Manfaat Akar Pepaya Dan Cara Mengolahnya

Sebenarnya semua bagian dari pohon pepaya telah lama digunakan sebagai bahan untuk pengobatan alami. Apakah itu daunnya, buah dan bijinya, juga bunganya. Daunnya, terutama yang muda, selain dimanfaatkan sebagai menu sayuran bisa dihaluskan dan diambil airnya untuk obat malaria. Buahnya dengan rasa yang manis dan menyegarkan antara lain memberi khasiat untuk mengatasi pencernaan.

pepaya

Terutama tentang akar pepaya yang selanjutnya menjadi pokok ulasan kita kali ini, salah satu manfaat umum yang digunakan adalah getahnya, dioleskan pada kulit, berguna untuk meredakan rasa sakit akibat gigitan serangga.

Masih banyak manfaat lain dari akar pepaya untuk kesehatan dan dibawah ini terdapat beberapa uraian tentang manfaat akar pepaya dan cara mengolahnya yang mungkin salah satu di antaranya perlu kita terapkan untuk mengatasi masalah kesehatan. 

Adapun manfaat akar pepaya dan cara mengolahnya itu antara lain adalah :

1. Untuk membasmi cacing dalam perut

Akar pepaya kering sebanyak 10 gram ditambah bawang putih satu gram dipotong potong hingga kecil dan tipis. Kedua bahan itu direbus dengan air 100 ml, biarkan mendidih selama seperempat jam sampai air rebusan tinggal 75 ml. Air rebusan ini dibagi tiga, diminum pagi siang dan sore.

Ramuan ini juga bisa dimanfaatksn oleh pengidap kandung kemih.

2. Mengatasi sakit gigi

Infeksi yang terjadi bisa diatasi dengan membuat akar pepaya menjadi pasta sebagai obat oles pada gigi yang sakit.

Akar pepaya segar dihaluskan, dicampur air sedikit hingga menjadi seperti pasta. Gunakan segera pasta akar pepaya ini saat sakit gigi sedang kumat.

3. Mengobati darah tinggi

Layaknya sebuah mesin, tubuh manusia yang terdiri dari banyak organ itu perlu dijaga dan dirawat. Apabila ada sebuah organ yang tidak bekerja maksimal maka efek negatif akan berimbas pada organ lain dan timbullah penyakit baru. Kesehatan jantung dan katupnya bisa tetap terjaga jika  gangguan yang mengusiknya bisa diatasi, contohnya gangguan tekanan darah tinggi. Untuk mengatasi tekanan darah tinggi dengan akar pepaya adalah dengan menggunakan 3 gelas air untuk merebus 30 gram akarnya yang sudah Anda potong potong menjadi tipis. Biarkan tetap mendidih sampai airnya tinggal satu gelas. Saring dan minum ramuan ini setiap hari seusai Anda sarapan pagi.

4. Melancarkan buang air kecil

 Akar pepaya 3 cm besarnya, dipotong potong, direbus pakai air empat gelas. Perebusan selesai ketika air tinggal setengahnya dan air ini dibagi tiga untuk tiga kali minum per hari.

5. Mengobati rematik

Ambil akar pepaya dua potong, ditambah daun pepayanya satu lembar. Setelah kedua bahan tadi Anda haluskan, rebuslah menggunakan air seliter. Dosis pemakaiannya untuk mengatasi rematik adalah sekali sehari satu gelas.

Baca juga : Cara Mengobati Rematik Dengan Teh

Untuk obat gosok atau oles, sediakan 5 akar pepaya yang juga sudah dipotong potong, minyak kayu putih 1 sdm ditambah garam 1/2 sdm. Ketiga bahan ini dimasukkan ke dalam botol kaca setelah ditambah arak atau alkohol secukupnya. Selama 10 hari botol berisi ramuan itu dijemur di bawah sinar matahari, baru bisa digunakan sebagai pereda rasa nyeri di persendian.

6. Mencegah letih lesu

Pepaya sangat berkhasiat untuk membuat tubuh tetap kuat. Agar stamina Anda tetap stabil terjaga dan terhindar dari keletihan, memanfaatkan akar pepaya sebagai ramuan adalah satu cara untuk mengatasinya. Sembilan serabut akar pepaya dibersihkan kemudian direbus menggunakan air sembilan gelas sampai mendidih. Biarkan mendidih sampai airnya susut hingga 3 gelas. Diminum satu gelas pagi, siang dan sore juga masing masing satu gelas.

Baca juga : Obat Alami Letih Lesu Yang Mudah Diolah

Khasiat dari penggunaan akar pepaya sebagai obat herbal sudah tidak diragukan keampuhannya. Namun sebagaimana pengobatan alami lainnya akar pepaya juga bisa memberi dampak negatif. Salah satunya alergi. Terutama bagi orang yang sensitif. Untuk mengatasinya, pertama gunakan dosis yang lebih sedikit, setelah dikonsumsi ditunggu beberapa hari efek samping yang terjadi. Jika memang tidak ada, penggunaan resep bisa dilanjutkan, tentu saja tetap hati hati.

Minum jus daging buah pepaya mungkin tidak memberi efek samping, daunnya mungkin sebaliknya karena dapat memberi gangguan iritasi pada lambung. 

Terkait getah pepaya yang terdapat pada akar, penggunaannya harus lebih hati hati. Hindari penggunannya terutama bagi ibu hamil dan menyusui.

Baca juga : 12 Jenis Sayuran Untuk Pelancar ASI Untuk Ibu Menyusui

Apalagi bagi mereka yang sensitif seperti disebut di atas tadi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel