10 Khasiat Daun Tembelekan Untuk Penyembuhan Berbagai Penyakit

Tak indah nama tumbuhan yang satu ini. Bayangkan saja, tanaman tembelekan yang bernama latin lantana camara ini, oleh orang Indonesia disebut dengan nama bernuansa bau, yaitu tahi ayam. Ini mungkin berkaitan dengan bunga tanaman ini yang mengeluarkan aroma tak sedap. Ada beberapa nama lain yang dipakai untuk menyebut namanya, tapi sayangnya justru salah satu nama sinonimnya adalah tahi kotok. Nama yang tak indah juga. 

Negara tetangga kita yaitu Malaysia mungkin punya indra penciuman yang berbeda dari kita sebab herba ini mereka sebut dengan nama bunga tahi anjing atau bunga tahi asu. Ada memang nama lainnya dan salah satunya adalah bunga tahi ayam busok.

Tapi sudahlah, sekarang kita perlu tahu dulu apa alasannya hingga kita harus merasa perlu untuk mengulas tanaman tembelekan ini.

Alasannya adalah khasiatnya, begitu banyak khasiat yang dapat kita peroleh dari tembelekan, terutama untuk kesehatan.

Mampu mengatasi macam macam masalah pada kulit seperti luka berdarah, dapat meredakan sakit pinggang, masalah pada saluran cerna, keluhan pada persendian dan beberapa hal lainnya, yang untuk singkatnya kita mulai saja satu per satu.

tanaman-tembelekan

1. Mempercepat sembuhnya luka di kulit

Tembelekan berkhasiat mengobati luka pada kulit. Ada senyawa anti septik sekaligus anti mikroba pada tumbuhan ini yang bekerja untuk mengatasinya. Membuat luka steril, bebas dari mikroba adalah salah satu fungsinya. Efeknya untuk mempercepat sembuhnya luka kulit. Luka kulit dimaksud adalah luka karena sakit campak dan cacar air. Termasuk juga luka karena jamur seperti kurap dan kudis. Cukup dengan menghaluskan daun tembelekan hingga lumat dan tempelkan pada bisul, diganti 3 kali sehari maka bisul akan cepat sembuh.

Juga untuk mengatasi eksim, dengan merebus 80 gram daun tembelekan dan merebusnya dengan 600 ml air, maka keluhan kulit luka akibat eksim akan bisa diatasi dengan cara mencuci luka eksim itu dengan ramuan ini.

2. Mengobati luka berdarah

Ini juga berkat sifat herba tembelekan yang anti septik. Melumatkan bunga tembelekan 40 gram ditambah daunnya 20 gram dan dipakai sebagai obat penempel pada luka berdarah, maka luka akan cepat kering.

3. Melancarkan air seni

Gangguan umum ini sering  terjadi dan efeknya sangat membuat tidak nyaman. Akar tembelekan ampuh untuk mengatasi masalah ini. Caranya dengan membuat rebusan akar yang sudah dipotong potong sebanyak 25 gram direbus dengan air 300 ml sampai mendidih dan airnya susut hingga menjadi 100 ml. Ini diminum pagi hari dan perlu dibuat sekali lagi untuk diminum saat sore.

4. Mengatasi batuk

Penggunaan tembelekan untuk mengatasi batuk sebenarnya sudah umum diketahui oleh masyarakat kita. Ada yang mengolahnya dengan cara merebus dan digunakan sebagai obat kumur.

Sebagian lagi merebusnya untuk diminum. Merebus sekitar 2  gram herba kering ini dengan segelas air, ditunggu hingga jumlah air menjadi setengahnya. Dan itu dibuat tiga kali untuk diminum pagi siang dan sore.

5. Meredakan rasa nyeri

Meredakan rasa nyeri akibat gigitan serangga atau lebah juga bisa diatasi dengan menggunakan herba ini dengan cara menghaluskan daunnya dan dioles atau digosokkan pada area luka. Masih terkait dengan rasa nyeri, tembelekan juga berkhasiat besar mengatasi rasa sakit karena sakit kepala dan sakit gigi.

6. Menangkal radikal bebas

Anti oksidan pada tembelekan serta sifat karsinigeniknya sangat ampuh untuk mencekal radikal bebas pada tubuh.

7. Menyembuhkan penyakit cacar

Untuk cacar air bisa meminum rebusan herba tembelekan 100 ml dua kali sehari dan pada hari ketiga aktivitas pengobatan menggunakan jumlah ramuan yang lebih banyak, karena air rebusan dituangkan ke dalam bak untuk tempat mandi dengan cara berendam.

8. Meningkatkan kerja sistem pencernaan

Seperti yang kita sebut di atas tadi, tembelekan memiliki senyawa yang sifatnya anti septik sekaligus anti mikroba. Dan satu lagi kandungan tanaman ini, namanya alkaloid, sangat berguna untuk merangsang aktivitas usus.Gangguan pencernaan yang terjadi seperti sakit perut dan diare, yang biasanya terjadi akibat makanan non hyegenis atau dengan kata lain karena keracunan. Cara pemanfaatan tembelekan untuk mengatasinya yaitu dengan membuat rebusan daun segarnya sejumlah 80 gram, disiram dengan air yang sedang mendidih. Ditunggu sekitar seperempat jam, maka dengan meminum ramuan ini sekaligus sakit perut karena mengkonsumsi makanan non hyegenis bisa diredakan.

9. Menambah nafsu makan

Yang digunakan adalah batangnya, diambil secukupnya untuk direbus.

Meminum air rebusan akar tembelekan memberi dampak positif pada orang yang selera makannya berkurang.

10. Meredakan nyeri rematik

Nyeri karena rematik itu sangat mengganggu kenyamanan. Dan mengganggu aktivitas. Penggunaan yang biasa dilakukan adalah dengan memanaskan daunnya yang sudah dilumuri minyak kelapa di atas api dan menggosok gosokkannya pada area yang nyeri. Minyak atsiri pada daun ini sekaligus juga bermanfaat meredakan rasa gatal.

Baca juga : Uraian Tentang 10 Cara Mengobati Rematik Dengan Teh

Masih banyak khasiat lain dari daun tembelekan yang dapat digunakan untuk kesehatan kita.

Memberantas racun berbahaya dari tubuh, itu khasiat penting pertama dari tanaman ini, yang sangat berguna mengoptimalkan kerja setiap organ tubuh.

Rebusan akarnya yang berkhasiat meringankan penyakit asma.

Baca juga : 10 Obat Herbal Untuk Asma Berikut Cara Mudah Pengolahannya

Berkumur pakai rebusan daun untuk meredakan nyeri karena sakit gigi.

Mengoleskan rebusan daunnya juga, selain mengatasi eksim atau bisul juga ampuh melenyapkan gatal jika digosokkan pada kulit.

Meringankan sakit karena terkilir dengan menghaluskan daunnya dan dipakai sebagai pasta untuk ditempelkan.

Apakah ada efek sampingnya ?

Walau begitu banyak khasiatnya, harap diingat efek sampingnya tetap saja ada. Dan perhatian kita utama adalah pada sifat tanaman ini yang beracun. 

Semua bagian tanaman ini.

Buah yang belum matang sangat berbahaya jika dikonsumsi karena mengakibatkan kesulitan saat bernafas, daun mentahnya mengakibatkan peradangan pada kulit. 

Cara terbaik jika menggunakannya dengan cara merebus adalah lakukan perebusan dengan cara yang sebenar-benarnya orang merebus.

Baca juga : Manfaat Dan Mengolah Rebusan Daun Pegagan Untuk Meningkatkan Kesehatan

Satu lagi, penggunaan yang berkelanjutan dapat mengakibatkan gangguan pada hati dan ginjal.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel