Cara Mengobati Kolesterol Dengan Daun Salam

Daun salam, kalau di luar negeri disebut dengan nama 'Indian bay leaf.' Penamaan itu sebenarnya agak keliru karena tidak pantas tanaman asli Indonesia ini dikait-kaitkan dengan negara India. Daun salam itu bahkan tidak umum digunakan sebagai bumbu masak di sana. Orang Indonesia yang biasa menggunakannya. Itu sebabnya maka tumbuhan Indonesia ini akhirnya punya nama lain yang sedikit melegakan hati, yaitu Indonesian bay-leaf.

Tanaman semak ini, selain sebagai bahan pelengkap pada masakan, juga umum dipakai sebagai bahan pengobatan. Alasannya karena daun salam memiliki kandungan yang sifatnya sebaga penenang dan anti mikroba. Dikenal sebagai tumbuhan yang ampuh untuk mencegah naiknya gula darah, sanggup mengatasi gangguan pada sistem pencernaan serta berfungsi sebagai pembersih ginjal sekaligus meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh manusia. Juga manfaatnya biasa digunakan untuk mengatasi gangguan yang sifatnya berupa peradangan. Mengobati infeksi yang terjadi karena jamur. Atau karena virus.

Terkait perannya sebagai tumbuhan yang memiliki sifat diuretik yang mampu mengeluarkan zat zat yang tidak perlu, bahkan merugikan, yang berada dalam tubuh, maka daun salam ini sering dimanfaatkan untuk membasmi kelebihan lemak yang mengganggu pembuluh darah. Dengan kata lain daun salam sering digunakan untuk mengobati kolesterol.

Topik kita kali ini memang tentang bagaimana cara mengobati kelesterol dengan daun salam dan berikut ini ada beberapa cara mengobati kolesterol dengan menggunakan daun salam, yang bisa dipilih salah satunya untuk diterapkan.

daun-salam

Cara mengobati kolesterol dengan daun salam :

1. Seduhlah delapan lembar daun salam segar dengan 500 ml air yang sedang mendidih dan ditunggu selama 5 jam. Ramuan diminum tiga kali sehari. Harap diingat bahwa penggunaannya hanya tiga hari.

2. Caranya mirip cara di atas, daun salamnya langsung direbus dengan 300 ml air dan biarkan mendidih selama lima menit. Matikan api dan dibiarkan lagi tetap tertutup selama 3 jam. Ini diminum menjelang tidur dan durasi pemakaian juga tiga hari. Diulangi pada hari yang sama pada minggu depan.

3. Masukkan 7 gram daun salam kering ke dalam gelas dan tuangi dengan air yang sedang mendidih. Tutup dan tunggu beberapa saat hingga kandungan daun salam larut dalam air panas tadi. Dosis ramuan ini hanya satu sendok teh sebelum makan dan rutin dikonsumsi sebulan penuh.

4. Dua puluh lima gram daun salam kering diseduh dengan air 300 ml, ditutup rapat dan dibiarkan satu jam atau lebih. Ramuan ini hanya untuk sekali pakai dan hanya disarankan selama tiga hari dan dihentikan. Kemudian pemakaian dengan cara yang sama diulang seminggu kemudian.

5. Cara perebusan lain, yang ini biasanya menggunakan panci enamel. Suapkan 14 lembar daun salam direbus dengan air satu setengah gelas. Setelah mendidih selama lima menit perebusan dihentikan dan dibiarkan tetap tertutup 4,5 jam. Obat ini dibagi untuk dikonsumsi lima kali sehari. Penggunaan hanya untuk tiga hari, diulangi 2(dua) minggu kemudian.

Kalau kita perhatikan beberapa cara mengobati kolesterol dengan daun dalam seperti di atas sepertinya mudah melakukannya. Itu betul, tapi semua langkah itu membutuhkan kesabaran dan disiplin. 

Dan yang namanya pengobatan dengan bahan alami, itu tidak serta merta memberi hasil nyata. 

Penggunaan daun salam untuk mengobati kolesterol telah dilakukan sejak  jaman dahulu oleh para pendahulu kita. Banyak yang berhasil sembuh. Pembuluh darah menjadi bersih dan bebas sumbatan lemak.  

Walau begitu penggunaan daun salam memiliki banyak kontra indikasi. Tumbuhan ini memiliki satu kandungan yang disebut salisilat, yang bisa mempersempit aliran darah.

Itu salah satu penyebab daun salam tidak disarankan untuk ibu hamil. Untuk para pengidap gangguan saluran pencernaan, contohnya tukak lambung atau sembelit. Juga untuk penderita kencing manis atau diabetes.

Baca juga : Termasuk Mengatasi Diabetes Ini 10 Manfaat Dan Cara Mengolah Daun Kumis Kucing

Hal yang sama berlaku untuk penderita wasir.

Baca juga : Begini Cara Herbal Murah Mengobati Wasir Serta Pencegahannya

Banyak sekali resep ramuan untuk mengobati kolesterol, termasuk daun yang sedang kita bicarakan ini. Namun tumbuhan ini efektif bermanfaat jika digunakan dengan bijaksana. Apalagi terkait kontra indikasi, sikap hati hati adalah nomor satu. Terutama tentang dosis dan lamanya penggunaan, mengonsumsi daun salam bisa berbahaya jika tubuh juga sedang mengidap penyakit lain.

Jadi langkah terbaik sebelum digunakan adalah minta saran dokter.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel