8 Manfaat Brotowali Dan Cara Pengolahannya

Brotowali adalah tanaman obat yang penggunaannya telah dilakukan orang sejak ribuan tahun lalu. Manfaatnya yang tinggi untuk meningkatkan daya tahan tubuh nampaknya menjadi alasan utama. Juga keampuhannya untuk mengatasi beragam jenis penyakit. Itu sebabnya tumbuhan ini sering dijuluki sebagai obat untuk semua penyakit, dengan menggunakan batang brotowali sebagai bahan paling bermanfaat yang relatif aman dikonsumsi, bahkan oleh anak anak sekalipun. Belum lagi dengan nilai gizinya yang tinggi. Dan untuk mengenal herba ini lebih luas di bawah ini kita akan simak beberapa manfaat brotowali dan cara pengolahannya yang semoga dapat memberi gambaran akan pentingnya tumbuhan ini untuk kesehatan. 

8 Manfaat Brotowali Dan Cara Pengolahannya

manfaat-brotowali-dan-mengolahnya

1.Meningkatkan kekebalan tubuh

Tanaman yang rasa batangnya sangat pahit ini berkhasiat ampuh dalam hal peningkatan kekebalan tubuh. Untuk menghadapi wabah yang terjadi karena virus umpamanya, kekebalan tubuh mutlak perlu. 

Salah satu kandungan tanaman ini, namanya fitoandrogen, manfaatnya untuk tubuh adalah memaksimalkan sistem kekebalan kita. Khasiatnya meningkatkan kerja sel darah putih untuk melawan segala bibit penyakit. 

Membuat jus brotowali adalah satu cara penggunaannya untuk meningkatkan immunitas tubuh. Rebuslah satu batang herba brotowali dengan air 400 ml, biarkan terus hingga mendidih dan airnya tinggal setengahnya. 

Minumlah rebusan itu setiap hari, diminum hangat hangat. Meskipun pahit tapi khasiatnya sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Meredakan demam

Karena tanaman ini juga adalah antipiretik( bisa menurunkan suhu tubuh) maka brotowali juga dapat mengatasi demam. 

Caranya dengan merebus 20 gram batang segarnya dengan 400 ml air. Setelah airnya susut hingga jadi 200 ml perebusan dihentikan. Ramuan itu dibagi dua untuk dua kali minum

3. Mengobati hepatitis

Bahwa brotowali adalah salah satu tumbuhan yang bersifat hepatoprotektif, yaitu senyawa yang membantu pemeliharaan fungsi hati. 

Itu adalah suatu alasan kenapa tanaman ini dimanfaatkan penggunaannya untuk mengobati dan memulihkan kerusakan hati. 

Sekitar 10 gram batang brotowali, itu direbus pakai air 600 ml, biarkan mendidih hingga air susut menjadi 200 ml. Minumlah ramuan itu setengahnya di pagi hari dan setengahnya lagi sore.

4. Mengobati diabetes

Jika kadar gula dalam keadaan terkontrol dalam tubuh maka metabolisme tubuh akan maksimal. Brotowali ampuh untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

Menggunakan akar pepaya secukupnya sebagai bahan tambahan, direbus bersama 12- 15 gram batang segar brotowali dengan air 600 ml sampai mendidih. Ramuan ini untuk diminum 2 kali sehari

Baca juga : 6 Manfaat Akar Pepaya Dan Cara Mengolahnya

5. Mengobati asam urat dan rematik

Gangguan dan inflamasi yang mengakibatkan nyeri sendi dapat diatasi dengan menggunakan tanaman ini sebagai obatnya karena sifatnya yang anti nyeri. Batang brotowali sekitar sebesar ibu jari direbus dengan air 600 ml, biarkan mendidih sampai airnya tersisa 300 ml. Ramuan itu diminum tiga kali sehari masing masing 100 ml.

6.Menyehatkan kulit

Memanfaatkan tanaman obat yang bersifat menenangkan ini juga dapat menjadi pengobatan alami paling efisien dalam hal masalah kulit. 

Seperti eksim dan penyakit kulit lainnya. Bisa diatasi dengan meminum rebusan bubuk herba ini. 1 sdm bubuk kering herba brotowali direbus dengan 100 ml air sampai air berkurang menjadi 50 ml. 

Untuk sekali minum dan dibuat setiap hari atau sampai penyakit kulit Anda sembuh.

Baca juga :  Tentang 10 Obat Alami Ampuh Untuk Kulit Terbakar Sinar Matahari

Untuk mengobati gatal gatal di kulit, merebus 10 gram batang herba brotowali dengan 1 gelas air hingga airnya menjadi 1/2 gelas. Air tersebut  digunakan untuk mencuci area kulit yang gatal.

7. Mengatasi pendarahan

Tanaman ini juga adalah astringen alami yang baik dan gangguan pendarahan dapat diatasinya. Ambillah daun brotowali secukupnya, haluskan dan ditambah sedikit air agar menjadi pasta. 

Gunakan pasta itu untuk mengobati luka Anda.

8. Mengatasi malaria

Yang direbus 25 gram batang segar brotowali beserta daunnya. Airnya 1000 ml dan rebus sampai mendidih hingga airnya tinggal 500 ml. Semua ramuan ini dibagi untuk tiga kali penggunaan setiap hari. Malaria itu dapat diatasi oleh kandungan brotowali yang bernama tinokrisposid.

Meski brotowali memiliki rentetan khasiat yang ampuh, tanaman ini tetap memiliki efek samping jika pemakaiannya tidak tepat.

Contohnya orang yang rentan menderita sembelit sebaiknya jangan pernah menggunakan brotowali karena sembelit Anda justru akan semakin parah. 

Seorang ibu kalau ingin menggunakan brotowali dengan beberapa  cara di atas harus tidak dalam keadaan hamil atau menyusui. 

Ini untuk menghindari dampak buruk pada ibu dan bayinya kelak. 

Baca juga : Manfaat Penting Jambu Mete Bagi Ibu Hamil

Khusus dalam hal mengatasi diabetes, sangat tidak dianjurkan menggunakan brotowali jika telah menggunakan obat klinik. Sebab kadar gula Anda akan drastis berkurang dan akibat buruknya pasti ada. Juga penggunaan brotowali sebaiknya tidak untuk jangka panjang.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel