Manfaat Bunga Kenop Ungu Untuk Kesehatan

Bunga kenop itu adalah tanaman yang memiliki tampilan indah. Tanaman yang seluruh tubuhnya berselimut bulu halus itu umumnya memiliki kembang berwarna putih. Warna lainnya adalah ungu, kuning, jingga atau merah, semua kembang itu juga indah. Dan satu lagi, bunga kenop yang beberapa warna itu semuanya bermanfaat untuk kesehatan, dengan khasiat yang sama. Manfaat bunga kenop untuk kesehatan meliputi penyakit umum terjadi akibat gangguan sistem pencernaan, karena peradangan, dan masih banyak lagi.

Manfaat bunga kenop untuk kesehatan itu bisa sangat berfaedah berkat tumbuhan ini kaya akan anti oksidan dan protein. Dilengkapi lagi oleh sejumlah vitamin dan mineral yang membuat tanaman yang bisa dimakan ini menjadi nutrisi sehat sekaligus ampuh mengobati beberapa penyakit.

manfaat-bunga-kenop-ungu

Di antara beberapa penyakit itu adalah :

1. Mengatasi inflamasi 

Asam urat dan juga radang sendi dapat diatasi dengan memafaatkan bunga kenop sebagai obatnya. Ada satu kandungan pada herba ini, namanya peptida, itu adalah senyawa yang sifatnya mampu berperan untuk menurunkan peradangan.

Untuk mengatasi peradangan seperti rematik umpamanya, cara praktis pengguaan bunga kenop cukup dengan meminum teh bunga kenop secara rutin. Cara membuatnya, rebus bunga kenop segar maupun bunga keringnya dan air rebusannya dikonsumsi untuk minuman teh sehari hari. Teh ini memang bisa membuat kurang nyaman pada mulut, terutama di langit-langit. Jadi boleh juga kalau ingin teh itu terasa manis, tambahkan madu. 

Teh ini juga ampuh dipakai untuk meringankan diabetes. Khasiat lainnya, efeknya sangat besar untuk meredakan stress karena bunga kenop memiliki efek menenangkan. 

2. Mengobati luka di kulit

Seluruh bagian dari tanaman bunga kenop adalah anti mikroba, anti bakteri. Untuk mengobati luka di kulit cukup dengan cara menghaluskan herba ini dan ditempelkan pada luka.

3. Mengatasi gangguan pencernaan

Bunga yang kaya serat ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pencernaan karena sifatnya yang anti mikroba tadi.

Untuk mengatasi diare pengolahannya bisa dengan cara merebus sekitar 10 kuntum bunganya. Direbus sampai mendidih dengan 600 ml air,biarkan hingga susut menjadi 300 ml. Bagi tiga ramuan itu untuk setiap hari tiga kali minum.

4. Mata menjadi lebih sehat

Karotenoid adalah senyawa anti oksidan,  yang banyak membantu untuk menyehatkan mata. Dan mengkonsumsi herba yang mengandung banyak karotenoid ini dapat membuat mata menjadi lebih sehat. Apalagi tanaman ini kaya vitamin A, jadi semakin lengkaplah manfaat bunga kenop untuk membuat mata menjadi lebih sehat.

Salah satu khasiat minum teh bunga kenop adalah untuk menyehatkan mata.

5. Membuang racun dari tubuh

Manfaat bunga kenop juga bisa sebagai detoksifikasi atau pembersih tubuh dari racun. Air seni yang tertahan yang bisa menjadi racun dalam saluran urin, karena gangguan kencing yang kurang lancar, bisa diatasi dengan meminum rebusan sekitar 6 gram bunga kenop menggunakan air 600 ml. Setelah mendidih dan airnya tinggal 200 ml, dinginkan dan minumlah ramuan ini

6. Menyehatkan tulang

Bunga kenop mampu membuat tulang menjadi lebih prima, lebih kuat. Ada kalsium dalam jumlah yang cukup pada bunga kenop, itu adalah mineral yang salah satu fungsinya adalah menguatkan tulang. Minumlah rutin teh bunga kenop.

7. Mengurangi varises

Dinding pembuluh darah bisa menjadi lebih sehat berkat minum teh bunga kenop. Flavonoid yang terkandung dalam tumbuhan ini sangat berkhasiat dalam hal membasmi varises. Satu lagi kandungannya adalah vitamin C, yang juga ikut berperan menyehatkan dinding pembuluh darah.

8. Mencegah rambut rontok

Kebotakan dapat dicegahnya. Tanaman ini punya zat lisin. Zat ini yang membuat kerontokan rambut bisa dicegah.

Baca juga : Begini Cara Efektif Untuk Mencegah Tumbuhnya Uban Di Usia Dini

9. Mencegah bayi cacat

Seorang ibu hamil mutlak memerlukan sebuah senyawa yang bernama folat. Kenapa, karena senyawa ini yang berperan membuat syaraf bayi menjadi sehat, tanpa cacat mental. Namun pemakaian ini sangat membutuhkan nasehat dokter tentang dosis dan penggunaannya.

10. Sebagai menu diet

Makanlah daun atau biji bunga kenop sedikit saja, salah satu dampak positifnya adalah rasa kenyang. Menghindarkan rasa lapar sehingga keinginan untuk makan bisa teratasi, itu salah satu efektifitas diet dan bunga kenop bisa dimasukkan dalam daftar menu diet.

Baca juga : Beberapa Manfaat Jus Tebu Untuk Diet Yang Sayang Jika Disepelekan

Tanaman bunga kenop itu beracun, aman dimakan jika sudah dimasak. Pada usia anak anak tanaman ini bisa menyebabkan sakit perut atau diare. Mereka harus menghindari bunga kenop sebagaimana juga ibu hamil dan menyusui.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel