Manfaat Rebusan Daun Pegagan

Satu keistimewaan dari tumbuhan daun pegagan yaitu semua bagian dari herba ini dapat dimakan. Mulai dari bunga, batang dan daun hingga akarnya. Rasanya pahit sekali memang. Tapi rasa pahit itu tidak berarti apa apa jika dibandingkan dengan manfaatnya. Lagi pula bisa diatasi dengan menambahkan bahan pemanis. Kita ambil contoh daunnya saja, itu biasa direbus dan dibuat sebagai minuman teh. Ditambahkan gula. Minuman teh daun pegagan ini bermanfaat untuk menghilangkan pilek, juga batuk.

Adapun tentang manfaat rebusan daun pegagan, selain teh tadi, sudah banyak diketahui dan beberapa diantaranya akan kita ulas di sini. Dan tentang cara penggunaannya kita fokus pada manfaat daun pegagan yang diolah dengan cara perebusan.

daun-pegagan

Manfaat rebusan daun pegagan.

1. Mengobati bisul

Rebuslah daun pegagan beserta batangnya sekitar 45 gram menggunakan air tiga gelas. Biarkan mendidih dan tunggu hingga jumlah air tersisa satu gelas. Air rebusan ini diminum setengahnya pagi hari dan sisanya di waktu sore. 

Baca juga : Cara Mengolah Cocor Bebek Untuk Obat Termasuk Mengatasi Luka Koreng Dan Bisul 

Ramuan ini juga berkhasiat menghilangkan rasa sakit dan mempercepat sembuhnya kulit luka, berkat manfaat daun pegagan yang bisa mengatasi masalah sirkulasi dan pembekuan pada darah.

2. Mengobati asma

Untuk keperluan ini daun pegagan ditambah dengan daun putri malu masing masing 15 gram, menggunakan air 1,5 gelas untuk perebusan. Saat air sudah mendidih dan tinggal setengah gelas, hentikan perebusan dan dibiarkan sampai panasnya reda dan dingin. Air rebusan ini diminum semuanya. Ramuan ini diminum dua kali sehari.

Baca juga : 10 Pilihan Obat Herbal Untuk Asma Berikut Cara Pengolahannya

3. Mengobati campak

Rebus sekitar 90 gram daun pegagan beserta batangnya direbus bersama air empat gelas dan setelah air tersisa dua gelas, lebih sedikit, ramuan diangkat. Semua ramuan ini untuk tiga kali minum setiap hari.

4. Mengobati tekanan darah tinggi

Salah satu sifat daun pegagan adalah sebagai pembersih darah dengan menurunkan kadar kolesterol yang mengganggu. Itu berarti juga bahwa tumbuhan ini bermanfaat dalam hal mencegah serangan jantung.

Baca juga : Termasuk Mengobati Darah Tinggi Ini 18 Cara Mengolah Kembang Sepatu Menjadi Obat Dan Teh

Daun pegagagan beserta batang 10--20 gram direbus dengan segelas air hingga tinggal setengahnya. Air rebusan ini untuk sekali minum, keperluan per hari adalah tiga kali minum.

Ramuan lainnya adalah merebus 5 lembar daunnya dengan tigaperempat gelas air hingga mendidih dan airnya tertinggal menjadi 1/4 gelas. Air ini diminum sekaligus. Ramuan ini digunakan tiga kali sehari.

5. Mengobati hepatitis

Sekitar 45 gram daun direbus menggunakan air 3 gelas, setelah tersisa 1,5 diminum tiga kali sehari masing masing setengah gelas.

6. Mengobati wasir

Yang digunakan daun pegagan beserta seluruh batang dan akar sejumlah 50 gram. Atau sekitar 4 hingga 5 batang tanaman utuh. 

Baca juga : Begini Cara Herbal Murah Mengobati Wasir Serta Pencegahannya

Air perebusan dua gelas dan dibiarkan mendidih selama seperempat jam. Diminum semuanya sekaligus.

7. Mengobati gangguan saluran kencing

Yang dibutuhkan adalah 30 gram daun pegagan dan air untuk merebusnya,digunakan air bekas mencuci beras, dan disarankan menggunakan air bilasan atau cucian yang kedua kalinya. Ramuan ini dapat mengatasi gangguan saluran kencing karena sifat antibakterinya  yang mampu memulihkan masalah saluran kemih.

8. Meningkatkan nafsu makan

Daun pegagan satu genggam direbus dengan air satu gelas. Setelah air tinggal satu gelas semua air rebusan ini diminum. Lakukan selama beberapa hari sampai khasiatnya terasa.

Demikianlah tentang beberapa manfaat rebusan daun pegagan ini, semoga dapat membantu dan dipergunakan bilamana perlu.

Penting untuk diingat agar menghentikan penggunaan jika kondisi sudah sembuh. Sangat disarankan juga agar tidak menggunakan herba ini dengan takaran berlebihan. Bahkan khusus buat wanita yang mendambakan punya anak dan ingin hamil,sebaiknya tidak usahlah mengkonsumsi daun pegagan. Karena efek negatifnya yang mengurangi peluang untuk terjadinya kehamilan.

Jadi sekali lagi hindarkan penggunaan herba ini secara terus menerus lebih lebih dengan dosis yang berlebihan.

Resiko umum dan efek sampingnya mulai dari yang terendah adalah sakit kepala hingga dapat membuat pengguna tak sadar diri bahkan koma.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel