Manfaat Daun Sereh Dan Cara Pengolahannya

Hampir semua ibu rumahtangga kenal apa itu sereh. Selain sebagai salah satu bahan untuk pelengkap masakan di dapur, kalau boleh disebut itu adalah tanaman wajib. Apalagi buat mereka para ibu rumahtangga yang berdiam di rumah dengan halaman yang cukup luas. Di salah satu sudut di halaman belakang biasanya ada serumpun dua rumpun tanaman sereh tumbuh dengan suburnya.

Namun selain untuk keperluan di dapur daun sereh ternyata sangat berguna untuk peningkatan kesehatan kita. Dan untuk pembahasan tentang itu di bawah ini kita akan mengulas tentang manfaat daun sereh dan cara pengolahannya untuk kesehatan.

Manfaat daun sereh dan cara pengolahannya adalah seperti tersebut di bawah ini :

daun-sereh

1. Menyehatkan ginjal dan hati

Cukup dengan mengkonsumsi segelas teh daun sereh dua kali sehari pagi dan sore maka kesegatan ginjal dan hati akan terpelihara dari limbah limbah beracun.

2. Mengobati tukak lambung 

Pada sereh ada terdapat senyawa yang diketahui punya kemampuan untuk membasmi keberadaan bakteri berbahaya penyebab sakit tukak lambung. Bakteri helycobacter pylori namanya. Jadi tidak salah kalau sereh bisa digunakan sebagai bahan untuk mengobati tukak lambung yang sering menimbulkan rasa nyeri hebat di perut.

Ramuan untuk penggunaannya hanya dengan merebus sekitar 10(sepuluh) lembar daunnya dengan air setengah liter. Diminum satu gelas pagi hari dan malamnya menjelang tidur satu gelas lagi.

3. Menghilangkan lemak di pembuluh darah

Dengan kelebihan daun sereh yang dapat menghilangkan lemak pada pembuluh darah. Kalium, magnesium dan flavonoid lengkap ada padanya. Makanya herba ini dapat mencegah penyakit darah tinggi, obesitas serta stroke karena aliran darah yang menjadi lancar ke setiap bagian tubuh.

Siapkan air panas yang baru saja mendidih sekitar tiga gelas dan taruh sekitar 6 lbr daun tumbuhan ini. Ini untuk diminum tiga kali, setengah jam sebelum makan. Khusus untuk penggunaannya disarankan untuk tidak menggunakan gula.

4. Mengatasi kram saat menstruasi

Gangguan peredaran darah bisa terjadi saat menstruasi dan itu kadang kadang bisa mengakibatkan kram perut. Hal ini bisa diatasi dengan membuat minuman teh dari daun sereh yang direbus ditambah bubuk jahe. Bubuk ini dimasukkan sebanyak 2 sdt untuk satu gelas rebusan serai. Diminum setiap tiga jam, jadi empat kali setiap hari. Jangan lupa dosis sekali minumnya hanya 4 sdm(empat sendok makan).

Baca juga : 18 Cara Mengolah Tanaman Kembang Sepatu Menjadi Obat Dan Teh

Untuk mengatasi masalah haid yang tidak teratur bahan yang diperlukan adalah akar sereh 14 gram. Ditambah dengan daunnya, dipilih yang muda sebanyak 24 gram. Keduanya direbus bersamaan dengan air 220 ml. Setengahnya diminum pagi dan diulangi sore hari.

5. Mengobati diabetes

Kandungan citrat pada sereh mampu mengontrol insulin dalam tubuh dan  rebusan daunnya bisa dimanfaatkan untuk menghindari akibat buruk yang terjadi akibat diabetes.

Ramuannya sama dengan ramuan untuk mengatasi kram di atas namun dosis minumnya berbeda, yaitu satu gelas pagi hari dan diulangi di sore hari. Dalam keadaan perut masih kosong. Ini bisa dilakukan selama sebulan.

6. Menghangatkan badan

Rebuslah akar sereh segar sebanyak 2,5 gram dengan setengah gelas  air. Setengah gelas air rebusan sereh ini untuk sekali minum di pagi hari dan karena sebaiknya diminum dua kali maka buatlah ramuan ini sekali lagi pada sore hari. Diminum hangat, ramuan ini dapat mengatasi  kedinginan saat cuaca sedang tidak bersahabat.

7. Mengatasi pegal di seluruh tubuh

Masukkan 2 gram batang sereh, dua gelas air ke dalam panci dan rebus hingga mendidih. Tunggu hingga air rebusan tersisa satu gelas. 

Baca juga : 10 Penggunaan Obat Alami Letih Lesu Yang Mudah Diolah

Minuman ini bermanfaat untuk mengatasi rasa pegal linu dan buat lagi ramuan ini sekali lagi karena sebaiknya diminum dua kali sehari.

8. Menambah kesehatan kulit

Kali ini kita bicara tentang penggunaan minyak yang terbuat dari tanaman sereh. Banyak sekali manfaat minyak sereh dalam perannya sebagai bahan pengobatan alami. Khusus untuk kesehatan kulit, minyak sereh bisa dicampurkan pada shampoo atau sabun saat akan mandi. Minyak ini tidak berbahaya buat kulit, sebaliknya malah bermanfaat untuk menguatkan kulit di sekujur tubuh, termasuk menguatkan rambut dan kulit kepala.

Baca juga : Air panas dan Manfaatnya saat Digunakan untuk Mandi

Itulah beberapa keuntungan yang dapat kita peroleh dari manfaat dan cara pengolahan daun sereh yang semoga saja dapat berguna untuk kesehatan kita.

Adapun tentang jenis tanaman sereh yang sedang kita bicarakan ini adalah tanaman sereh yang biasa dipergunakan sebagai bumbu dapur. Bukan jenis yang biasa dipergunakan untuk bahan industri, contohnya kosmetik.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel