Manfaat Daun Pandan Wangi Untuk Kesehatan

Secara tradisional daun pandan wangi telah digunakan turun temurun oleh masyarakat kita sebagai pelengkap pada masakan. Daun ini disertakan pada masakan, contohnya kue, yang sedang dimasak dengan tujuan untuk menghasilkan aroma wangi pada masakan. Aroma penambah rasa dan pengundang selera. Meningkatkan nafsu makan dan suasana hati untuk menyantap masakan tersebut berkat aromanya yang alami. Itu sangat berguna apalagi buat orang yang baru sembuh dari penyakit, yang kehilangan selera dan tidak ingin makan.

Meningkatkan nafsu makan itu hanyalah salah satu dari manfaat daun pandan wangi untuk kesehatan. Karena sebenarnya masih banyak manfaat tak terduga dari daun pandan wangi ini. 

Apa saja manfaat daun pandan wangi itu untuk kesehatan, mari kita ikuti penjelasannya seperti di bawah ini.

daun-pandan-wangi

1.Mengatasi gejala tekanan darah darah tinggi

Gejala tekanan darah tinggi seperti rasa cepat lelah dan kepala pusing dapat diredakan dengan menggunakan daun pandan wangi sebagai obatnya. 

Baca juga : 10 Obat Alami Letih Lesu Yang Semuanya Mudah Diolah

Cara penggunaannya dengan merebus daun pandan menggunakan dua gelas air sampai airnya tinggal 1 gelas. Diminum setiap pagi dan sore.

2. Mengurangi kadar gula dalam darah

Pengidap diabetes dapat memanfaatkan daun ini untuk menekan kadar kadar gula darah.

3. Meredakan nyeri sendi

Minyak kelapa dipanaskan, kemudian daun pandan wangi direndam di dalamnya. Oleskan atau gosokkan ramuan daun ini pada area sendi yang terasa nyeri untuk meredakannya. 

Baca juga : 10 Cara Sederhana Tapi Ampuh Untuk Mengobati Rematik Dengan Teh

Jangan lupa sambil memijat mijat area  yang nyeri atau bengkak dengan lembut dan perlahan lahan.

4. Mengurangi kadar asam urat dalam tubuh

Mengkonsumsi daun tumbuhan ini secara rutin akan memberi pengaruh positif untuk menurunkan kadar asam urat.

5. Melenyapkan batu ginjal

Penderita batu ginjal juga bisa menggunakan daun pandan wangi dengan minum air rebusannya.

6. Menyehatkan kulit dan rambut

Daun pandan dapat menambah warna hitam pada rambut dan sekaligus menyamarkan warna rambut abu abu (uban) menjadi hitam. cara penggunaannya adalah dengan merebus 7 lembar daun pandan yang sudah dipotong potong dengan 1 liter air. Kemudian air rebusan diembunkan satu malam. Pada rebusan itu ditambahkan air perasan 3 buahengkudu

7. Membasmi ketombe

Caranya dengan membuat ramuan yang terdiri dari 7 lembar daun pandan yang sudah dihaluskan pada setengah gelas air, kemudian disaring dan diperas untuk diambil airnya. Air ini disiramkan ke sekujur rambut di kepala, dibiarkan setengah jam atau lebih dengan tujuan agar ramuan itu merembes dan menyentuh kulit kepala.Penggunaan diulang selama beberapa hari.

8. Mengobati syaraf yang lemah

Kram, mati rasa adalah efek dari syaraf yang lemah. Daun pandan 3 lembar dipotong kecil kecil direbus dengan air 3 gelas. Setelah airnya tinggal 2 gelas ramuan disaring dan diminum satu gelas setiap pagi dan setiap  sore.

9. Mengatasi insomnia

Insomnia sering membuat masalah pada pengidapnya akibat jadwal tidurnya yang tidak teratur sehingga menggangu aktivitas kerja. 

Baca juga : Ini penyebab terjadinya Mimpi Buruk dan Cara Mencegahnya agar tidak terulang lagi

Untuk mengatasi insomnia dengan memanfaatkan daun pandan caranya adalah dengan menyeduh daun pandan dalam segelas air panas, ditambah madu 1 sdt. Diminum hangat-hangat.

10. Mengatasi nyeri pada gusi 

Caranya dengan mengunyah ngunyah daun pandan segar, sebaiknya airnya tidak usah ditelan.

Selain penggunaan sebagai obat alami daun pandan juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengusir nyamuk. Dengan meletakkan beberapa lembar daun pandan wangi di sekitar tempat kita tidur, maka nyamuk nyamuk yang mengganggu akan pergi menjauh sehingga tidur kita akan aman. Bisa juga dengan cara menggosokkan ekstrak daunnya ke sekujur kulit yang terbuka.

Juga bisa dipakai sebagai pengusir kecoa dengan cara menyemprotkan air yang sudah direndam dengan pandan wangi.

Baca juga : Mengusir Semut, bisa dengan menggunakan daun kemangi

Selama ini belum pernah terdengar efek samping dari penggunaan daun pandan sebagai obat herbal alami. Tentang penggunaan daun ini untuk meredakan nyeri pada gusi tidak disarankan untuk menelan air kunyahannya dengan alasan ada beberapa jenis daun pandan yang tidak boleh dimakan sebelum dimasak. Jadi hanya untuk jaga-jaga saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel