Khasiat Blustru Untuk Kesehatan Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Blustru itu adalah tanaman yang masih satu jenis dengan ketimun, buahnya berbentuk silinder dan biasa dikonsumsi sebagai sayuran. Kulit buahnya tipis, dagingnya berwarna putih. Enak dimakan dengan rasanya yang agak manis, tapi tidak untuk buah yang terlalu matang, karena rasanya yang berubah pahit.

Kandungan antioksidan terdapat pada tanaman ini. Juga berbagai mineral dan lipid. Satu hal yang paling menyolok, blustru adalah sumbernya vitamin A dan karbohidrat. Vitamin lain yang ada pada blustru selain vitamin A yaitu kaya vitamin B5 dan juga vitamin C.

Berdasarkan berbagai kandungan di atas, sudah cukuplah menjadi alasan  buat kita untuk mengatakan bahwa blustru dapat dipergunakan sebagai tanaman obat ?

Jawabannya adalah ya, dan itu terbukti dengan pengunaan blustru yang sejak dahulu dimanfaatkan orang untuk peningkatan kesehatan.

Bisa mengobati diabetes karena khasiatnya yang dapat menurunkan jumlah kadar gula pada darah. Mengatasi sembelit juga. Ampuh dalam hal menurunkan berat badan sehingga bisa dimasukkan dalam daftar menu diet.

Meningkatkan kekebalan dengan cara membuang racun dari tubuh.

Dan banyak lagi manfaatnya seperti yang akan kita uraikan di bawah ini.

tanaman-blustru

1.Mencegah penyakit kardiovaskuler

Telah kita sebut di atas tadi bahwa tanaman ini kaya vitamin B5 yang khasiatnya adalah membasmi kolesterol jahat dan trigliderida.

2. Mencegah diabetes

Kandungan unsur yang bernama mangan, apabila tidak cukup jumlahnya dalam tubuh manusia maka orang itu mudah mengidap penyakit diabetes. Mengkonsumsi blustru yang banyak mengandung mangan sangat berguna untuk mencegah diabetes.

3. Menyehatkan mata

Peluang orang yang banyak asupan vitamin A dalam tubuhnya akan kecil peluangnya diserang gangguan kesehatan mata seperti mata kering dan gangguan lain pada indra penglihatan lainnya.

4. Mencegah kram otot

Rendahnya kadar kalium adalah penyebab utama kram otot. Blustru bisa digunakan untuk mengatasinya.

5. Mencegah rematik

Unsur tembaga yang terdapat pada tanaman ini sangat berfaedah untuk mengatasi otot yang nyeri karena rematik. Blustru berperan besar untuk memperbaiki kekuatan otor sehingga terhindar dari penyakit rematik.

Baca juga : 10 Cara Mudah Mengobati Rematik Minuman Teh

6. Menyehatkan kulit

Blustru berkhasiat besar untuk menjaga kesehatan pada kulit. Tipis kemungkinan kulit menjadi kering apabila kita sering mengkonsumsi blustru. Vitamin C pada tanaman ini membantu proses terbentuknya protein pada kulit dan ini artinya blustru dapat menunda proses penuaan.

7. Menambah daya ingat

Zat besi yang banyak pada blustru bermanfaat mengatasi daya ingat yang rendah. Sekaligus berguna menghindarkan penurunan produktivitas akibat kekurangan zat besi tadi.

8. Mencegah anemia

Jika jumlah sel darah merah tidak tersedia dalam jumlah yang cukup maka terjadilah apa ysng disebut anemia. Vitamin B6 yang tersedia pada blustru dapat menghasilkan hemoglobin pada darah. Dan derita akibat anemia seperti cepat lelah dan nyeri serta pegal akan dapat dihindari.

Baca juga : Mengatasi Letih Lesu Dengan Cara Pengobatan Alami

Itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh melalui penggunaan blustru sebagai makanan. Blustru aman dikonsumsi, tanpa efek samping. Termasuk ibu hamil dan menyusui, mereka dapat mengkonsumsinya, tentu saja tidak dalam jumlah yang berlebihan. Juga dalam hal penggunaannya untuk perawatan kulit.

Tentang penggunaannya sebagai tanaman obat, sejauh ini juga belum terdengar adanya efek samping yang merugikan. Beberapa penggunaan tanaman ini sebagai obat adalah:

1. Mengobati asma

Yang digunakan adalah bunga tanaman blustru, sekitar 15 gram, direbus pakai air 600 ml. Biarkan mendidih hingga sebagian airnya menguap dan tersisa 200 ml. Setelah dingin kemudian ditambah dengan madu dan semuanya diminum pagi hari. Lakukan hal yang sama untuk penggunaan siang dan sore hari.

2. Meningkatkan kualitas sperma

Biji buah blustru segar sebanyak 10 butir dimakan bersama satu genggam kacang tanah. Dimakan sebelum sarapan selama enam hari.

3. Mengobati bisul

Sejumlah bijinya dipotong potong dan direndam dengan air matang, dibiarkan sehari penuh dan kemudian airnya diminum. 

4. Mengatasi nyeri haid

Rendam daging buah blustru beserta kulitnya dengan segelas air panas dan dikonsumsi seperti minum teh. Untuk mengatasi haid tidak lancar lakukan dengan cara menyerut daging segar buah blustru sebanyak 40 gram dan ditambah air matang, diperas untuk diambil airnya. Setelah disaring bubuhi garam dan diminum. Lakukan pembuatan dan penggunaan ramuan ini tiga kali sehari.

Baca juga : Uraian Tentang 10 Obat Herbal Untuk Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi

Demikian sedikit uraian tentang khasiat tanaman blustru untuk kesehatan, semoga dapat memberi faedah.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel