Manfaat Teh Jahe Dan Cara Membuatnya

Salah satu bahan bumbu masakan yang paling banyak digunakan saat ini adalah jahe. Itu sangat beralasan, sebab jahe yang penuh nutrisi dan kaya gizi ini dapat membuat beragam masakan menjadi lebih lezat. Cara penggunaannya mudah dan jika disimpan tidak cepat rusak atau busuk. Juga penggunaannya dalam bidang kesehatan, itu sudah dilakukan sejak berabad abad lalu. Berbagai manfaat dapat diperoleh melalui berbagai cara pengolahannya. Termasuk manfaat teh jahe dan cara membuatnya yang akan kita kupas nanti dalam uraian berikut.

Keampuhan jahe dan manfaatnya, itu sudah diragukan lagi. Berkat sifatnya yang anti oksidan dan sebagai sumber yang kaya dengan vitamin C.

Ditambah lagi karena fungsi jahe yang anti inflamasi maka manfaat khasiat jahe sangat besar untuk mengatasi hampir semua masalah gangguan kesehatan. Mulai dari masalah ringan seperti mual dan masuk angin hingga masalah serius seperti penyakit kardiovaskular. Dan dengan membuat teh jahe adalah cara praktis untuk mendapat berbagai khasiat tersebut.

Adapun cara membuat teh jahe adalah seperti berikut,

teh-jahe

1/4 sdt jahe kering yang telah dihaluskan

-1/4 sdt kunyit kering yang telah dihaluskan

-santan kelapa secukupnya

-madu, bila perlu

Masukkan jahe halus dan kunyit halus ke dalam 200 ml air yang mulai mendidih dan tunggu tetap mendidih selama 10 menit. Kemudian masukkan santan kelapa dan matikan api. Setelah panasnya turun, jika petlu masukkan sedikit madu dan teh jahe siap untuk diminum.

Khasiat minum teh jahe :

1. Meningkatkan kesehatan

Jahe memiliki sifat anti oksidan dan anti inflamasi, kunyit mengandung kurkumin yang berkhasiat mencegah dan mengatasi masalah kesehatan dari yang ringan hingga kronis. 

2. Mencegah peradangan

Meredakan peradangan yang terjadi akibat penyakit jantung, kanker dan diabetes. Jahe itu analgesik, berguna meredakan rasa sakit atay nyeri dan pemanfaatan kunyit telah lama dilakukan untuk mengobati diabetes.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Karena keduanya adalah anti inflamasi dan anti oksidan yang tangguh. Teh ini baik sekali dikonsumsi saat kondisi tubuh terasa mulai menurun.

4.Meningkatkan sirkulasi darah

5. Mengatasi mabuk dan mual

Jahe dan kunyit berkhasiat meredakan mabuk dan mual, termasuk mual dalam perjalanan karena bersifat karminatif dan stomatik yang mencegah gas terkumpul dalam perut dan kunyit juga dapat mengatasi perut mulas.

6. Mengatasi gangguan pernafasan 

Seperti hidung yang mampet dan tersumbat bisa dicegah oleh kunyit yang anti virus.

7. Mencegah perut kembung

Jahe mengandung zingeton yang dapat meredakan gangguan pada usus.meningkatkan kerja otot perut, termasuk meningkatkan sistem pencernaan dan mencegah perut kembung

Baca juga : Cara Mudah Alami Mengatasi Perut Kembung Setelah Makan

8. Meredakan stress

Dengan cara mengurangi ketegangan pada sistem syaraf

9. Mengatasi masalah menstruasi

Mengurangi resiko kram pada saat menstruasi.

Baca juga : 10 Obat Herbal Ampuh Untuk Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi

10. Mengurangi resiko terkena stroke

Demikian sekilas tentang manfaat teh jahe dan cara membuatnya menjadi minuman sederhana tapi banyak khasiat. Minuman teh yang enak diminum dalam segala cuaca. 

Tetap juga perlu untuk diingat bahwa membuat teh jahe dengan dosis berlebih akan memberi dampak buruk pada penggunanya.

Takaran jahe yang berlebihan dapat mengakibatkan kadar gula normal dalam darah menurun. Dampak negatif dari dosis kunyit yang berlebihan dapat mengakibatkan gangguan pada kulit seperti ruam. Bisa membuat sakit kepala dan gangguan pencernaan seperti diare.

Tetap bijaksana dengan tidak berlebihan adalah cara terbaik.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel