Cara Mengolah Cocor Bebek Untuk Obat

Awalnya orang tertarik pada tanaman ini karena tampilannya. Hingga cocor bebek ini mulai dikenal hanya sebagai tanaman hias. Namun lama kelamaan para ahli mulai menaruh perhatian karena ternyata herba ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan manusia. Dan cocor bebek menjadi pusat perhatian karena khasiatnya itu. Apa saja khasiatnya itu dan bagaimana cara mengolah cocor bebek untuk obat, itulah yang menjadi topik kita kali ini.

Berikut di bawah ini penjelasannya.

Cara mengolah cocor bebek untuk obat

tanaman-cocor-bebek

1. Mengobati amandel

Daun cocor bebek mengandung senyawa anti bakteri, anti tumor dan sifat pencegah kanker. Cara menggunakannya untuk mengobati amandel adalah dengan melumatkan atau menghaluskan sekitar 7 lembar daun cocor bebek yang sudah dicuci dengan air matang, kemudian peras dan pisahkan airnya. Gunakan perasan itu sebagai obat kumur.

2. Mengobati luka koreng

Daun cocor bebek memiliki senyawa yang bersifat anti bakteri. Juga anti virus dan jamur. 

Baca juga : Manfaat Air Rebusan Daun Kelor Untuk Mengobati Luka Memar Atau Lebam

50 gram daun cocor bebek yang sudah dihaluskan disaring atau diperas untuk memisahkan airnya. Setelah ditambahkan madu satu sdm lalu diminum semuanya. Ampas daunnya ditempelkan pada luka koreng tersebut.

3. Mengatasi luka bisul

Daunnya dipanaskan di atas api, jangan sampai terbakar. Dioleskan pada luka bisu6l. Bisa juga digosok gosokkan lebih dahulu.

4. Mengatasi disentri

Daun herba ini ampuh menumpas bakteri yang menyebabkan gangguan pada pencernaan, seperti disentri dan gangguan ketidaknyamanan yang terjadi pada perut.

Ambil daun cocor bebek secukupnya dan haluskan, tempelkan dan balut di perut sebagai obat luar. Sorenya diganti dengan daun yang baru.

5. Mengobati muntah darah

Salah satunya lagi efek farmakologi daun cicor bebek adalah menghentikan pendarahan.

Tambahkan gula merah satu ruas ibu jari dan arak sepertiga gelas ke dalam panci yang berisi 7 lembar daun cocor bebek yang sudah dihaluskan. Panci kemudian ditaruh di atas api dan masaklah ramuan ini, di-tim. Minumlah ramuan ini setelah terasa hangat, untuk mengobati muntah darah Anda.

6. Mengatasi nyeri pada pinggul

Nyeri pada panggul bisa diredakan oleh sifat tumbuhan ini, yang salah satunya adalah sebagai obat penenang.

Baca juga : Beberapa Cara Alami Mengatasi Batu Empedu

Gunakan 1.5 gelas air untuk merebus 30 gram daun cocor bebek. Setelah airnya tinggal setengah gelas nyala api dimatikan dan ditunggu beberapa saat hingga ramuan dingin. Ramuan diminum dan buatlah ramuan sekali lagi karena penggunaannya dua kali sehari. Atau bisa juga dibuat sekaligus untuk dua kali pemakaian.

7. Mengatasi sakit buang air kecil

Juga ada kandungan antilitik pada cocor bebek, itu berkhasiat untuk mencegah atau menghilangkan batu ginjal. 

Baca juga : 10 Manfaat Dan Cara Mengolah Penggunaan Daun Kumis Kucing

Rasa sakit saat buang air kecil bisa diatasi dengan membuat ramuan dari daun cocor bebek dan caranya adalah daun cocor bebek dihaluskan, ditambah garam dan ditempelkan pada area di antara pusar dengan alat kelamin.

8. Mengobati gastritis atau radang lambung

Haluskan lima lembar daun tanaman ini. Setelah diberi garam sedikit ramuan ini diperas dan airnya diminum semuanya. Keperluannya adalah dua sampai tiga kali sehari maka buat lagi yang baru.

9. Mengobati wasir

Pertama yang disiapkan adalah mengeringkan sejumlah daunnya. Pengeringan tidak di bawah sinar matahari tetapi ditaruh di tempat teduh dan dibiarkan sampai kering. Jika sudah maka daun itu ditumbuk untuk dibuat menjadi seperti bubuk. Seduh sekitar 1,3 sdm bubuk ini dalam segelas air panas dan tambahkan madu sejumlah bubuk tadi. Ramuan ini digunakan tiga kali dalam sehari.

10. Mengobati rematik

Peran cocor bebek sebagai obat penenang dan mencegah peradangan bermanfaat juga untuk mengatasi gangguan nyeri pada pengidap  rematik. Penggunaannya sama dengan cara mengobati nyeri pada pinggul.

Demikianlah beberapa cara mengolah daun cocor bebek untuk obat ini, semoga dapat membantu dalam hal penggunaannya. Perlu juga diingat bahwa ini hanya sekedar berbagi info, tidak bisa dianggap sebagai bahan jaminan penyembuhan. Sebab efektifitas obat herbal berbeda pada setiap orang. Ada yang menggunakan obat herbal ini dan efektif hasilnya, namun biasa juga pada orang lain hasilnya tidak memberi bukti yang banyak.

Meski tidak atau belum ada anjuran resmi, namun ibu hamil dan menyusukan bayi sebaiknya tidak menggunakan tanaman obat ini. Karena cocor bebek diyakini dapat merangsang kerja rahim. Juga bagi mereka yang sistim kekebalan tubuhnya tidak prima. Sangat riskan apalagi jika digunakan terus menerus. 

Wassalam dan semoga sehat selalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel