Cara Mengatasi Sulit Tidur Dengan Obat Herbal Alami

Setiap orang rata rata menghabiskan waktu sepertiga dari hidupnya untuk tidur. Delapan jam sehari. Itu bukan pemborosan atau buang buang waktu, karena tidur adalah kebutuhan. Jadi bersyukurlah orang yang bisa tertidur lelap. Tidak seperti sebagian orang yang hidupnya prihatin karena tak punya waktu cukup untuk tidur. Bukan karena sibuk mengurus negara dan bangsa ini umpamanya. Atau karena terlalu rajin memburu harta. Tetapi karena memiliki masalah atau kesulitan untuk bisa tidur. Untuk itulah kali ini kita sedikit membahas tentang cara mengatasi sulit tidur dengan obat herbal alami. Semoga dapat membantu.

Baiklah kita mulai saja.

Cara mengatasi sulit tidur dengan obat herbal alami 

mengatasi-sulit-tidur

1. Teh hijau

Salah satu kandungan teh hijau yang berkaitan dengan masalah sulit tidur adalah bahan kimia yang bernama L-Theanine. Fungsinya yaitu untuk merangsang terciptanya suasana relaksasi pada otak. Suasana relaksasi yang mutlak perlu mendorong seseorang agar bisa tertidur. Minum 3 hingga 4 gelas sehari dapat mengurangi letih lesu setelah beraktifitas seharian, membuat otot lebih rileks dan membuat masalah dapat teratasi karena teh hijau ini yang membuat tidur menjadi lebih berkualitas.

2. Bunga pagoda

Bunga pagoda biasanya ditaman sebagai tanaman hias. Namun ternyata bunga ini juga bermanfaat  untuk masalah sulit tidur

Yang dibutuhkan adalah akarnya. Ambil secukupnya dan dikeringkan  kemudian Anda haluskan menjadi bubuk. Masukkan 1 sdt bubuk itubke dalam satu sloki arak manis dan diminum menjelang tidur.

3. Biji labu

Pada biji labu, kandungan yang bekerja mendorong terkadinya tidur namanya L-triptofan. Fungsi kandungan ini merangsang terjadinya tidur berkat asam amino. Seperti diketahui salah satu khasiat asam amini dalam tubuh adalah meningkatkan kerja serotonin dan melatonin. Serotonin sendiri adalah hormon yang mendukung terjadinya suasana bahagia dan melatonin berguna meningkatkan kualitas tidur. Satu lagi kandungannya yang ada hubungannya dengan mengatasi sulit tidur yaitu  magnesium. Siapapun orangnya jika memiliki magnesium berkadar rendah dalam tubuhnya pasti mendapat masalah sulit tidur. Dan biji labu kaya akan magnesium.

Dosis pemakaian biji labu 1 sampai 2 sdm setiap hari dan itu sudah cukup untuk mengatasi sulit tidur.

Untuk cara mengkonsumsinya cukup dengan menyertakan biji labu ke dalam makanan sehari hari atau bisa dimakan mentah sebagai cemilan. Ada juga yang memanggangnya terlebih dahulu.

4. Daun kangkung

Penggunaan daun kangkung untuk mengundang kantuk dan tertidur sudah umum dilakukan. Cara menggunakannya bisa direbus atau dilalap, dilakukan malam hari menjelang tidur. Biasanya berhasil dan itu semua berkat salah satu kandungannya, yaitu senyawa sedatif, yang bisa membuat ngantuk.

5. Buah pisang

Ada unsur penting dalam buah pisang yang sangat bermanfaat untuk membuat tidur lebih sehat. Pertama adalah kalium. Kalium itu memberi manfaat besar membuat tidur lebih lama. Yang kedua namanya potasium. Unsur ini menjaga tidur Anda tidak terganggu berkat kemampuannya mencegah terjadinya kejang otot. Kejang otot sering membuat tidur orang terganggu, bukan ? Rutin memakan buah pisang, itu cara sederhana tapi ampuh untuk mengatasi masalah sulit tidur. Tapi tahukah Anda bahwa kulit pisang juga ampuh mengatasi sulit tidur ?

Baca juga : 8 Faedah Luar Biasa yang diperoleh jika Setiap hari makan Buah Pisang

Cara membuat ramuannya hanya dengan mengambil satu ujung kulit pisang yang sudah matang. Direbus selama 10 menit, airnya satu gelas dan kemudian disaring. Air rebusannya Anda minum.

6. Pule pandak

Tanaman pule pandak juga bermanfaat untuk mengatasi sulit tidur karena efek sedatif yang dimilikinya. Efek sedatif sifatnya bisa membuat rasa mengantuk. Tapi tanaman ini tidak disarankan bagi penderita tukak lambung.

Yang dibutuhkan adalah akarnya dan cukup dengan merebus 15 gram akar pule pandak dengan air tiga gelas, setelah tinggal satu gelas, dinginkan untuk kemudian diminum.

Ada juga yang menggunakan cara lain yaitu meminum segelas susu yang sudah diberi 1 gram bubuk kering akar tanaman ini.

Baca juga : Termasuk Mengatasi Insomnia Ini Manfaat Daun Adas Dan Cara Mengolahnya

Demikianlah uraian tentang beberapa cara mengatasi sulit tidur dengan obat herbal ini, semoga ada faedahnya untuk kita semua. 

Baca juga : Sebab terjadinya Mimpi Buruk dan Bagaimana Cara Mencegahnya 

Sekedar mengingatkan semua ini hanya sekedar berbagi informasi. Langkah yang baik sekali jika Anda minta saran pada ahli kesehatan, lebih lebih jika Anda memiliki penyakit tertentu.

Semoga tidur Anda nyenyak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel