Cara Alami Mengatasi Perut Kembung Setelah Makan

Manusia perlu makan untuk memberi nutrisi bagi tubuhnya. Itu mutlak perlu untuk meneruskan kehidupannya sebagai makhluk bernyawa. Namun sayangnya pada sebagian orang sering muncul masalah begitu dia selesai makan. Contohnya perut yang kembung. Walaupun masalah perut kembung setelah makan bukanlah penyakit yang serius namun dapat membuat gangguan kenyamanan. Apalagi pengaruhnya pada aktifitas sehari hari. Di bawah ini ada beberapa cara alami mengatasi perut kembung yang semoga bisa anda terapkan untuk meringankan masalah ini.

Baiklah kita ulas saja satu per satu tentang cara alami mengatasi perut kembung setelah makan, di bawah ini.

mengatasi-perut-kembung

1. Daun kentut

Walaupun memiliki nama yang sedikit tidak sopan, herba ini punya kemampuan besar untuk mengatasi perut kembung. Juga mencegah terjadinya penumpukan gas pada perut, sekaligus mampu mencegah radang di usus. Jadi tanaman ini bisa digunakan sebagai pencegah perut kembung dengan cara mengkonsumsinya sebelum makan. Haluskan sekitar 50 gram daun segarnya, masukkan pada 100 ml air yang sudah matang. Beri garam secukupnya dan diminum. 

2. Jintan

Jintan itu bersifat karminatif, yaitu mampu mencegah dan mengeluarkan gas yang menumpuk dalam saluran pencernaan. Itu saja sudah cukup jadi alasan kenapa jintan dapat mencegah perut yang kembung.

Juga tanaman ini bersifat pereda nyeri. Ditambah lagi beberapa senyawa dalam kandungan adas yang memiliki kemampuan antispasmodik, yaitu mampu mencegah kejang pada otot. Pengolahan jintan untuk perut kembung, yang digunakan adalah bijinya. Untuk sekedar mencegah makanlah biji jintan sebagai cemilan begitu Anda selesai makan. Adapun ramuan untuk mengobatinya, dengan meminum teh biji jintan dua kali sehari. Masukkan 1 sdt biji jintan ke dalam gelas dan siram dengan air yang baru mendidih kemudian gelas ditutup selama 10 menit. Cukup dua kali sehari, minum teh biji jintan adalah salah satu cara ampuh alami mengatasi perut kembung setelah makan.

3. Adas

Sifat adas hampir menyerupai jintan. Sama sama karminatif dan kedua duanya mampu mencegah perut kembung. Satu lagi kemiripan khasiatnya adalah mampu mencegah kejang pada otot pencernaan.

Baca juga : Ini Selengkapnya Manfaat Daun Adas Dan Cara Mengolahnya

Makan biji adas begitu selesai makan sangat berkhasiat mencegah perut kembung. Bisa juga membuat teh biji adas, caranya persis seperti kalau Anda memilih menggunakan biji jintan.

4.Kapulaga

Ini satu lagi tanaman yang bersifat karminatif. Pemanfaatannya mengatasi perut kembung juga dengan cara meminumnya seperti minum teh. Anda perlu menambahkan biji jati belanda (guazuma ulmifolia) yang juga berkhasiat mengobati sakit perut kembung sebanyak 10 butir. Campur dengan biji kapulaga yang ditumbuk sebanyak tujuh butir. Jangan lupa agar biji kapulaganya disangrai dahulu sebelum ditumbuk Siram dengan air mendidih 100 ml, teh kapulaga Anda sudah jadi siap diminum.

5. Tanaman bandotan

Tanaman ini juga berkhasiat meredakan perut kembung yang disertai mulas dan muntah sehingga tidak aneh masyarakat kita sering menggunakan herba ini sebagai obat alami. Cara menggunakan bandotan yang bersifat diuretik dan anti toksik ini, sebuah tanaman bandotan dicincang sampai menjadi potongan potongan kecil dan direbus dengan 600 ml air sampai mendidih. Setelah surut menjadi 200 ml, dinginkan dan ramuan ini diminum. Penggunaannya dua atau tiga kali untuk satu hari.

6. Jahe

Jahe ampuh dipakai untuk menekan gas dan kembung berkat senyawanya yang disebut gingerola. Juga gingerola ini bisa membuat otot usus menjadi rileks atau kendor. Satu lagi khasiatnya adalah meredakan peradangan pada usus.

Untuk mencegah perut kembung jahe bisa dengan cara mengkonsumsi 1 sdt jahe yang telah Anda parut. Itu dilakukan menjelang Anda makan.

Ramuan yang harus Anda minum adalah jahe yang sudah dipotong ptong menjadi lembaran tipis, disiram air 100 ml, yang baru mendidih. Tutup selama 10 menit. Ramuan ini diminum tiga kali setiap hari dan sebagai pemanis minuman itu Anda bisa menambahkan madu.

7. Labu

Salah satu penyebab terjadinya kumpulan gas pada perut adalah karena kadar natrium yang berlebih. Nah, labu dengan kandungan potasium-nya mampu mengurangi atau membersihkan natrium itu semuanya. Juga serat yang banyak pada labu, itu berkhasiat banyak untuk meredakan perut yang kembung. Tambahkan saja daging buah labu ke dalam makanan Anda, maka gas akan berkurang dan semakin terhindar lagi gangguan karena labu juga berkhasiat untuk melancarkan sistem pencernaan karena sejumlah serat labu tadi.

Selain beberapa penggunaan di atas ada baiknya jika Anda yang sering menderita gangguan perut kembung secara rutin membuat jus lemon dan mengkonsumsinya setiap hari. Menggunakan air hangat dan diminum setiap pagi saat perut sarapan.Lemon itu adalah pencahar, diuretik alami dan dapat meredakan perut yang kembung dengan sifatnya yang mengeluarkan garam dari tubuh.

Demikian sekedar ulasan tentang cara alami mengatasi perut kembung setelah makan ini, semoga dapat membantu dan meringankan masalah yang menimpa perut Anda. Jangan lupa untuk hanya menggunakan salah satu dari beberapa cara yang tersebut di atas. Atau berkonsultasi dahulu dengan ahli kesehatan.

Salam sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel