Manfaat Daun Andong Dan Cara Mengolahnya

Suatu saat kita sedang berlalu melewati pekarangan rumah orang dan melihat tumbuhan ini. Dalam hati kita berucap bahwa itu hanya sekedar tanaman hias. Ditanam orang karena keindahan warna daunnya yang berkombinasi merah, ungu dan hijau. Tidak ada istimewanya, sama seperti tanaman hias lain, meski di negara lain dia dimanfaatkan sebagai bahan baku membuat busana. Meski sering dianggap sebagai pelengkap mutlak yang harus tersedia untuk mengadakan suatu ritual magis, untuk mengusir roh jahat umpamanya. Dan meski masih banyak meski-meski lainnya.

Lalu kalau tidak ada istimewanya buat apa tanaman ini kita bicarakan ?

Nah, itu dia, . . tanaman daun andong memang tak punya keistimewaan dibanding tanaman hias lain. 

Yang ada hanya kelebihannya, yaitu kemampuannya yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati beragam penyakit.

Di bawah ini akan kita bahas tentang berbagai manfaat daun andong dan cara mengolahnya, yang beberapa mungkin belum Anda ketahui dan semoga penjelasan ini ada faedahnya.

daun-andong

1. Mengatasi luka akibat gigitan hewan berbisa

Beberapa lembar daun andong dihaluskan dahulu. Setelah halus dipanaskan di atas api dan gunakan daun yang masih panas ini dengan cara menempelkannya pada kulit yang luka tadi. Agar ramuan itu tetap menempel sebaiknya luka dibalut. Siang dan sore harinya ramuan diganti dengan membuat ramuan baru.

2. Mengobati TBC

Air rebusan dari 30--60 gram daun segar andong diminum tiap hari sebanyak tiga kali.

3. Mengobati batuk berdarah

Cara pertama, gunakan tiga gelas air untuk merebus 90 gr daun segar tanaman ini. Ditunggu hingga mendidih dan airnya susut menjadi satu gelas. Air ini dibagi dua diminum 1/2 gelas pagi dan sisanya sore. Dengan cara penggunaan yang sama ramuan ini juga berkhasiat untuk menghentikan haid yang terlalu banyak atau berlebihan. Cara kedua untuk mengatasi batuk berdarah dan haid berlebihan tadi bisa memakai cara menyeduh 5 lembar daunnya dengan air yang baru mendidih 100 ml dan digunakan sekali sehari.

4. Mengatasi kencing berdarah

Penderita penyakit ini acapkali mengeluarkan air seni yang warnanya merah karena bercampur dengan darah. Biasanya hal itu disertai dengan rasa nyeri. Cara mengobatinya gunakan 300 gram daun andong, sertakan juga akarnya, menggunakan air 1,5 gelas. Setelah mendidih dan airnya susut menjadi setengah gelas matikan api. Minum di pagi hari dan lakukan perebusan yang sama untuk penggunaan nanti sore.

5. Menghentikan diare atau disentri

Pencernaan yang terganggu dalam tubuh yang berdampak pada kotoran yang mengandung lendir saat buang air besar dan itu terjadi berulang kali, bisa ditanggulangi dengan cara melakukan perebusan dengan jumlah daun segar yang sama untuk mengobati batuk berdarah cara pertama. Air yang satu gelas itu bukan untuk dua kali pakai, tetapi dibagi rata untuk digunakan tiga kali per hari.

6. Mengobati ambeien

Orang yang menderita ambeien biasanya sangat terganggu dengan kesulitannya untuk bisa duduk dengan nyaman. Jika hal ini terus berlanjut maka aktivitasnya akan terganggu di segala bidang. 

Baca juga : Beberapa Cara Herbal Murah Mengobati Wasir Serta Pencegahannya

Pada wadah perebusan masukkan tiga lembar daun andong, ditambah 7 lbr daun wungu dan semuanya direbus dengan air 3 gelas. Tunggu hingga airnya tersisa 1 gelas. Semua itu untuk sekali minum. Ulangi esok hari dan selanjutnya sampai ambeien itu reda.

7. Mencegah asma, kanker, maag

Gangguan sistem pernafasan yang lambat laun bisa mengakibatkan asma dan kemungkinan adanya sel tumor dalam tubuh serta masalah yang terjadi karena asam lambung yang bakal menimbulkan maag, semua ini bisa dicegah berkat pemanfaatan daun andong. Rutinlah membuat rebusan daun andong untuk dikonsumsi, umpamanya gunakan sebagai minuman teh sehari hari, maka pencegahan pada ketiga gangguan penyakit itu akan tertanggulangi.

Baca juga : Manfaat Daun Pandan Wangi Untuk Kesehatan Anda

8.Mengobati gingivitis

Andong memiliki kandungan yang sifatnya sebagai anti radang.

Radang pada gusi atau gingitivis bisa diatasi dengan membuat ramuan dengan cara menggunakan kulit batang tanaman ini. Agar diperoleh dalam bentuk bubuk kulit itu dikikis atau dikerik. Hasil kerikannya dikumpulkan dan diberi garam sedikit. Ramuan ini dioleskan pada gusi yang bengkak.

Baca juga : Beberapa Manfaat Penting Rebusan Daun Pegagan Untuk Kesehatan

Sampai di sini dahulu uraian tentang manfaat daun andong dan cara mengolahnya ini, dengan harapan dapat kita ambil faedahnya. Semoga mulai sekarang tanaman ini lebih kita rawat selain sebagai tanaman hias, walau tidak istimewa, tapi memiliki banyak kelebihan.

Salam sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel