Manfaat Patikan Kebo Dan Cara Pengolahannya

Jika ada yang bilang bahwa tanaman ini konon sudah ribuan tahun digunakan sebagai obat herbal yang ampuh, itu tidak aneh. Karena hampir semua negara tropis diketahui mengenal patikan kebo sebagai tanaman obat. 

Tanaman yang selalu berbunga dan berbuah sepanjang tahun ini sering kita temui dan tumbuh liar di tanah kering atau lembab. Tak perduli dengan kondisi sekitar, di mana saja dia bisa hidup sempurna.

Di pinggir jalan tanaman ini ada. Pada lahan berlimbah sekalipun. Bahkan di padang rumput yang panas terik. Di jalan setapak tempat orang berlalu lalangpun herba ini bisa ditemui. Bersyukurlah kita dengan ketersediaan tanaman ini yang mudah diperoleh. Sehingga saat dibutuhkan kita tak perlu keluar uang untuk mendapatkannya.

Tentang manfatnya untuk kesehatan, itu tak perlu diragukan lagi. Seperti tadi disebut di atas, pemanfatannya bukan hanya oleh orang kita saja, tetapi juga oleh negara negara lain, terutama yang terletak di daerah tropis.

Khasiatnya antara lain bisa mengobati atau mengatasi masalah pencernaan dan pernafasan. Juga gangguan pada kesehatan kulit. Dan masih banyak lagi.

Untuk jelasnya mari kita simak beberapa manfaat patikan kebo dan cara pengolahannya seperti berikut di bawah ini.

patikan-kebo

1. Mengobati bronkhitis

Fungsi herba ini dalam hal mengobati bronkhitis adalah berkat khasiatnya memecah lendir pada hidung dan tenggorokan. Ini membuat si patikan kebo ini sering diandalkan untuk mengatasi masalah pernafasan.

Baca juga : 10 Obat Herbal Untuk Mengatasi Asma Berikut Cara Pengolahannya

Ambillah herba patikan kebo yang belum tumbuh bunganya atau sedang tidak berbunga. Dilumatkan sebanyak 10 gram dan setelah halus dicampur air. Dan obatilah penyakit bronkhitis Anda dengan meminum air saringan ramuan ini sekali sehari sebanyak seperempat gelas.

2. Sakit atau radang tenggorokan 

Sama seperti penggunaannya untuk masalah bronkhitis, efek anti radang pada patikan kebo mampu melemaskan otot otot yang kejang pada saluran tenggorokan.

Herba tanaman yang juga belum berbunga dikumpulkan sebanyak 5 batang. Semuanya direbus hingga mendidih pakai air 60 ml dan air rebusannya dipakai untuk kumur kumur. Sebagian airnya bisa Anda telan.

3. Disentri 

Patikan kebo ampuh menjaga saluran cerna usus dari parasit yang mengakibatkan diare dan gejala gejala disentri lain.

Siapkan 10 gram herba yang kering patikan kebo, ditambah bunga jengger ayam dan sambiloto masing masing 15 gram. Semuanya direbus dengan 3 gelas air. Tunggu sampai sebagian air menguap dan perebusan selesai saat airnya tinggal 1 gelas. Diminum semuanya saat perut masih kosong. Untuk diminum nanti sore semua ampasnya direbus lagi dengan jumlah air yang sama.

Bisa juga mengunakan cara lain yaitu merebus satu genggam daun patikan kebo ditambah gula batu secukupnya, direbus pakai air tiga gelas hingga mendidih dan saat air susut tinggal satu setengah gelas perebusan selesai. Ramuan ini dibagi rata untuk tiga kali pakai per hari.

4. Cacingan

Gunakan ramuan untuk mengatasi disentri pada nomor 3 di atas. Selain handal membasmi parasit, patikan kebo juga sekaligus membasmi cacing cacing parasit. Jadi saat Anda mengobati disentri, saat itu juga cacing yang berada di usus akan ikut dibasmi.

5. Melancarkan air seni

Gangguan kesehatan alat seksual bisa lebih terawat berkat sifat anti bakteri dan anti virus yang tersedia pada patikan kebo terutama untuk memulihkan gangguan pada saluran kemih.

Sekitar 40 gram herba segar direbus dengan air tiga gelas.Biarkan tetap mendidih sampai airnya tersisa 1 gelas dan satu gelas ramuan itu dipakai untuk dua kali minum, setengah pagi dan setengah siang.

Selain melancarkan air seni, ramuan ini juga  sekaligus berkhasiat membantu kesuburan, menambah gairah libido dan untuk pencegahan ejakulasi prematur.

Baca juga : Termasuk Melancarkan Air Seni Ini 10 Manfaat Dan Cara Mengolah Daun Kumis Kucing

6. Mengobati sakit kelamin

Masih terkait tentang pengobatan pada gangguan saluran kemih, sakit kencing nanah bisa diatasi dengan merebus sekitar 30 gram daun segar patikan kebo dengan air secukupnya. Biarkan mendidih 15 menit dan ramuan itu bisa digunakan untuk memberantas amuba penyebab kencing nanah.

7. Mengobati payudara bengkak

Satu genggam daun segar herba yang memiliki senyawa anti inflamasi ini ditambah dua sendok kacang kedelai. Direbus pakai air 4 gelas hingga tersisa dua gelas dan ramuan ini dibagi dua untuk dua kali minum.

8. Mengatasi ekstema

Patikan kebo adalah tanaman yang banyak mengandung getah, dan getah ini berkhasiat besar pada pengobatan kutil atau ekstema.

Air rebusan daun patikan kebo digunakan untuk mencuci area kulit yang sakit.

9. Mengobati batuk

10 gram daun segar dengan satu gelas air dan dibiarkan mendidih sampai jumlah air menjadi setengah gelas. Ini untuk sekali minum dan karena penggunaannya adalah dua kali sehari maka perebusannya harus juga dua kali.

10. Mengobati sakit thypus

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh asupan makanan yang telah tercemar oleh bakteri salmonella. Dalam hal ini patikan kebo yang anti bakteri itu tentu efektif untuk dipakai mengatasi masalah sakit typus.

Merebus herba patikan kebo dan meminumnya sehari tiga kali. Tentang berapa banyak herba yang akan direbus, adalah antara 30 gram sampai 150 gram, disesuaikan dengan beratnya penyakit. 

11. Mengatasi gatal di kulit

Daun herba ini memiliki senyawa etanol yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gatal berkat sifatnya yang anti jamur dan bakteri. Caranya dengan menambahkan kunyit pada lumatan daun herba ini. Keduanya diaduk dengan minyak kelapa dan dipanaskan di atas api kecil. Ramuan ini dioleskan di kulit  untuk membereskan masalah gatal termasuk gatal karena gigitan serangga atau kutu air.

12. Mengobati mata bintitan

Getah herba patikan kebo dioleskan pada area yang bintitan. Hati hati agar tidak mengenai mata Anda.

Baca juga : Cara Mudah Mengobati Kuku Rusak Karena Jamur

Demikian uraian dan bahasan kita tentang patikan kebo, semoga ada faedah yang dapat kita petik.

Sama dengan obat obatan lain, efek negatifnya juga ada. Beberapa diantaranya tentang kandungan euforbon yang terdapat pada getah patikan kebo. Getah itu dapat menyebabkan gatal gatal terutama buat yang alergi. Ada baiknya agar mereka tidak langsung menyentuh herba segar ini.

Karena diduga bisa mengakibatkan keguguran maka sebaiknya ibu hamil dan menyusui tidak usah mengkonsumsi herba ini.

Juga mereka yang mengalami masalah pada lambung atau pada usus, menggunakan herba ini dengan cara diminum bisa membuat derita karena iritasi yang bisa terjadi pada kedua organ tersebut.

Gunakanlah dosis dengan tidak berlebihan dan stop jika masalah sudah berakhir, itu cara aman untuk menggunakan patikan kebo sebagai obat herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel