang sebagai obat herbal cukup aman tanpa efek samping yang berarti.

Kalaupun ada, itu terjadi pada kasus penggunaan yang over dosis dan terus menerus. Efek sampingnya biasanya gangguan pada bagian belakang tenggorokan dan rasa ingin muntah. Efek lainnya adalah sembelit.

Cara aman untuk menghindarkan efek negatifnya yaitu menghentikan penggunaan buah jamblang jika penyakit yang diderita sudah sembuh.

Demikian uraian tentang khasiat buah jamblang bagi kesehatan, semoga ada faedah yang dapat kita petik dan salam sehat untuk semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel